Comscore Tracker

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasa

Pasti kuat sampai saatnya berbuka!

Selain merupakan ibadah wajib bagi umat Islam, puasa juga penting sebagai upaya pengendalian diri. Baik dari dosa, lapar dan haus, serta segala bentuk pemikiran dan tindakan negatif.

Rasa lapar yang dirasakan saat berpuasa terkadang membuat kita tidak fokus dan lalai dalam beribadah karena jadi terlalu fokus memikirnya keinginan perut yang keroncongan. Belum lagi keluhan lemas dan mengantuk.

Oleh karena itu, mengetahui cara menahan lapar saat puasa bisa berguna, lo, untuk mengoptimalkan kelancaran ibadah puasa di bulan Ramadan ini. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Perhatikan gizi dan porsi makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi makanan sehat (pexels.com/Ella Olsson)

Dilansir The Times of India, dalam berpuasa, kamu harus cermat dalam memperhatikan gizi dan porsi makanan yang masuk ke dalam perut. Hal ini penting guna menjaga energi yang ada dalam tubuh, sehingga kamu tetap kuat sampai waktunya berbuka. Selain itu, ini juga penting agar kamu dapat mengendalikan pola makan agar lebih sehat.

Selain itu, dengan memperhatikan gizi dan porsi makanan yang masuk kedalam perut, kamu akan mampu untuk mengendalikan pola makan agar lebih sehat.

2. Latih pernapasan menjadi lebih baik

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi bernapas dalam-dalam (pixabay.com/Jill Wellington)

Kemampuan melakukan pernapasan dalam memiliki pengaruh pada tubuh. Ini dilakukan untuk mengoptimalkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh, sehingga bisa berguna untuk sel-sel tubuh.

Jika tidak, maka sel-sel dalam tubuh tidak bisa bekerja dengan baik, yang bisa berujung pada kelelahan dan energi yang rendah. Oleh karena itu, penting untuk melatih dan mempraktikkan pernapasan dalam agar tubuh bisa bekerja dengan baik dan energi tetap terjaga.

Sebagai tips, dilansir Productive Muslim, kamu bisa melatihnya dengan bernapas lewat hidung, lalu tarik napas dalam menggunakan diafragma, dan bernapas lebih lambat. 

Baca Juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat saat Berpuasa Ramadan

3. Cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi mengerjakan pekerjaan rumah (freepik.com/wayhomestudio)

Dilansir Dummies, saat puasa biasanya kita rentan mengalami bosan dan lapar. Nah, ini bisa diatasi dengan mengerjakan pekerjaan rumah, seperti mencuci, menyetrika, membersihkan sepatu, menyapu halaman, dan sebagainya.

Aktivitas tersebut dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar yang menyerang, sehingga kamu bisa berpuasa dengan maksimal tanpa kendala yang berarti.

4. Pergilah jalan-jalan atau meditasi di rumah

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi pergi berjalan-jalan (pexels.com/Pille Kirsi)

Seperti dijelaskan di laman Healthline, bila merasa bosan, cobalah untuk jalan-jalan ke luar rumah sebentar saja. Cara ini bisa mengurangi rasa bosan dengan melihat suasana baru. Namun, karena kita masih dalam masa pandemi, tetap berhati-hati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, ya.

Kalau jalan-jalan dirasakan terlalu berisiko, kamu bisa melakukan meditasi di rumah. Meditasi dapat membuatmu lebih fokus dalam melakukan sesuatu. Meditasi bisa membantu menciptakan ketenangan untuk diri sendiri sehingga kamu bisa lebih relaks.

5. Sahur dengan makanan yang berprotein

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi sumber protein (healthnavigator.org.nz)

Protein adalah salah satu makronutrien yang dibutuhkan tubuh kita. Saat sahur, kamu disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein karena ini dapat mengurangi rasa lapar pada sore hari.

Dilansir Men's Health, protein juga dapat membantu menyeimbangkan gula darah. Semakin seimbang gula darah, maka semakin sedikit juga rasa lapar yang akan ditimbulkan.

6. Berusahalah untuk menyibukkan diri dengan bekerja

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi bekerja (pixabay.com/Free-Photos)

Menyibukkan diri dengan bekerja bisa membuat kita lebih fokus pada pekerjaan yang ada di depan mata, daripada rasa lapar yang dirasakan.

Dengan bekerja, kamu tidak hanya dapat menahan rasa lapar, tetapi kamu juga memiliki keuntungan dalam memanfaatkan waktu dengan baik.

7. Lakukan olahraga ringan yang teratur

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi olahraga ringan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Olahraga ringan yang rutin sangat penting karena merupakan salah satu cara tercepat untuk mendorong tubuh bernapas lebih dalam. Bila dilakukan dengan benar, ini akan mendorong energi yang ada pada dalam tubuh.

Tak perlu olahraga berat, kamu bisa jalan kaki singkat setelah sahur untuk meningkatkan level energi sepanjang hari. Yoga juga bisa menjadi opsi.

8. Cobalah untuk berkebun atau melakukan hobi lainnya

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi berkebun (freepik.com/prostooleh)

Berkebun bisa jadi cara untuk melepas stres sekaligus menyibukkan diri dengan hal menyenangkan, sehingga kamu jadi teralihkan dari rasa lapar yang kamu rasakan. Kamu pun bisa mencoba kegiatan lainnya seperti membaca buku, tadarus, menonton film, atau mendengarkan musik.

9. Jangan lupa sikat gigi setelah makan sahur

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi sikat gigi setelah sahur (freepik.com/wayhomestudio)

Siapa sangka bahwa sikat gigi setelah sahur dapat menjadi salah satu cara untuk menahan lapar. Sekitar 30 menit setelah makan sahur, segera sikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di mulut.

Selain itu, sikat gigi juga dilakukan sebagai bentuk "sinyal" kepada tubuh bahwa kamu tidak akan makan apa pun lagi dalam beberapa jam ke depan hingga waktunya beduk magrib.

10. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen

Perut Keroncongan? Coba 10 Cara Ini untuk Menahan Lapar saat Puasailustrasi mengonsumsi suplemen (freepik.com/whatwolf)

Saat berpuasa, kamu mungkin mengalami kelelahan atau kekurangan gizi. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi suplemen agar asupan gizi tetap terjaga dengan baik. Supaya aman, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai konsumsi suplemen apa pun, khususnya bila ada kondisi medis tertentu.

Itulah beberapa cara menahan lapar saat puasa yang bisa dilakukan. Memang cara-cara di atas tak bisa mencegah rasa lapar sepenuhnya, tetap bisa dicoba untuk meminimalkannya. Toh, puasa itu juga tentang pengendalian diri termasuk rasa lapar, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Penyakit Ini Bisa Dicegah dan Diatasi dengan Puasa Ramadan

Topic:

  • Dhea Fadhilah Ramadhani
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya