TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bahaya Makan Makanan Bekas Orang Lain, Tularkan Penyakit?

Jangan dianggap remeh

ilustrasi menggigit makanan (pexels.com/Adrienn)

Baru-baru ini topik mengenai berbagi makanan yang sudah digigit ramai jadi pembicaraan warganet di media sosial. Beberapa orang menyebut bahwa hal tersebut kurang sopan. Namun, di luar dari itu, tindakan tersebut sebetulnya berbahaya. Pasalnya, berbagi makanan yang sudah dikunyah dicurigai dapat menyebabkan penularan penyakit.

Apakah ada bahaya makan makanan bekas orang lain? Jika memang ada, apa saja risiko yang bisa terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini, ya.

Bahaya makan makanan bekas orang lain

Beberapa dari kamu mungkin ada yang suka icip-icip makanan orang lain. Biasanya pesan berbagai menu berbeda agar bisa mencoba variasi makanan secara bergantian. Namun, apakah makan bergantian atau bahkan mengonsumsi makanan bekas orang lain ini aman?

Well, ada pro kontra yang menjelaskan hal ini. Jangankan berbagi makanan yang sudah digigit, menggunakan alat makan secara bergantian saja bisa menjadi sarana perpindahan bakteri. Sebuah studi dari Universitas Georgia menemukan bahwa bakteri bisa ditemukan di peralatan makan dan menyebar. 

Adanya air liur yang menempel di makanan bekas gigitan orang lain pun dikatakan dapat memuat mikroorganisme yang berdampak negatif pada tubuh. Dampak tersebut d iantaranya virus, bakteri, dan kuman. Hal ini pun mendukung penularan penyakit seperti pilek (rhinovirus), bakteri radang, hepatitis, dan sebagainya, melansir Cleveland Clinic Health Essentials.

Meski tidak sama dengan sekadar berbagi makanan, studi lain menunjukkan bahwa makanan yang dikunyah oleh ibu dan diberikan kepada anak dapat menularkan HIV. Sumber HIV ini kemungkinan besar berasal dari darah yang menginfeksi air liur. Oleh karenanya, orangtua dengan HIV disarankan menghindari memamah makanan sebelum memberikannya kepada anak.

Baca Juga: Apakah Ciuman Bisa Menularkan HIV? Ini Fakta dan Risikonya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya