Comscore Tracker

Resep Telur Ceplok Saus Tiram, Manis dan Gurihnya Menggiurkan Lidah!

Bikin menu sarapan keluarga gak lagi membosankan

Ragam ide masakan memang tak pernah ada habisnya di kalangan para pecinta kuliner. Begitu pula dengan salah satu menu yang kerap kali menjadi andalan di saat perut lapar berbahan dasar telur, yaitu telur ceplok.

Buat kamu yang kehabisan ide menyajikan telur ceplok sebagai menu untuk sarapan pagimu, yuk, coba variasikan dengan paduan saus tiram ala rumahan berikut ini. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah disajikan lewat berikut ini, ya!

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan 

Resep Telur Ceplok Saus Tiram, Manis dan Gurihnya Menggiurkan Lidah!ilustrasi telur (pexels.com/Rio Lecatompessy)

Sebelum mulai membuatnya, pastikan kamu telah menyiapkan sederet bahan-bahan berikut ini, ya!

  • 5 butir telur
  • 3 cabai merah besar 
  • 1 siung bawang bombay, cincang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 batang daun bawang 
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt kaldu ayam
  • garam secukupnya

2. Goreng telur hingga matang 

Resep Telur Ceplok Saus Tiram, Manis dan Gurihnya Menggiurkan Lidah!ilustrasi menggoreng telur (foodsguy.com)

Siapkan wajan penggorengan di atas kompor, lalu tuangkan minyak goreng secukupnya. Jika minyak goreng sudah mulai panas, goreng telur mata sapi di atas wajan.

Pastikan kamu menggunakan api kecil saat menggoreng telur. Bolak-balik telur hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Jika sudah matang, segera angkat dan tiriskan. Lakukan hal yang sama berulang kali hingga semua telur yang kamu gunakan habis dimasak. 

Baca Juga: 10 Ide Tak Biasa Membuat Telur Ceplok Ini Bikin Geleng-geleng Kepala

3. Tumis bumbu hingga wangi

Resep Telur Ceplok Saus Tiram, Manis dan Gurihnya Menggiurkan Lidah!ilustrasi menumis (hungryhuy.com)

Selanjutnya, masukkan bawang putih, lalu tumis hingga wangi. Setelah itu tambahkan bawang bombay. Tumis bawang bombay bersama bawang putih hingga teksturnya mulai layu.

Kemudian, masukkan saus tiram, merica bubuk, kecap manis, kaldu ayam, dan garam secukupnya. Lalu, tambahkan sedikit air dan aduk hingga bumbu tercampur merata.

4. Masukkan telur ceplok ke dalam tumis bumbu

Resep Telur Ceplok Saus Tiram, Manis dan Gurihnya Menggiurkan Lidah!ilustrasi saus tiram (asianfoodnetwork.com)

Pastikan semua bumbu sudah tercampur merata. Diamkan tumisan sejenak hingga benar-benar mendidih. Kemudian, masukkan telur ceplok yang telah digoreng ke dalam tumisan bumbu.

Saat memasukkan telur bersama tumis bumbu, usahakan semua bagian telur dapat terendam. Hal ini bertujuan agar bumbu dapat meresap sempurnya ke dalam telur. Jangan lupa koreksi rasa, ya!

5. Tambahkan topping bahan pelengkap di atasnya 

Resep Telur Ceplok Saus Tiram, Manis dan Gurihnya Menggiurkan Lidah!ilustrasi hidangan telur ceplok saus tiram (instagram.com/helen_ranap)

Jika bumbu sudah mulai meresap sempurna ke dalam telur, tambahkan irisan daun bawang dan cabai merah besar ke dalam tumis telur agar cita rasa masakanmu kian bertambah nikmat. Nah, kini telur ceplok saus tiram buatanmu pun siap disajikan!

Sajikan bersama sepiring nasi hangat biar kenikmatannya makin terasa. Dijamin seluruh anggota bakal sarapan dengan sangat lahap, deh! 

Itulah resep simpel sajian menu sarapan yang anti boring, telur ceplok saus tiram, yang bisa kamu praktikan dengan bahan sederhana ala rumahan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Kreasi Telur Orak-arik dari Berbagai Negara yang Lebih Spesial!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya