Comscore Tracker

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Penuhi Energi Saat Masa Kehamilan

#RamadanMasaKini Memperlancar persalinan lho

Kehamilan merupakan hal yang istimewa bagi seorang wanita. Melewati masa-masa kehamilan membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Gizi dan nutrisi untuk ibu hamil harus diperhatikan. Hal ini berpengaruh besar terhadap kesehatan calon bayi.

Kurma ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Selain manis, kurma juga dapat menambah energi dengan kadar kalori yang rendah.

Wah, apa saja sih manfaat lain dari kurma untuk ibu hamil? Yuk, simak!

1. Menambah energi tanpa khawatir kalori

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Penuhi Energi Saat Masa Kehamilanalralifestyle.com

Kurma bermanfaat dalam menambah energi saat masa kehamilan. Gula fruktosa dalam kurma menambah energi tanpa mengubah kadar gula dalam darah. Mengonsumsi beberapa buah kurma dalam sehari baik untuk ibu hamil.

Pasokan energi yang diterima tubuh akan mencegah kamu mengalami lemas. Mengonsumsi dalam bentuk sari kurma pun dapat kamu coba. Jaga keseimbangan energi agar ibu dan calon bayi tetap sehat.

2. Mempercepat dalam proses kelahiran

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Penuhi Energi Saat Masa KehamilanPixabay.com/pexels

Kurma dapat membantu dalam proses kelahiran. Efek oksitoksin (kontraksi rahim) dapat meningkatkan sensitivitas rahim. Prostaglandin yang dibutuhkan dalam persalinan dihasilkan dari asam lemak jenuh dan tak jenuh yang ada pada kurma. Serotin, kalsium dan tanin berguna dalam membantu kontraksi otot - otot rahim. Mengonsumsinya sebagai smoothies atau dimakan secara langsung dapat kamu coba.

Baca Juga: Kenapa Kurma Jadi Primadona Hanya Saat Bulan Puasa, Ini Penjelasannya!

3. Menjaga keseimbangan garam dan mineral

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Penuhi Energi Saat Masa Kehamilanmothering.com

Kurma memberikan manfaat dalam keseimbangan garam dan mineral. Kandungan dalam kalium dapat menjaga keseimbangan garam dan mineral. Selain itu dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan mencegah kram otot. Kekurangan mineral memicu masalah pada ginjal. Ibu hamil harus konsumsi buah ini agar mendapatkan asupan garam dan mineral yang baik selama kehamilan.

4. Mencegah anemia dan kelelahan

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Penuhi Energi Saat Masa Kehamilantime.com

Kurma dapat dijadikan penambah zat besi agar terhindar dari anemia. Anemia pada ibu hamil dapat terjadi karena kurangnya nafsu makan, sehingga asupan gizi tidak terpenuhi. Akibatnya kelelahan mudah terjadi. Mengonsumsi kurma dapat membantu ibu hamil untuk mencegah anemia. Agar lebih segar, kamu dapat mengonsuminya dalam bentuk smoothies.

5. Mencegah resiko cacat lahir

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Penuhi Energi Saat Masa Kehamilandrugcenter.com

Cacat lahir merupakan hal yang ditakuti oleh seorang ibu hamil. Kurma dapat membantu mencegah cacat lahir dengan kandungan folatnya. Folat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sumsum tulang belakang. Konsumsi buah kurma untuk menjaga risiko bayi cacat lahir.

6. Membantu pembentukan tulang saat kehamilan

6 Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil, Penuhi Energi Saat Masa Kehamilanhellomagazine.com

Pertumbuhan tulang yang baik diawali dari masa bayi dalam kandungan. Kurma mengandung magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada bayi. Saat masa kehamilan, magnesium penting agar tidak mengalami defisiensi yang dapat menyebabkan kelainan hati dan ginjal. Konsumsi kurma dalam bentuk makanan dan minuman yang kamu suka.

Nah, manfaat ini harus bisa dirasakan oleh ibu hamil. Rasa kurma yang manis membawa kebaikan untuk ibu hamil untuk melewati masa-masa perkembangan bayi. Bunda tetap harus jaga asupan gizi yang baik, ya!

Baca Juga: 8 Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan, Apa Benar Bikin Cepat Hamil?

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya