Comscore Tracker

Resep Pie Susu Pandan Teflon Antigagal, Pemula Wajib Coba!

Jangan lupa perhatikan tipsnya, ya

Baru-baru ini, media sosial tengah diramaikan dengan cara praktis membuat pie susu menggunakan teflon. Cukup dengan alat masak dan bahan sederhana, kamu dapat menyajikan pie ala rumahan yang nikmat.

Supaya pie susu teflon buatanmu gak membosankan, kreasi pie susu pandan ini juga gak kalah cocok kamu praktikan untuk jadi teman ngopi pagi. Berikut resep praktis pie susu pandan teflon yang dijamin antigagal.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Pie Susu Pandan Teflon Antigagal, Pemula Wajib Coba!ilustrasi bahan (jenreviews.com)

Bahan kulit pie:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 kuning telur
  • 100 gram margarin
  • 2 sdm gula pasir
  • air secukupnya

Bahan isian vla:

  • 2 kuning telur
  • 120 gram susu kental manis
  • 20 gram tepung maizena 
  • 1/2 sdt pasta vanila
  • pasta pandan secukupnya
  • air secukupnya

2. Campurkan bahan untuk adonan kulit pie 

Resep Pie Susu Pandan Teflon Antigagal, Pemula Wajib Coba!ilustrasi membut adonan (budgetbytes.com)

Siapkan wadah untuk membuat adonan. Masukkan tepung terigu dan gula, jangan lupa saring terlebih dahulu. Kemudian, tambahkan margarin, aduk hingga adonan bergerendil.

Setelah itu, masukkan kuning telur, uleni hingga adonan tidak lengket. Terakhir, tuang air secukupnya ke dalam adonan agar hasil dari kulit pie tidak terlalu kering. Usahakan jangan uleni adonan terlalu lama, cukup hingga adonan tercampur rata. 

3. Cetak adonan pie di atas teflon

Resep Pie Susu Pandan Teflon Antigagal, Pemula Wajib Coba!ilustrasi mencetak kulit pie (epicurious.com)

Olesi seluruh permukaan teflon dengan margarin. Kemudian, cetak adonan kulit pie secara merata di atas permukaan teflon. Usahakan ketebalan kulit sama rata agar tingkat kematangannya pun sempurna di semua sisi.

Tips agar adonan kulit pie tidak mudah gosong, kamu dapat melubangi permukaan bawahnya dengan garpu. Hal ini bertujuan agar kulit pie tidak menggelembung dan panasnya dapat mengalir ke bagian dalam, sehingga pie dapat matang secara merata.

Baca Juga: Selain Pie Susu, Ini Dia 5 Kreasi Pie dengan Cita Rasa Gaya Barat

4. Campurkan bahan untuk adonan vla

Resep Pie Susu Pandan Teflon Antigagal, Pemula Wajib Coba!ilustrasi membuat adonan vla (nomnompaleo.com)

Potong daun pandan menjadi beberapa bagian kecil untuk memudahkan saat dihaluskan. Siapkan blender, masukkan potongan daun pandan dan sedikit air. Blender kedua bahan hingga halus, lalu saring. 

Masukkan susu kental manis, air, dan kuning telur, lalu aduk menggunakan whisk hingga tercampur rata. Tambahkan tepung maizena dan pasta vanila. Aduk kembali hingga rata. Jika sudah tercampur rata, saring terlebih dahulu adonan vla agar lebih lembut. 

5. Panggang adonan pie hingga matang

Resep Pie Susu Pandan Teflon Antigagal, Pemula Wajib Coba!pie susu pandan (instagram.com/lisasiduppa_)

Nyalakan kompor dengan api paling kecil untuk memanggang pie. Letakkan teflon yang berisikan adonan kulit pie di atasnya. Kemudian, tuang adonan vla ke atas teflon, lalu tutup agar adonan pie matang sempurna.

Jangan lupa cek secara berkala pie yang sedang kamu panggang. Jika adonan vla mulai bergelembung, kamu dapat menusuk menggunakan garpu. Usahakan untuk selalu mengelap bagian tutup telfon saat sudah terbentuk uap agar tidak menetes ke adonan.

Cek adonan pie yang sudah matang dengan menekan bagian kulit dan vla. Jika sudah mulai keras, maka pie telah matang sempurna. Usahakan jangan langsung mengeluarkan pie dari teflon agar tidak rusak. Tunggu beberapa saat baru pindahkan di atas piring.

Langkah mudah cara pembuatan pie susu pandan beserta tips agar pie buatanmu matang dengan sempurna di atas bisa kamu sontek. Sajikan pie susu pandan buatanmu dengan secangkir kopi untuk menemani momen santai. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Pie Berbahan Unik dari Berbagai Negara, Ada Pie Kelapa Muda

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya