TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bagaimana Cara Mendapatkan ASI yang Berkualitas?

Ada pola makan yang harus diperhatikan

ilustrasi makan makanan sehat (vecteezy.com/Wiphop Sathawirawong)

Kualitas ASI sudah tidak perlu diragukan lagi jika dibandingkan dengan makanan atau minuman lainnya. Namun, tentunya asupan gizi yang dikonsumsi oleh ibu menyusui harus mencukupi dan mengandung zat gizi yang dibutuhkan dalam menunjang tumbuh kembang bayi.

Menurut dr. Vanny Bernadus Boen, CIMI, dokter laktasi dari RSIA Family, secara umum kebutuhan energi per hari ibu menyusui lebih banyak sekitar 500 kalori, yang disesuaikan dengan tubuh masing-masing.

Selalu masukkan sayuran dan buah dalam menu harian, karena keduanya memiliki aneka zat gizi yang berperan penting dalam perkembangan anak. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan daun katuk kaya akan antioksidan.

"Daun katuk sejak dulu dikenal sebagai sayuran yang dapat menambah produksi ASI karena mengandung flavonoid (senyawa yang bersifat antioksidan) dan polifenol (zat yang melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas). Jangan lupa perhatikan cara pengolahannya ya, jangan memasak daun katuk terlalu lama karena akan merusak nutrisinya," dr. Vanny menjelaskan.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Almond untuk Ibu Menyusui, Pelancar ASI

Baca Juga: Membedah Nutrisi ASI, Ini Komposisi Lengkapnya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya