Rentan Menyerang Anak-anak, Yuk Kenali Apa Itu Flu Singapura!

Gejala, penanganan, hingga cara menghindarinya

Penyakit yang juga dikenal dengan nama penyakit Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Kaki, Tangan, dan Mulut (KTM) ini merupakan salah satu jenis flu yang cukup umum terjadi. 

Seperti namanya, penyakit flu singapura menyerang bagian tangan, kaki, dan mulut manusia. Umumnya banyak terjadi pada balita maupun anak-anak, dan juga kadang menyerang manusia dewasa. 

Lalu apakah berbahaya jika terjangkit flu singapura, berikut adalah beberapa ulasan tentang apa itu flu singapura hingga penyebab dan juga gejalanya. 

1. Disebabkan oleh virus

Rentan Menyerang Anak-anak, Yuk Kenali Apa Itu Flu Singapura!livescience.com

Flu singapura disebabkan oleh virus yang disebut dengan nama coxsackievirus. Virus ini merupakan salah satu virus yang mudah sekali menyebar melalui kontak fisik seperti tangan dan beberapa organ tubuh lainnya. Ia menetap pada saluran pencernaan manusia. 

2. Mudah Menyebar

Rentan Menyerang Anak-anak, Yuk Kenali Apa Itu Flu Singapura!thejobnetwork.com

Salah satu yang wajib diketahui yaitu bahwa flu singapura sangat mudah menyebar dari orang satu ke orang lainnya. Bentuk penyebarannya dapat melalui kontak kulit seperti berpelukan maupun berjabat tangan, melalui udara dan juga pernafasan, hingga melalui air liur. 

3. Memiliki gejala yang mudah dideteksi

Rentan Menyerang Anak-anak, Yuk Kenali Apa Itu Flu Singapura!honestdocs.id

Flu singapura menjadi salah satu jenis flu yang dapat dengan cepat ditangani karena memiliki beberapa gejala yang mudah terdeteksi. Seperti gejala utamanya yaitu, penderita akan mengalami flu yang kemudian disertai dengan rasa lemas, sakit tenggorokan, demam ringan, hingga munculnya beberapa ruam merah di area tubuh yang jika semakin parah harus segera ditangani.

Baca Juga: Atasi Flu Saat Puasa Dengan 5 Cara Ini, Dijamin Ampuh!

4. Umumnya menyerang anak-anak

Rentan Menyerang Anak-anak, Yuk Kenali Apa Itu Flu Singapura!mnn.com

Meski dapat juga menyerang orang dewasa, flu singapura umumnya banyak menyerang anak-anak atau bahkan balita. Hal ini disebabkan karena aktifnya gerak aktivitas anak saat bermain hingga terkadang tak dapat menghindari ancaman virus berbahaya di sepanjang aktivitasnya, terutama saat bermain di luar ruangan.

5. Tidak membutuhkan penanganan khusus

Rentan Menyerang Anak-anak, Yuk Kenali Apa Itu Flu Singapura!alodokter.com

Umumnya penderita flu singapura tidak memerlukan penanganan medis yang khusus, karena biasanya hanya dengan perawatan ringan dan juga istirahat yang cukup, maka penyakit ini akan sembuh dalam kurun waktu seminggu. Namun jika penderita mulai merasakan dehidrasi yang berlebihan, akan lebih baik jika mulai memeriksakan diri ke dokter.

Meski terdengar tak cukup berbahaya, mencegah agar tidak terjangkit pastinya lebih baik. Apalagi jika cuaca sedang tidak baik. Dan jangan lupa untuk membiasakan hidup bersih dan sehat agar tidak mudah tertular flu yang satu ini.

Baca Juga: 7 Penyebab Kamu Rentan Kena Flu, Hindari supaya Gak Sering Terserang

Niswa Aulia Photo Verified Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya