Comscore Tracker

5 Cara Sehat Makan Daging, Perhatikan Cara Panggangnya!

Yuk, coba terapkan

Dalam suasana Idul Adha, banyak orang yang menghabiskan waktu mereka untuk mengolah daging sapi maupun kambing bersama dengan kerabat terdekat. Meskipun statement makan terlalu banyak daging bisa memberikan dampak buruk bagi tubuh, tapi kamu bisa makan daging dengan cara yang sehat.

Kamu hanya perlu lebih memperhatikan beberapa hal saat hendak makan daging agar tidak berbahaya bagi tubuhmu. Jika kamu ingin mengetahui bagaimana caranya, yuk simak lima hal berikut ini.

1. Hindari daging yang banyak lemak

5 Cara Sehat Makan Daging, Perhatikan Cara Panggangnya!ilustrasi makan (pexels.com/RODNAE Productions)

Ketika hendak menyantap daging, kamu perlu perhatikan dagingnya terlebih dahulu. Jika kamu melihat daging banyak lemaknya, maka lebih baik dihindari saja. Dikutip National Health Service, memakan terlalu banyak lemak jenuh bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam darahmu, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan strok.

Dikutip Share Care, biasanya daging tanpa lemak biasanya memiliki berat kurang dari 8,5 gram lemak per porsi 3 ons. Sementara ada juga daging yang sangat rendah kandungan lemaknya, yaitu hanya sekitar 4 gram saja. Jadi, kamu perlu pastikan daging kurban yang hendak dimakan ini tanpa lemak. Kalaupun ada lemak, lebih baik makan sedikit saja.

2. Tambahkan sayuran

5 Cara Sehat Makan Daging, Perhatikan Cara Panggangnya!ilustrasi daging dan sayuran (pexels.com/Malidate Van)

Menambahkan sayuran saat memakan daging merupakan cara sehat untuk makan daging. Dikutip Consume Reports, dibandingkan menambah kentang dan brokoli, kamu bisa menambahkan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Kebanyakan orang yang memperhatikan konsumsi daging hanya akan memakan sekitar seperempat dari piring. Sehingga, jika kamu makan daging dengan porsi sekitar 3 1/2 ons per minggu, maka masih tergolong aman dan sehat.

Baca Juga: Punya Sisa Daging Lebaran? Yuk Buat Daging Sapi Giling Pedas

3. Potong dengan benar

5 Cara Sehat Makan Daging, Perhatikan Cara Panggangnya!ilustrasi sate daging sapi (pexels.com/mustafa türkeri)

Daging kurban yang terlihat memiliki lemak lebih baik potong dahulu sebelum kamu masak. Kamu bisa menggunakan pisau tajam yang sudah diasah sebelumnya agar bisa memotong lemak dengan mudah.

Jika melakukan cara di atas, maka kamu sedang menerapkan cara makan daging sehat karena kamu mengurangi lemak yang dikonsumsi. Seperti yang kita tahu, terlalu banyak makan lemak akan membawa dampak yang kurang baik bagi tubuh.

4. Bersihkan daging dengan benar

5 Cara Sehat Makan Daging, Perhatikan Cara Panggangnya!ilustrasi daging (pexels.com/Irita Antonevica)

Biasanya daging terlihat ada sisa lemak dan kalori yang menempel setelah dimasak, sehingga kamu perlu membersihkan daging dengan benar agar lemak dan kalori tidak ikut termakan nantinya. 

Kamu bisa menggunakan tisu yang digunakan untuk menyerap minyak agar lebih aman dan mampu menyerap lemak serta kalori secara maksimal. Dengan begitu, kamu bisa makan daging dengan cara yang sehat.

5. Perhatikan cara panggang daging

5 Cara Sehat Makan Daging, Perhatikan Cara Panggangnya!ilustrasi memanggang sate (pexels.com/samer daboul)

Bagian yang sangat penting dalam makan daging dengan caraya yang sehat, yaitu saat kamu memanggang dan memasak daging. Jika kamu masak daging dengan suhu tinggi, dikhawatirkan akan menciptakan senyawa yang bisa menyebabkan kanker.

Dikutip Healthline, kamu bisa ikuti beberapa tips dibawah ini untuk mengurangi senyawa yang berbahaya pada daging, yaitu:

  • Lakukan metode masak seperti merebus, mengukus, atau memanggang
  • Lebih baik hindari memanggang daging hingga hangus atau dengan cara diasap. Bila ingin memanggang daging, maka kamu perlu potong bagian hangusnya 
  • Hindari memanggang daging langsung ke api dan minimalkan pemasakan dengan suhu di atas 150 derajat Celsius
  • Asinkan daging dengan minyak zaitun, jus lemon, dan bawang putih agar bisa mengurangi heterocyclic amine
  • Jangan lupa membolak balik daging saat memasak dengan api suhu tinggi

Makan daging tidak selalu berbahaya bagi tubuh, asalkan kamu memperhatikan proses memasaknya hingga membatasi makan daging agar tidak berlebihan. Kamu bisa terapkan cara di atas bila hendak memanggang atau memasak daging kurban agar lebih sehat.

Baca Juga: Konsumsi Daging Bisa Menurunkan Kesuburan Pria, Mitos atau Fakta?

Fajrina Annisa Photo Verified Writer Fajrina Annisa

I write what I like and what I see.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya