Comscore Tracker

Resep Prawn Toast ala Willgoz, Ide Sajian Gurih buat Sarapan Pagi!

Cemilan yang renyah dan bikin kenyang!

Prawn sesame toast merupakan salah satu kuliner khas Tiongkok berupa roti goreng dengan isian udang. Tak hanya nikmat buat cemilan, kudapan ini juga cocok untuk sarapan pagi, lho

Apalagi cara bikinnya yang cukup mudah, tentu bisa langsung kamu coba di rumah. Yuk, simak resep lengkapnya berikut ini. 

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Prawn Toast ala Willgoz, Ide Sajian Gurih buat Sarapan Pagi!ilustrasi udang (thespruceeats.com)

Bahan-bahan :

  • 2 batang daun bawang 
  • 1/4 genggam daun parsley
  • 300 gram udang 
  • 3 siung bawang putih
  • 1 putih telur
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm minyak wijen
  • 2 sdm tepung tapioka 
  • sejumput garam

Bahan pelengkap : 

  • 2 butir telur
  • 4 lembar roti tawar

2. Bersihkan udang terlebih dahulu

Resep Prawn Toast ala Willgoz, Ide Sajian Gurih buat Sarapan Pagi!ilustrasi membersihkan udang (simplyrecipes.com)

Letakkan udang di dalam saringan, lalu cuci hingga bersih dengan air dingin. Kemudian, potong bagian kepala dan kaki. Kupas juga bagian kulit dan ekornya. 

Jika semua bagiannya sudah bersih, lalu potong cincang. Usahakan jangan memotong terlalu halus agar tekstur udang nya tetap terasa. 

Baca Juga: Resep Salted Egg Prawn Pasta, Sajian yang Creamy dan Yummy!

3. Campurkan semua bahan untuk isian

Resep Prawn Toast ala Willgoz, Ide Sajian Gurih buat Sarapan Pagi!ilustrasi mencampurkan isian (thespruceeats.com)

Pertama, potong terlebih dahulu daun bawang dan parsley. Masukkan ke dalam wadah bersama udang yang sudah dipotong cincang sebelumnya. 

Kemudian, tumis bawang putih hingga golden brown. Masukkan ke dalam wadah bersama bahan lainnya. Tambahkan putih telur, lalu tuang saus tiram dan minyak wijen. Aduk rata. 

Terakhir, masukkan tepung meizena ke dalam adonan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur. Jangan lupa koreksi rasa terlebih dahulu, ya! 

4. Goreng prawn toast hingga matang

Resep Prawn Toast ala Willgoz, Ide Sajian Gurih buat Sarapan Pagi!ilustrasi menggoreng toast (thatspicychick.com)

Siapkan telur yang sudah dikocok lepas, lalu dadar di atas teflon. Potong secukupnya untuk isian. Ambil selembar roti, lalu letakkan potongan telur dadar dan adonan filling di atasnya. 

Kemudian, tutup sisi atas dengan selembar roti. Taburi tiap sisi dengan biji wijen. Lalu, goreng hingga warnanya berubah menjadi golden brown. Kemudian, angkat dan tiriskan. 

5. Tips memilih udang yang masih segar

Resep Prawn Toast ala Willgoz, Ide Sajian Gurih buat Sarapan Pagi!ilustrasi udang segar (seriouseats.com)

Agar udang yang kamu oleh tetap nikmat, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat memilih udang, lho. Jangan cuma asal pilih, ya

  • Salah satu ciri udang yang masih segar adalah tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Hindari memilih udang yang berbau busuk ataupun terlalu amis. 
  • Perhatikan pula tekstur daging dan kulit udang. Pertama, coba tekan dagingnya terlebih dahulu, jika langsung kembali kebentuk semula bisa dipastikan udang masih segar, sebab dagingnya tidak lembek. Selain itu, pastikan kamu memilih udang yang kulitnya belum terkelupas, ya! 
  • Terkahir, pilih warna kulit udang yang cenderung bening atau tidak merah. Pastikan juga daging udang masih berwarna cerah dan tidak kusam. 

Itulah tips memilih udang serta resep ide olahan kuliner gak kalah nikmat yang wajib kamu coba. Walaupun bikin di rumah pasti rasanya dijamin gak kalah nikmat. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Resep Kaya Toast ala Kopitiam, Setiap Gigitannya Bikin Candu!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya