Comscore Tracker

Resep Telur Dadar Pare, Menu Low Budget yang Cocok untuk Lauk Harian

Menu praktis dengan bahan ekonomis, nih!

Pare memang dikenal dengan cita rasanya yang pahit. Namun, jika kita tahu cara pengolahannya yang benar, jenis sayuran satu ini cocok dijadikan beraneka ragam kudapan, lho!

Salah satu kreasi olahan berbahan dasar pare adalah telur dadar pare. Ide kreasi masakan praktis satu ini tentu gak kalah nikmat untuk kamu jadikan santapan makan siang maupun sarapan pagi bareng keluarga.

Berikut ini resep simpel kreasi telur dadar pare yang anti pahit. Cocok jadi inspirasi menu andalan saat kantong sedang tipis, nih. Simak resepnya di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Telur Dadar Pare, Menu Low Budget yang Cocok untuk Lauk Harianilustrasi pare (shun-gate.com)

Sebelum membuatnya, pastikan kamu sudah menyiapkan sederet bahan berikut ini, ya!

Bahan-bahan :

  • 3 butir telur
  • 1/2 buah pare 
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 batang daun bawang
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • lada secukupnya 

2. Iris pare tipis dan rendam dengan garam 

Resep Telur Dadar Pare, Menu Low Budget yang Cocok untuk Lauk Harianilustrasi mengiris pare (thespruceeats.com)

Langkah pertama, potong pare secara vertikal, lalu buang biji di dalamnya. Potong kembali menjadi irisan tipis, kemudian tambahkan sedikit garam untuk merendam pare sambil di remas terus menerus.

Jika pare sudah mengelurkan air, peras pare dan pisahkan dari air perasannya. Jangan lupa bilas sekali lagi menggunakan air bersih. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan rasa pahit dari dalam pare. 

Baca Juga: Resep Tumis Pare Teri, Begini Cara Mengolahnya biar Gak Pahit

3. Tumis pare hingga layu 

Resep Telur Dadar Pare, Menu Low Budget yang Cocok untuk Lauk Harianilustrasi menumis pare (harvesttotable.com)

Jika pare sudah ditiriskan, nyalakan kompor dan letakkan teflon di atasnya. Tuang sedikit minyak untuk menumis pare. Tunggu sesaat hingga minyak mulai panas.

Masukkan pare dan tumis hingga layu. Usahakan cukup menggunakan api kecil untuk menumis pare hingga matang sambil sesekali terus diaduk. 

4. Kocok telur bersama bumbu pelengkap 

Resep Telur Dadar Pare, Menu Low Budget yang Cocok untuk Lauk Harianilustrasi mengocok telur (pexels.com/Klaus Nielsen)

Selanjutnya, siapkan wadah untuk mengocok telur bersama bahan lainnya. Pecahkan telur, kemudian kocok terlebih dahulu bersama bawang merah dan bawang putih cincang.

Tambahkan juga irisan daun bawang, garam, kaldu bubuk, dan lada. Terakhir, masukkan tumis pare ke dalam adonan telur. Jika sudah tercampur rata, sisihkan. 

5. Goreng telur hingga matang

Resep Telur Dadar Pare, Menu Low Budget yang Cocok untuk Lauk Harianilustrasi menggoreng telur (delightfulplate.com)

Nyalakan api, tuang minyak goreng secukupnya di atas wajan. Tunggu beberapa saat hingga minyak mulai panas. Kemudian, masukkan telur dadar ke atas wajan.

Selanjutnya, goreng menggunakan api kecil hingga permukaan bawahnya mulai berwarna kecoklatan. Jika bagian bawahnya mulai matang, balik telur, diamkan sebentar. Lalu, angkat dan sajikan di atas piring. 

Hidangan ini cocok banget jadi penuntas lapar buat kamu yang gak pengin ribet, nih! Cukup dengan bahan ekonomis dan cara penyajiannya yang praktis, hidangan telur dadar pare ini sudah bisa kamu nikmati. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Keripik Pare Anti Pahit, Gurih dan Menyehatkan!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya