Comscore Tracker

7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambat

Biar gak panik, ketahui penyebabnya yuk!

Hernia adalah kondisi di mana sebagian atau keseluruhan dari organ dalam atau jaringan menonjol ke daerah-daerah yang tidak biasa. Bagian organ tersebut muncul melalui bukaan atau area lemah dalam dinding otot, sehingga muncul layaknya tonjolan atau benjolan.

Hernia sendiri merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Lalu, apa saja penyebabnya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Angkat beban berlebih

7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambatverywellfit.com

Jika kegiatan kamu berhubungan dengan mengangkat benda yang berat sebaiknya berhati-hati. Sebab, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab munculnya hernia. Namun, kondisi tersebut akan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, tidak hadir secara tiba-tiba.

2. Sulit buang air besar

7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambatthrillist.com

Sulit buang air besar (BAB) merupakan masalah pencernaan yang sering dianggap sepele. Padahal, penyakit yang satu ini bisa memicu munculnya penyakit lain, seperti hernia. Sulit buang air besar sendiri biasanya disebabkan oleh kebiasaan kekurangan asupan serat.

3. Obesitas

7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambatvietucnews.net

Orang yang memiliki kelebihan berat badan biasanya memiliki tekanan yang lebih banyak pada bagian perut. Akibatnya, otot-otot dinding perut akan menjadi lemah dan membuat usus menjadi turun dari tempatnya. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab munculnya hernia.

Baca Juga: 9 Pekerjaan Ini Berisiko Tinggi terhadap Kanker, Waspadai Penyebabnya

4. Faktor keturunan

7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambatscienceandnonduality.com

Hernia merupakan salah satu penyakit yang dapat muncul akibat adanya faktor genetika atau keturunan dari anggota keluarga yang memiliki penyakit serupa. Jadi, jika seseorang di keluarga kamu memiliki penyakit hernia, maka kemungkinan besar salah satu anggota lainnya atau bahkan kamu bisa menderita kondisi yang sama.

5. Penyakit paru-paru

7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambatproactiveinvestors.co.uk

Selain menjadi penyakit yang mengganggu, ternyata hernia juga dapat menjadi tanda jika kamu memiliki penyakit paru-paru. Pasalnya, segala penyakit yang berkaitan dengan paru-paru bisa memicu penyakit hernia, salah satunya adalah fibrosis kistik atau kerusakan paru-paru yang sering kali menyebabkan batuk kronis.

6. Kehamilan

7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambatmedicalnewstoday.com

Ketika seorang wanita sedang hamil, perut mereka akan mengalami peningkatan tekanan sehingga melemahkan otot-otot pada dinding perut. Hal ini lah yang menjadi salah satu penyebab munculnya hernia pada perempuan yang sedang dalam masa kehamilan. 

7. Merokok

7 Penyebab Hernia Ini Sering Diabaikan, Cegah Segera Sebelum Terlambatnpr.org

Tidak hanya penyakit yang berbahaya, merokok juga bisa mengakibatkan munculnya penyakit ringan seperti hernia. Hal ini biasanya disebabkan oleh batuk kronis yang timbul akibat rokok sehingga meningkatkan risiko seseorang mengalami hernia inguinalis. Namun, jika hernia tidak mendapatkan penanganan yang benar, bisa saja terjadi komplikasi dan mengakibatkan munculnya kondisi yang lebih berbahaya.

Itu dia beberapa penyebab munculnya hernia yang umum terjadi. Mulai dari adanya masalah lain pada kesehatan tubuh kamu, hingga hal-hal yang terkesan aneh seperti kehamilan bisa menjadi salah satunya. Untuk itu, tetap jaga kesehatan kamu dan segera periksakan diri ke dokter jika merasa ada sesuatu yang salah sedang terjadi pada tubuh kamu.

Baca Juga: Hati-hatilah, Ini 7 Penyebab Meningitis yang Perlu Kamu Waspadai

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya