Comscore Tracker

Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korset

Mau langsing tapi jangan sampai menyakiti diri sendiri

Bagi sebagian wanita, menjaga penampilan agar tetap terlihat langsing dan seksi adalah hal yang wajib dilakukan. Salah satu cara termudah yakni dengan menggunakan korset. Bahkan tidak jarang pria menggunakannya secara diam-diam.

Meski begitu, menggunakan korset ternyata bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang serius. Berikut ini beberapa dampak kesehatan di antaranya!

1. Kerusakan bentuk tulang

Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korsetmyelomacentral.com

Penggunaan korset ketat dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan atau kelainan bentuk tulang. Hal ini diketahui dari penemuan tulang-tulang wanita abad ke-18 yang kerap menggunakan korset sebagai pakaian dalam. Tulang-tulang tersebut membenkok dan membentuk huruf S.

2. Nyeri punggung

Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korsetexpress.co.uk

Penggunaan korset yang terlalu ketat mengakibatkan peredaran darah menjadi terhambat. Akibatnya, punggung bawah yang bertugas untuk menunjang postur tubuh akan terasa nyeri, kaku, dan kebas. Hal ini dikarenakan saat menggunakan korset, kamu akan cenderung dalam posisi membungkuk untuk mempertahankan beban tubuh.

3. Atrofi organ dalam

Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korsetmedicalnewstoday.com

Memakai korset setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena atrofi dinding perut an atrofi otot perut bagian samping. Atrofi sendiri merupakan penyusutan atau pengecilan organ serta jaringan dalam tubuh. Akibatnya, massa otot yang berada di perut bukan terlihat kencang, melainkan justu akan melemah dan membuat kamu tidak kuat berdiri terlalu lama.

Baca Juga: Bahaya, 10 Hal Inilah yang Ternyata Paling Sering Bikin Kita Seriawan

4. Masalah pernapasan

Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korsetmountelizabeth.com.sg

Pemakaian korset dapat menghambat masuknya udara ke dalam paru-paru, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan penurunan kapasitas kerja organ paru-paru dan mengakibatkan pemakainya kesulitan dalam bernafas. Akibatnya, pemakaian korset terlalu ketat dapat menimbulkan efek pusing, sakit kepala, bahkan pingsan.

5. Gangguan pencernaan

Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korsetverywellhealth.com

Tekanan yang ditimbulkan korset pada perut dapat memicu munculnya penyakit asam lambung. Pasalnya, usus dan lambung yang terhimpit harus bekerja lebih keras dalam mencerna makanan.

6. Memicu munculnya tumor

Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korsetmedicalnewstoday.com

Tekanan yang terjadi pada daerah sekitar perut nyatanya tidak hanya berdampak pada gangguan pencernaan saja. Akan tetapi, keadaan ini juga dapat memicu munculnya tumor jinak yang bersarang pada dinding rahim dan biasa dikenal sebagai gangguan miom.

7. Terganggunya sistem saraf

Jarang Diketahui, Ini 7 Bahaya yang Timbul Saat Menggunakan Korsetwebmd.com

Penggunaan korset yang terlalu ketat dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan gangguan saraf seperti kesemutan, hingga mati rasa. Hal ini karena korset yang terlalu ketat membuat saraf-saraf pada tubuh tertekan.

Itu dia beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan akibat pemakaian korset dalam waktu panjang. Tampil memesona memang keinginan semua orang, akan tetapi, selain berusaha terlihat ideal, kamu juga perlu tetap sehat agar bisa terlihat lebih memukau. Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan agar dirimu bisa tampil cantik dan sehat dengan cara alami lainnya.

Baca Juga: Bahaya, 7 Penyebab Telinga Berdenging Ini Sering Disepelekan Orang

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You