TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara agar Tubuh Tetap Sehat Jelang Natal dan Tahun Baru

Jangan sampai liburanmu kacau karena jatuh sakit

ilustrasi menjaga kesehatan saat Natal dan Tahun Baru (freepik.com/wayhomestudio)

Sebentar lagi kita akan memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru. Selama masa liburan ini, tentu saja kamu ingin bersenang-senang, seperti berkumpul dengan orang-orang yang kamu sayangi, liburan, makan enak, dan sebagainya. Namun, kesenangan ini hanya bisa dirasakan saat kamu dalam keadaan sehat.

Sayangnya, pada masa liburan, terlebih jika bertepatan dengan hari besar, sering menjadi waktu yang berlebihan. Mulai dari makanan yang tersedia sepanjang hari, banyaknya waktu luang untuk bermalas-malasan, bertemu dengan banyak orang, dan peningkatan berat badan. Semua ini meningkatkan potensi kamu menjadi sakit saat libur Natal dan Tahun Baru.

Untuk membantu menghabiskan masa liburan dengan menyenangkan, berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan jelang dan selama libur Natal dan Tahun Baru.

1. Jangan terlalu banyak duduk

Banyak keluarga berkumpul selama hari Natal dengan menonton film atau makan bersama. Hal ini selanjutnya membuatmu tergoda untuk tetap duduk sepanjang hari, baik untuk menonton TV atau duduk bermalas-malasan.

Tidak ada salahnya sesekali memanjakan diri di sofa, tetapi akan lebih bermanfaat bagi kesehatan secara umum jika kamu juga bangun dan bergerak sesekali. Dilansir Medical News Today, kamu disarankan untuk tetap aktif selama liburan dengan jalan-jalan di taman, olahraga kelompok, atau olahraga ringan di rumah. Selain membuat tubuh lebih bugar, aktivitas fisik juga akan mengurangi waktu yang tersedia untuk terus makan.

2. Buatlah pilihan makanan yang cerdas

ilustrasi makan (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Saat berkunjung ke rumah keluarga besar atau teman selama Natal dan Tahun Baru, kamu mungkin disuguhi dengan berbagai macam makanan yang lezat. Namun, penting untuk tetap membuat pilihan diet yang sehat.

Saat dalam keadaan lapar, orang cenderung sulit membuat keputusan diet yang sehat. Mereka biasanya akan mengambil makanan yang tampaknya lezat dan makan secara berlebihan. Dalam hal ini, kamu menyarankan untuk makan camilan satu jam sebelum pergi makan bersama. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengontrol diri dan tidak menyentuh semua hidangan, mengutip Healthline.

3. Tidur yang cukup dan nyenyak

Mendapatkan tidur yang cukup sangat penting untuk suasana hati dan kesehatan fisik. Bahkan jika kamu memiliki rencana perjalanan liburan, pastikan kamu meluangkan waktu untuk tidur.

Liburan membuat kegiatan banyak orang menjadi tidak karuan, yang tidak baik untuk tubuh. Tidak peduli seberapa sibuknya kamu, jangan sampai kamu begadang dan kurang tidur. Yang terbaik adalah mendapatkan cukup tidur pada malam hari.

Orang yang cukup istirahat mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan melakukannya lebih baik daripada orang yang kurang tidur.

Baca Juga: Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!

4. Minumlah jus yang mengandung diuretik alami

ilustrasi jus jeruk (pixabay.com/ Photo Mix)

Jus seledri, mentimun, lemon, jahe, bit, dan nanas bersifat sebagai diuretik alami dan membantu tubuh meningkatkan pengeluaran urine. Dilansir Body of Life, ini pada gilirannya membantu menghilangkan racun, mengurangi retensi cairan, dan pada akhirnya mengurangi rasa kembung.

Selain itu, minum jus segar juga menjadi cara mudah untuk memenuhi kebutuhan buah dan sayuran setiap hari.

5. Minum vitamin B kompleks

Banyaknya kegiatan saat Natal dan Tahun Baru akan sangat menguras energi. Jika kamu merasa kehabisan energi, pertimbangkan untuk minum suplemen vitamin B kompleks.

Vitamin B larut dalam air dan cepat keluar dari tubuh. Konsumsi alkohol yang meningkat pada masa liburan dapat menguras vitamin penting tubuh, seperti B1, B2 dan B6. Produk vitamin B kompleks menyediakan semua vitamin B yang penting untuk kesehatan dan produksi energi.

6. Perhatikan kesehatan mental

ilustrasi meditasi (unsplash.com/Shashi Chaturvedula)

Terlalu lama libur atau tidak ada kegiatan saat Natal dan Tahun Baru bisa membuatmu merasa kesepian dan bosan. Karenanya, kamu perlu menjaga kesehatan mental selama liburan.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental saat liburan, seperti melakukan sesuatu untuk orang lain. Melakukan kebaikan bagi orang lain akan membawa kebahagian bagi pemberi dan penerima. Berbuat baik pada orang lain bermanfaat untuk meningkatkan harga diri, meningkatkan kepuasan hidup, dan menjaga kesehatan mental orang lain.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya