Comscore Tracker

5 Kebiasaan yang Rusak Kualitas Tidurmu, Efeknya Jadi Kurang Istirahat

Kamu sendiri yang rugi kalau sampai kurang istirahat

Tidur adalah kebutuhan kita sebagai manusia untuk mengistirahatkan tubuh setelah aktif dipakai seharian melakukan banyak aktivitas. Tapi tahukah kamu bahwa terkadang kebiasaan kita sendirilah yang justru menurunkan kualitas tidur kita? Yang mana efeknya jadi kurang istirahat.

Mulai dari main HP jika terbangun tengah malam, tidur dalam keadaan tidak bersih dan perut kosong, atau bahkan kebiasaan tidur dengan posisi yang tidak nyaman. Efeknya kamu jadi kurang istirahat, ngantuk dan cenderung lemas ketika menjalani hari. Kamu yang merasakan kerugiannya sendiri kalau terus melakukannya, jadi sebisa mungkin hentikan kebiasaan yang merusak kualitas tidurmu seperti yang ada dalam pembahasan berikut ini, ya!

1. Tidur sambil mendengarkan musik pakai headset

5 Kebiasaan yang Rusak Kualitas Tidurmu, Efeknya Jadi Kurang Istirahatilustrasi tidur (pexels.com/Eren Li)

Kebiasaan pertama yang merusak kualitas tidurmu ialah kalau kamu tidur sambil mendengarkan musik pakai headset. Kenapa? Karena dikutip dari verywellhealth, bahwa jika tidur sambil mendengarkan musik, otakmu jadi tetap tersimulasi bahkan ketika kamu tidur alias tidak tenang karena kesannya jadi berisik. 

Tidur dalam keadaan seperti ini juga bahaya kalau volume musik yang diputar terlalu keras hingga lama-kelamaan bisa merusak telinga. Paling aman dan tenang itu kalau kamu tidak mendengarkan apa-apa dan tertidur pulas tanpa diiringi musik di telinga. 

2. Suka main HP kalau terbangun tengah malah

5 Kebiasaan yang Rusak Kualitas Tidurmu, Efeknya Jadi Kurang Istirahatilustrasi anak pegang HP (pexels.com/Kampus Production)

Kalau kamu tipe orang yang suka terbangun di tengah malam dan setelahnya main HP, itu juga termasuk kebiasaan yang merusak kualitas tidurmu, lho. Dikutip dari Business Insider, bahwa main HP ketika bangun tengah malam itu bisa membuatmu jadi sulit tidur lagi setelahnya.

Ngantukmu jadi hilang dan bisa dengan asyik main HP terus sampai pagi, sehingga jadinya kurang tidur. Entah itu main HP untuk scroll media sosial, main game, bahkan baca komik atau nonton film, disarankan untuk tidak menjadikan itu kebiasaan karena bisa merusak kualitas tidur dan istirahatmu. 

Baca Juga: Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!

3. Tidur dengan posisi yang tidak nyaman

5 Kebiasaan yang Rusak Kualitas Tidurmu, Efeknya Jadi Kurang Istirahatilustrasi tidur (pexels.com/John Mark Smith)

Satu kebiasaan yang sering kita sepelekan ialah tidur dengan posisi yang tidak nyaman. Biasanya karena tertidur tanpa sengaja saat menonton TV atau lembur di meja kerja, atau juga posisi tidur yang berganti tanpa disadari selama terlelap.

Kalau seperti ini bagaimana cara mengatasinya? Untuk menghindari tidur di tempat yang tak seharusnya bisa dengan langsung bergegas ke tempat tidur jika rasanya sudah ngantuk berat. Lalu untuk posisi yang berganti tanpa sadar saat tertidur, bisa dengan mencoba memperbaiki posisi tidur setiap kali terbangun. Karena posisi tidur yang salah bisa bikin badan pegal-pegal ketika bangun dan kualitas tidur pun jadi berkurang. 

4. Memaksakan tidur dengan perut kosong karena malas makan

5 Kebiasaan yang Rusak Kualitas Tidurmu, Efeknya Jadi Kurang Istirahatilustrasi sakit (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Entah karena terlalu lelah atau memang malas makan, banyak orang yang menganggap enteng kebiasaan ini. Yakni memaksakan tidur dengan keadaan perut kosong, yang mana ini juga dapat merusak kualitas tidurmu sendiri.

Jika perut kosong tentu bisa membuatmu sulit tidur, yang mana jika dibiarkan lama-lama jadi kebiasaan yang memicu insomnia. Belum lagi kondisi yang lemas dan sakit perut ketika bangun pagi karena membiarkan perut kosong semalaman. Kamu yang rugi karena merusak tubuh dan kualitas tidurmu sendiri. 

5. Tidur tanpa membersihkan diri

5 Kebiasaan yang Rusak Kualitas Tidurmu, Efeknya Jadi Kurang Istirahatilustrasi tidur (pexels.com/Tim Samuel)

Tidur tanpa membersihkan diri juga merupakan salah satu kebiasaan yang mengurangi kualitas tidurmu. Biasanya terjadi ketika terlalu lelah setelah melakukan aktivitas panjang dan berat, sehingga malas untuk mandi dan tertidur begitu saja.

Kondisi tubuh yang tidak bersih ketika tidur bisa membuat tempat tidurmu jadi ikutan kotor, belum lagi efek gatalnya pada kulit yang terjadi ketika tidur. Tidur jadi tidak nyenyak dan keadaan tubuhmu juga tidak baik jika terus-terusan malas mandi.

Kesimpulannya, kalau kualitas tidurmu belakangan ini buruk atau menurun maka cobalah untuk intropeksi. Bisa jadi lima kebiasaan tadilah yang merusak kualitas tidurmu. 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya