TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Memilih Masker yang Tepat Saat Terpapar Polusi Udara

Jangan memilih karena gaya

independent.co.uk

Polusi udara yang terjadi akhir-akhir ini mengancam kesehatanmu. Asap kebakaran hutan, asap limbah pabrik, asap kendaraan dan lainnya memuntahkan zat berbahaya ke udara. Kamu perlu memilih masker yang tepat untuk melindungi dirimu.

Selain standar keamanan, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal saat memilih masker. Ini bertujuan untuk menemukan pelindung yang tepat. Berikut beberapa cara untuk memilih jenis masker yang perlu kamu ketahui. 

1. Pelajari jenis polutan di sekitarmu

energylivenews.com

Beberapa polutan berbahaya yang dikeluarkan oleh pembakaran bahan bakar fosil, asap pabrik, rokok hingga kebakaran hutan berdampak buruk pada kesehatanmu. Baiknya kamu kenali dengan baik jenis polutan yang memenuhi udara.

Masker yang kamu pilih harus menyaring partikel berbahaya seperti bahan tersuspensi (PM 10 dan PM 25) dan senyawa berbahaya seperti Sulfur Dioksida (SO2),  karbondioksida (CO2), ozon (03), dan nitrogen dioksida (NO2). Berbagai jenis zat yang kamu hirup ini harus diatasi dengan masker yang sesuai agar tidak mengganggu pernapasan. 

2. Kenali jenis masker yang tepat

medicalnewstoday.com

Ada berbagai jenis masker yang tersedia di pasaran. Hal ini dibuat untuk menyesuaikan jenis polutan yang memperburuk kualitas udara. Jenis polutan dan partikel berbahaya dapat diantisipasi dengan memakai masker N-99, N-95, N-900, atau N-100 yang bisa melindungimu dari paparan udara buruk hingga perlindungan 99 persen. Masker yang berbentuk filter berbasis respirator digunakan untuk polutan gas ukuran besar.

Untuk polutan yang tidak terlalu berbahaya, kamu bisa menggunakan masker sederhana yang terbuat dari fiber. Carilah varian masker yang mengandung banyak karbon aktif untuk menyerap bau, bakteri dan virus. Berbeda dengan kamu yang tinggal di wilayah yang mengandung polutan berbahan dasar minyak, masker P-100 lebih direkomendasikan.   

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Hidung, Pakai Masker Jangan Lupa

3. Pilihlah masker yang pas menutupi mulut, hidung dan dagu

openaccessgovernment.org

Selain kualitas masker, pastikan masker yang kamu pilih pas untuk menutupi hidung, mulut dan dagu. Hal ini berguna untuk memastikan tidak ada polutan berbahaya yang berhasil masuk melalui maskermu. Cobalah untuk memilih masker yang mengandung tali untuk menyesuaikan pemakaian dan fleksibel saat digunakan.

Untuk memilih masker anak, pastikan ukurannya sesuai dan menutupi bagian yang diperlukan. Polutan yang berbahaya berukuran kecil, sehingga kerapatan masker sangat diperlukan. Jangan sampai masker yang kamu gunakan masih memberikan celah pada polutan berbahaya. 

4. Tidak memilih masker karena gaya

mdspiro.com

Jangan lupa untuk selalu memilih masker yang sesuai dengan pola penggunaanmu. Kesesuaian ini penting untuk mempertimbangkan utilitas, bukan hanya sekedar gaya. Jika kamu terpapar zat berbahaya, kamu harus siap memakai masker yang memiliki sirkulasi udara dan katup yang dapat menyaring zat-zat berbahaya.

Kamu tidak boleh memilih masker hanya sekedar menyukai modelnya atau yang cocok untuk gaya kamu. Penggunaan masker disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat kedaruratannya. 

Baca Juga: Yuk Simak, Ini Tip Aman Berkendara Melewati Kabut Asap Tebal

Verified Writer

Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya