5 Daftar Buah yang Bisa Dikonsumsi saat Sakit Tipes, Biar Cepat Pulih!

Sejuta manfaat di balik rasanya yang lezat

Demam tifoid atau lebih awam disebut tipes merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Mikroorganisme ini masuk dan menyerang tubuh melalui makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi.

Dilansir Mayo Clinic, gejala tipes biasanya baru akan muncul setelah 1 hingga 3 minggu setelah terpapar bakteri. Beberapa gejala penyakitnya seperti demam, sakit kepala, menggigil, mual, muntah, hingga diare. 

Nah, untuk membantu mempercepat proses pemulihan, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi. Salah satunya adalah buah-buahan. Sayangnya, tak semua jenis buah dapat dikonsumsi saat sakit tipes.

Buah yang berserat tinggi serta masam dikhawatirkan dapat mengiritasi usus. Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir karena masih banyak buah yang dapat dikonsumsi saaat sakit tipes. Berikut ini kelima daftarnya lengkapnya!

1. Semangka

5 Daftar Buah yang Bisa Dikonsumsi saat Sakit Tipes, Biar Cepat Pulih!ilustrasi semangka (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bakteri Salmonella typhi yang menginfeksi saluran pencernaan dapat menyebabkan muntah dan diare. Kedua gejala penyakit ini dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi jika tidak segera ditangani.

Untuk membantu mencegah tubuh kekurangan cairan, kamu bisa mengonsumsi semangka yang kaya manfaat. Daging buah yang berwarna merah ini mengandung 92 persen air sehingga baik untuk menghidrasi tubuh, mengutip Healthline

Kombinasi antara senyawa likopen, antioksidan dan vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan. Berbagai nutrisi tersebut juga berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Alpukat

5 Daftar Buah yang Bisa Dikonsumsi saat Sakit Tipes, Biar Cepat Pulih!ilustrasi alpukat (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Alpukat termasuk ke dalam daftar buah yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Manfaat ini tak lain berasal dari kandungan serat dan kalium yang membantu memperlancar buang air besar. 

Menurut laman Johns Hopkins Medicine, infeksi bakteri Salmonella typhi juga dapat menyebabkan sembelit. Oleh sebab itu, kamu bisa mengonsumsi alpukat untuk membantu mengatasinya. 

Manfaat lainnya dari buah yang bernama latin Persea americana ini adalah mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Ini karena, alpukat kaya akan asam lemak baik sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Baca Juga: Resep Smoothies Alpukat Pisang yang Praktis dan Mengenyangkan

3. Kelapa

5 Daftar Buah yang Bisa Dikonsumsi saat Sakit Tipes, Biar Cepat Pulih!ilustrasi air kelapa (pexels.com/Thunyarat Klaiklang)

Sudah bukan rahasia lagi jika kelapa dikenal dengan sejuta manfaatnya. Mulai dari air hingga daging buahnya yang memang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh.

Tak sedikit orang yang menjadikan air kelapa sebagai pertolongan pertama untuk membantu mencegah dehidrasi. Sebab, kandungan elektrolit yang melimpah menjadikannya seperti minuman isotonik alami. 

Daging buah kelapa juga tak kalah bernutrisi karena mengandung mangan serta antioksidan, mengutip Live Strong. Kedua nutrisi ini dapat menangkal radikal bebas dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

4. Pisang

5 Daftar Buah yang Bisa Dikonsumsi saat Sakit Tipes, Biar Cepat Pulih!ilustrasi pisang (pexels.com/cottonbro)

Tekstur buah pisang yang lunak serta lembut akan membuatnya lebih mudah dicerna oleh penderita tipes. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya dapat membantu mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang akibat muntah maupun diare.

Dilansir WebMD, kandungan probiotik yang terdapat di pisang juga dapat membantu melawan bakteri penyebab diare. Berkat berbagai nutrisi tersebutlah membuat buah yang bernama latin Musa paradisiaca itu sangat cocok dikonsumsi ketika sakit tipes.

5. Melon

5 Daftar Buah yang Bisa Dikonsumsi saat Sakit Tipes, Biar Cepat Pulih!ilustrasi buah melon (pexels.com/Any Lane)

Melon menjadi opsi lain sebagai buah yang baik dikonsumsi saat tipes. Kandungan vitamin B6 di dalamnya dapat membantu memberikan energi tambahan serta mempercepat proses pemulihan saat sakit.

Gak cuman itu, vitamin B6 turut berperan untuk merangsang tubuh guna meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon ini diketahui berfungsi sebagai pengatur suasana hati. 

Konsumsi buah melon secara teratur dapat membantu memperbaiki kualitas tidur serta meningkatkan suasana hati. Menurut laman Very Well Fit, melon juga mengandung banyak air dan mineral yang bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan. 

Kaya akan nutrisi, kelima buah di atas memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Jadi, kamu bisa mengonsumsinya saat sakit agar membantu membuatmu lekas pulih. Oh ya, konsumsi buah-buahan di atas dengan porsi yang cukup, ya!

Baca Juga: 6 Cara Membedakan Buah Suntikan dan Buah Manis Alami, Sudah Tahu?

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh".

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ken Ameera

Berita Terkini Lainnya