TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Bahan Alami Ini Baik untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dari Virus 

Pantas harganya mahal

Shutterstock/pilipphoto

Siapa yang mau punya imun rendah dan mudah jatuh sakit? Tentu semua orang ingin daya tahan tubuhnya kuat. Caranya, bagaimana? Tak perlu bingung, salah satu cara paling praktis kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitarmu saja. Ya, meskipun sebelumnya 5 bahan alami ini paling sering ‘dicuekin’ masyarakat, eh sekarang jadi primadonanya. Yuk mulai sehat lagi pakai bahan alami.

1. Temulawak

Shutterstock/Frank Gebauer

Duh, denger namanya saja kamu udah membayangkan betapa pahitnya bahan alami ini. Jangan langsung tutup mulut gitu dong, kamu harus tahu manfaat temulawak ini apalagi di saat rentan penyakit ini. Bagian rimpang temulawak ini dipercaya mengandung senyawa metabolit yang bernama kurkuminoid yang biasa digunakan sebagai antibiotik yang menjaga daya tubuhmu.

2. Kayu manis

Shutterstock/Africa Studio

Dibandingkan temulawak, pasti kamu lebih familiar dengan bahan kayu manis. Selain diklaim sebagai antioksidan, kayu manis juga bertugas sebagai antimikroba lho. Cocok untuk dikonsumsi, sehingga kamu bisa lebih kuat menahan virus yang masuk ke dalam tubuh. Bisa juga dicampurkan pada ramuan jamu.

3. Kunyit

Shutterstock/monticello

Hampir sama dengan temulawak, kunyit juga memiliki kandungan kurkuminoid. Selain itu, kurkumin pada kunyit ini dipercaya dapat menurunkan peradangan, sekaligus sebagai antioksidan untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Jangan tertukar dengan jahe ya, kunyit yang punya warna kuning guys! Jangan-jangan kamu baru tahu ya?

4. Serai

Shutterstock/NUM LPPHOTO

Ada yang bilang serai, tapi ada juga yang bilang sereh. Pada intinya, bahan alami ini bisa membantumu untuk ‘menjauhkan’ diri dari virus. Ssst, katanya serai ini juga bisa mengurangi rasa kecemasanmu lho. Ketika menghirup aromaterapi serai pun bisa bikin kamu tenang, apalagi kalau mengonsumsinya? Oh ya satu lagi ya guys, serai juga dapat mencegah infeksi yang sewaktu-waktu menyerang tubuhmu saat kondisi dan sistem imun tubuhmu sedang lemah.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya