Comscore Tracker

6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan, Wajib Kamu Coba!

Bisa jadi pengganti camilan

Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika mengonsumsi sayuran mentah dibandingkan dengan yang dimasak. Kamu akan menerima banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan tubuhmu.

Mengonsumsi sayuran mentah juga bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam menyiapkan makanan. Salah satu sayuran yang mengandung banyak manfaat ketika dikonsumsi secara mentah adalah wortel. Wortel bisa dikonsumsi secara mentah atau dimasak sebagai tambahan dalam sup.

Dilansir berbagai sumber, berikut enam manfaat mengonsumsi wortel mentah untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Yuk, cari tahu.

1. Menyeimbangkan hormon dalam tubuh

6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan, Wajib Kamu Coba!ilustrasi prahaid (Pexels.com/Sora Shimazaki)

Ternyata wortel mentah mengandung serat yang sangat unik yang bisa mengikat zat racun, terutama mengikat kelebihan hormon estrogen dan membawanya keluar dari tubuh dengan aman. Mengutip dari situs CNBC, serat unik ini tidak akan memberi makan bakteri sehingga bisa membantu menurunkan jumlah bakteri jahat di usus.

Bakteri di usus merupakan salah satu masalah utama yang membuat ketidakseimbangan hormon. Kelebihan hormon estrogen dalam tubuh juga bisa menjadi masalah besar yang menyebabkan gejala seperti PMS, perubahan suasana hati, jerawat, dan mengeluarkan keringat berlebih di malam hari.

2. Mendetoksifikasi tubuh dari endotoksin

6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan, Wajib Kamu Coba!ilustrasi sakit perut (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Wortel mentah bisa membantu kamu mengurangi beban fungsi hati dengan cara mengikat dan mengeluarkan zat melalu proses detoksifikasi. Mengutip dari situs Seven Health, wortel mentah juga bisa membantu melancarkan pencernaan dengan mengeliminasi endotoksin.

Endotoksin merupakan komponen membran luar bakteri tertentu yang ditemukan di usus, yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Ketika endotoksin memasuki aliran darah, sejumlah masalah bisa terjadi karena toksisitasnya. Mengonsumsi wortel mentah akan membantu tubuh kita dalam mengurangi beban endotoksin.

Baca Juga: 12 Bahan Makanan Kaya Vitamin A, Cocok Dimasukkan dalam Menu Diet!

3. Kaya akan Vitamin A

6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan, Wajib Kamu Coba!ilustrasi pemeriksaan kesehatan mata (unsplash.com/nrd)

Wortel adalah salah satu sumber vitamin A yang sangat baik. Dilansir Verywell Fit, Maria Frey, seorang health couch menjelaskan bahwa satu wortel berukuran sedang dengan berat 61 gram bisa mengandung 509 mikrogram vitamin A. Vitamin A yang terdapat dalam wortel bisa membantu meningkatkan kesehatan mata kamu.

Mengonsumsi wortel secara teratur adalah cara terbaik untuk melindungi mata kamu dari efek penuaan dan kerusakan lingkungan. Vitamin A dalam wortel juga bisa melindungi DNA dari kerusakan oksidatif yang bisa menyebabkan kanker.

4. Mengatasi kelebihan hormon estrogen

6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan, Wajib Kamu Coba!ilustrasi penderita kanker payudara (Pexels.com/Klaus Nielsen)

Wortel mentah berperan dalam mendetoksifikasi kelebihan estrogen dari tubuh. Wortel memiliki serat yang sebagian besar tidak bisa dicerna sehingga wortel bisa membantu mengeluarkan hormon estrogen yang berlebihan.

Mengutip dari situs Lifepack, hormon estrogen dalam jumlah yang berlebihan bisa berisiko tinggi terkena kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker endometrium. Maka dari itu, cobalah rutin mengonsumni satu atau dua wortel mentah berukuran sedang per hari.

5. Kesehatan kulit wajah

6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan, Wajib Kamu Coba!ilustrasi kulit wajah yang sehat (Pexels.com/Olha Ruskykh)

Tidak hanya meningkatkan kesehatan mata, wortel juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Ini karena kandungan vitamin A yang bisa meningkatkan kesehatan mata juga berguna untuk memperbaiki jaringan kulit. Mengutip dari situs Baywater Farms, wortel bisa membantu tubuh kita agar tetap terlindung dari sinar matahari yang berbahaya.

Selain vitamin A, wortel juga sarat akan beta-karoten, yang mana mengandung nutrisi tambahan, seperti mineral dan antioksidan. Mengonsumsi wortel mentah bisa membantu mencegah munculnya jerawat dan flek di wajah dengan mengurangi peradangan dan mendorong pergantian sel.

6. Membantu menyeimbangkan tiroid

6 Manfaat Mengonsumsi Wortel Mentah untuk Kesehatan, Wajib Kamu Coba!ilustrasi sakit leher (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Mengonsumsi wortel mentah dengan rutin bisa membantu menghilangkan toksin dalam tubuh, termasuk hati. Mengutip dari situs BiochemNordic, pentingnya mempunyai hati yang sehat karena hati mampu mendetoksifikasi estrogen dan mengubah penyimpanan hormon utama yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid, dari hormon tiroksin menjadi hormon triiodotironina.

Pentingnya untuk mengonsumsi wortel mentah dibandingkan wortel yang dimasak atau dijus. Memasak dan membuat jus wortel akan menghancurkan serat dan melepaskan beta-karoten dalam wortel yang memiliki efek anti-tiroid.

Wortel bisa kamu jadikan sebagai makanan ringan yang sehat. Kamu bisa mengganti camilanmu yang tidak sehat dengan mengonsumsi wortel. Wortel merupakan sayuran yang sangat serbaguna dan bisa digunakan dalam berbagai masakan. Meskipun wortel bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, cara terbaik untuk mengkonsumsinya adalah dengan memakannya secara mentah. Jika kamu mengonsumsi wortel mentah dengan rutin, itu akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Facial Wash Berbahan Vitamin C untuk Mencerahkan Wajah 

Alfian Nurhidayat Photo Verified Writer Alfian Nurhidayat

an anthropologist in the milky way

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya