Comscore Tracker

Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!

Makanan ini sering kamu temukan saat sarapan!

Supaya tidur pulas, seringkali kita menginginkan suasana kamar dengan wangi yang harum, minim cahaya, dan tanpa suara berisik.

Namun, menurut pakar ahli tidur Sammy Margo, cara agar kita bisa tidur pulas adalah cukup dengan makan makanan yang tepat sebelum tidur. Berikut tujuh makanan yang tepat untuk kita konsumsi sebelum tidur.

1. Pisang

Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!ilustrasi buah pisang (Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron)

Buah yang satu ini umumnya disebut sebagai makanan penambah energi. Namun, perlu diketahui bahwa pisang kaya akan magnesium yang berfungsi untuk melemaskan otot. Pisang juga mengandung serotonin dan melatonin yang akan mendorong kita untuk tidur.

2. Kacang Almond

Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!ilustrasi kacang almond (Unsplash/Nacho Fernández)

Sama seperti pisang, kacang almond cocok dikonsumsi sebelum tidur karena mengandung magnesium yang berguna untuk melemaskan otot. Dilansir National Institutes of Health, magnesium sangat bagus untuk mengatur gula darah dan tekanan darah saat kita tidur.

3. Madu

Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!ilustrasi madu (Unsplash/Mariana Ibanez)

Satu sendok teh madu sudah cukup untuk membuat tidur pulas. Madu merangsang melatonin dan mematikan orexin yang ada di dalam tubuh kita. Orexin sendiri merupakan neuropeptida yang membuat kita merasa waspada.

Secangkir air panas, lemon dan madu adalah minuman malam yang baik untuk menenangkan tubuh dan mendorong kiita untuk tidur nyenyak.

4. Ceri

Baca Juga: 5 Cara Mudah Bikin Tidur Makin Pulas, Istirahat Jadi Berkualitas

Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!ilustrasi buah ceri (Unsplash/Joanna Kosinska)

Ceri dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk tidur secara alami karena mengandung melatonin. Dilansir Healthline, sebuah penelitian dilakukan terhadap wanita yang lebih tua dengan insomnia. Mereka minum 240 ml jus ceri 1–2 jam sebelum tidur.

Setelah dua minggu tes menunjukkan bahwa mereka yang minum jus ceri, tidur satu setengah jam lebih banyak di malam hari.

5. Kiwi

Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!ilustrasi buah kiwi (Unsplash/engin akyurt)

Buah kiwi mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin C, E, potasium dan folat. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan kiwi, dapat meningkatkan kualitas tidur. Orang yang makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur dapat tidur lebih cepat, lebih lama dan kualitas tidurnya lebih baik dari yang tidak makan kiwi.

6. Gandum

Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!ilustrasi gandum (Unsplash/Melissa Di Rocco)

Gandum merupakan makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan asam amino yang meningkatkan melatonin di dalam tubuh kita. Selain itu gandum juga mendorong produksi insulin dan secara alami akan meningkatkan gula darah dalam tubuh kita.

7. Susu

Pastikan Makan ini Sebelum Tidur, Supaya Tidur Kamu Pulas!ilustrasi susu (Unsplash/Larisa Birta)

Baca Juga: 5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur, Badan Jadi Sehat dan Tidur Berkualitas

Okay, susu memang bukan makanan tapi list ini belum lengkap kalau susu tidak ada di dalamnya. 

Susu mengandung empat senyawa pendukung tidur : triptofan, kalsium, vitamin D, dan melatonin. Dilansir Sleep Foundation, saat sapi di perah malam hari, susu mereka lebih banyak mengandung melatonin. Sehingga susu berguna dalam menyediakan hormon alami untuk tidur.

Satu gelas susu hangat sebelum tidur dapat menjadi ritual malam yang bagus untuk membuat kualitas tidur kita lebih baik.

Fauzia Assilmy Photo Writer Fauzia Assilmy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya