Comscore Tracker

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Ini

Gelang berbahan dasar karet ternyata gak aman, guys~

Gelang merupakan salah satu aksesoris yang kerap dipilih untuk membuat tampilan lebih menarik. Dengan hanya mengenakan sebuah gelang saja, penampilan seseorang akan terlihat berbeda dan jauh lebih manis.

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Iniyoutube.com/CrazyRussianHacker

Namun hati-hati, ternyata memakai gelang berbahan dasar karet dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa dampak yang dapat terjadi.

1. Memicu munculnya kanker

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Ininagpurtoday.in

Terdapat sebuah senyawa bernama phtalates dalam gelang berbahan dasar karet. Sayangnya, senyawa yang terkandung dalam gelang karet tersebut memiliki sifat karsinogenik atau mampu menyebabkan terjadinya kanker.

2. Kebutaan

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Inijeffbullas.com

Sebuah kejadian naas pernah terjadi di Inggris. Bocah 7 tahun bernama Kyle Lawrence mengalami kebutaan karena terkena jepretan gelang karet pada bagian matanya. Kyle dilarikan ke rumah sakit dan harus menjalani operasi mata, akibat cedera yang dialaminya tersebut.

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Iniimagenesmy.com

3. Terkena penyakit jantung

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Inimountelizabeth.com.sg

Memakai gelang karet memang membuat penampilan seseorang terlihat lebih manis. Akan tetapi, memakainya terlalu kencang justru akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pasalnya, gelang karet yang dikenakan terlalu kencang dapat menyebabkan aliran darah tersumbat sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras, dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga: Ternyata Kaget Bisa Berisiko Menyebabkan Kematian, Ini 7 Faktanya!

4. Amputasi

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Iniscientificamerican.com

Memakai gelang karet terlalu kencang nyatanya tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan jantung saja. Aliran darah yang tersumbat, jika dibiarkan terlalu lama, dapat menyebabkan pembekuan dan kemungkinan terburuknya adalah amputasi. 

5. Arteri Perifer

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Inithearabhospital.com

Kebanyakan orang pasti memakai gelang karet di pergelangan tangan. Akan tetapi, terkadang ada juga beberapa orang yang menggemari pemakaian gelang karet di bagian kaki. Sayangnya, hal tersebut dapat berisiko terkena penyakit arteri perifer.

Arteri perifer sendiri merupakan sebuah kondisi yang diakibatkan oleh penyumbatan pembuluh darah di bagian tubuh selain jantung dan kepala. Umumnya, penyakit ini paling sering ditemukan di bagian kaki. Oleh karena itu, hindari penyempitan pembuluh darah di bagian kaki.

6. Serangan pusing yang dahsyat

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius IniPexels/Juan Pablo

Aliran darah yang terhenti akibat pemakaian gelang terlalu ketat sayangnya juga dapat mengakibatkan pusing yang dahsyat. Hal ini disebabkan karena siklus peredaran darah ke otak terganggu, sehingga otak mengalami disfungsi dan memicu sakit kepala yang dahsyat.

7. Kematian

Tak Disangka, Gelang Karet Rupanya Punya 7 Risiko Kesehatan Serius Iniindianexpress.com

Dalam jangka panjang pemakaian gelang karet, seseorang bisa saja mengalami kematian. Sebab, penyakit yang muncul akibat mengenakan gelang karet tersebut bisa jadi terlambat dideteksi.

Memakai aksesori tertentu memang sangat penting untuk menunjang penampilan. Akan tetapi, ada baiknya untuk memilih aksesori yang aman digunakan. Sebab, ketika kondisi tubuh dalam keadaan sakit maka penampilan bukan lagi hal utama yang akan diperhatikan

Baca Juga: Radiasi Membawa Penyakit, Ini 7 Pekerjaan yang Berisiko Tinggi

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You