Comscore Tracker

Selain Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 5 Manfaat Endorfin bagi Tubuh

Bisa ditingkatkan secara alami

Endorfin adalah zat kimia saraf yang dilepaskan oleh tubuh setelah melakukan aktivitas lain yang membuat diri merasa baik. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitari dan sistem saraf pusat. Endorfin terdiri dari sekelompok besar peptida yang dilepaskan sebagai respons terhadap stres, nyeri, atau aktivitas seperti berolahraga, makan, atau berhubungan seks.

Endorfin bekerja pada reseptor opiat otak untuk meningkatkan perasaan sejahtera secara keseluruhan dan mengurangi rasa sakit. Endorfin membantu tubuh berfungsi dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah manfaat utama yang ditawarkan endorfin.

1. Penghilang rasa sakit alami

Selain Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 5 Manfaat Endorfin bagi Tubuhilustrasi luka (pexels.com/RODNAE Production)

Nyeri dan penyebab stres lainnya menyebabkan kelenjar pituitari melepaskan endorfin. Saat bekerja pada sel saraf untuk mengurangi ketidaknyamanan, endorfin mengikat reseptor khusus yang akan membantu mengurangi rasa sakit, menurut laporan dalam Hawaii Medical Journal.

Hormon ini juga menghambat pelepasan neurotransmiter GABA, yang pada gilirannya meningkatkan produksi dopamin, neurotransmiter yang terkait dengan kesenangan. Bahkan, obat penghilang rasa sakit opioid seperti morfin cara kerjanya meniru endorfin yang diproduksi dalam tubuh.

2. Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi

Selain Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 5 Manfaat Endorfin bagi Tubuhilustrasi perempuan merasa stres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Otak melepaskan endorfin untuk membantu memerangi stres. Hormon ini mencapai organ target—seperti pankreas dan medula adrenal—dan merangsang organ tersebut untuk melepaskan glukagon dan adrenalin.

Daerah otak yang menghasilkan endorfin, yaitu kelenjar pituitari, juga mengandung reseptor opioid. Dengan mengikatnya, endorfin dapat mengaktifkan atau memblokir produksi hormon adrenokortikotropin dan hormon lain yang terlibat stres, seperti prolaktin dan hormon pertumbuhan.

Endorfin tampaknya bekerja pada komponen emosional stres dan depresi. Dalam sebuah penelitian pada tikus yang dipublikasikan dalam Psychopharmacology, diketahui bahwa endorfin menghambat perilaku cemas. Dalam penelitian tersebut, tikus yang direkayasa tidak dapat menghasilkan endorfin secara alami sangat cemas.

Baca Juga: Ini 7 Cara Meningkatkan Hormon Dopamin agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

3. Mengatur hormon lain

Selain Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 5 Manfaat Endorfin bagi Tubuhilustrasi bahagia (pexels.com/Ava Motive)

Endorfin berperan dalam mengatur hormon-hormon lain dalam tubuh. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, endorfin juga mengatur produksi hormon yang berhubungan dengan stres, seperti hormon adrenokortikotropin, prolaktin, dan hormon pertumbuhan.

Menurut studi dalam Journal of Chemical Neuroanatomy, pada ikan, endorfin yang disekresikan dari area tertentu di otak mengatur siklus ovarium dengan menghambat produksi hormon luteinizing di kelenjar pituitari.

Penelitian lain dalam jurnal Reproduction in Domestic Animals menunjukkan bahwa domba yang diberi endorfin memiliki kadar dua hormon yang berfluktuasi yang terlibat dalam siklus reproduksi (GnRH dan LH), menunjukkan peran hormon ini dalam menyeimbangkan kadar hormon.

4. Mengatasi fibromialgia

Selain Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 5 Manfaat Endorfin bagi Tubuhilustrasi fibromyalgia (pexels.com/Kindel Media)

Individu dengan fibromialgia kemungkinan memiliki kadar endorfin yang lebih rendah daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut. Sebaliknya, studi dalam jurnal Brain Stimulation menemukan bahwa peningkatan endorfin tubuh berkorelasi dengan pereda nyeri pada orang-orang dengan kondisi kronis tersebut.

Karenanya, orang dengan fibromialgia disarankan untuk melakukan aktivitas tertentu yang bertujuan meningkatkan endorfin, seperti olahraga, berinteraksi dengan orang lain, yoga, dan aktivitas penghilang stres lain. Pasien mungkin juga diresepkan obat untuk membantu mengatasi gejala.

5. Membantu menurunkan berat badan

Selain Meningkatkan Kebahagiaan, Ini 5 Manfaat Endorfin bagi Tubuhilustrasi menimbang berat badan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Endorfin juga berperan dalam mengendalikan berat badan. Bersama dengan hormon lainnya, endorfin dapat membantu mengatur nafsu makan dan asupan makanan.

Makan dengan baik juga dapat membantu meningkatkan kadar endorfin. Sebuah tinjauan penelitian dalam jurnal Endocrinology terhadap studi hewan menunjukkan bahwa peningkatan kadar endorfin membantu mengatur nafsu makan.

Endorfin adalah zat kimia yang menghasilkan perasaan senang, itulah sebabnya kita sering mendambakan endorfin yang tinggi. Kabar baiknya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan endorfin dengan cepat, seperti olahraga, tertawa, mengambil bagian dalam aktivitas kreatif, atau melakukan yoga.

Baca Juga: Dikenal sebagai Hormon Bahagia, Ini 5 Cara Meningkatkan Level Endorfin

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya