Comscore Tracker

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyak

Mendengkur bisa menyebabkan tidur terganggu

Struktur yang rileks di dalam tenggorokan ketika mulai bergetar dan mengeluarkan suara karena terlalu sensitif, disebut dengkuran. Mendengkur memengaruhi sekitar 90 juta wanita dan pria di dunia. Suara dengkuran tidak hanya mengganggu kehidupan sosial seseorang tetapi juga dapat memiliki konsekuensi dan komplikasi yang parah bagi kesehatan fisik seseorang.

Berita baiknya adalah ramuan dan produk alami kadang-kadang terbukti lebih bermanfaat daripada resep dokter mahal mana pun dalam pengobatan mendengkur. Berikut ini adalah obat alami yang akan membantu kita menyembuhkan dengkuran.

1. Peppermint

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyakwebmd.com

Pembengkakan selaput pada lapisan lubang hidung dan tenggorokan dihilangkan oleh sifat anti-inflamasi dari peppermint. Bahan ini memudahkan proses pernapasan dan menenangkan proses sistem pernapasan. Mendengkur karena udara dingin atau alergi sementara dapat ditenangkan oleh peppermint. Jika mendengkur disebabkan karena salah satu alasan yang disebutkan di atas, tambahkan satu atau dua tetes minyak peppermint ke dalam segelas air dan berkumurlah dengan campuran tersebut sampai sembuh.

2. Minyak zaitun

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyakmedicalnewstoday.com

Minyak zaitun adalah salah satu agen antiinflamasi terkuat. Bahan ini memudahkan saluran pernapasan dan membuat jalur yang jelas untuk udara dengan mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh dengkuran.

Selain itu, minyak zaitun juga mengurangi rasa sakit dan getaran di tenggorokan yang disebabkan karena mendengkur. Dua hingga tiga teguk minyak zaitun dapat diminum secara terpisah tanpa mencampur apa pun di dalamnya sebelum kita tidur dan amati proses penyembuhannya yang luar biasa.

3. Minyak esensial eucalyptus

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyakmedicalnewstoday.com

Mendengkur terutama disebabkan oleh hidung tersumbat. Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkannya adalah dengan menghirup uap. Hal ini dapat mengurangi hidung tersumbat. Cara terbaik untuk menghirup uap adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak esensial eucalyptus ke dalam air mendidih dan tarik napas setidaknya selama 5 hingga 10 menit. Gunakan obat alami ini selama yang kita butuhkan atau sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Kapulaga

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyakorganicfacts.net

Kapulaga terkenal karena sifatnya sebagai dekongestan dan ekspektoran, sehingga membuatnya ideal dalam membuka saluran hidung jika tersumbat. Ketika hidung tersumbat terbuka, itu akan memungkinkan lebih banyak ruang untuk saluran udara, akhirnya menghasilkan lebih sedikit mendengkur. Kita dapat menggunakan kapulaga dengan berbagai cara untuk mengobati masalah mendengkur.

Cara terbaik dan termudah untuk menggunakan kapulaga untuk membuka saluran hidung kita adalah dengan menambahkan beberapa kapulaga ke dalam segelas air dan meminumnya sebelum tidur. Setengah sendok teh kapulaga cukup untuk segelas air. Yang terbaik adalah kita menggunakan air hangat daripada air dingin.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Obati Keputihan, Sudah Tahu?

5. Kunyit

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyakswansonvitamins.com

Kunyit sangat ideal dalam mengatasi mendengkur dan radang yang berat. Bahan ini adalah agen antibiotik dan antiseptik yang kuat. Khasiat obatnya meningkat dua kali lipat bila digabung dengan susu.

Menambahkan dua sendok teh kunyit ke dalam secangkir susu hangat dan meminumnya setengah jam sebelum tidur dapat menyembuhkan sejumlah penyakit radang serta dapat menyembuhkan mendengkur. Ini juga membantu memperkuat sistem kekebalan ketika kita menggabungkan sifat obat kunyit dengan nutrisi susu yang sangat bermanfaat.

6. Bawang putih

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyakistockphoto.com

Bawang putih memiliki sifat luar biasa ketika menangani masalah yang berhubungan dengan mendengkur. Bahan ini bisa mencegah penumpukan lendir pada radang sistem pernapasan saluran hidung. Bawang putih dapat dikonsumsi dalam banyak cara. Kita bisa mengunyah bawang putih mentah dan meminum airnya.

Kita juga bisa memasak bawang putih dan mencoba memakannya selagi masih panas. Bawang putih sangat ideal untuk mengatasi sumbatan yang berhubungan dengan sinus, oleh karena itu konsumsinya dapat memberikan bantuan yang luar biasa dari mendengkur yang disebabkan oleh sinus.

7. Madu

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyakbbc.com

Madu adalah obat rumahan setiap kali mendengkur atau masalah terkait muncul dalam keluarga. Karena sifat anti-inflamasinya yang tinggi, madu memudahkan daerah tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan yang sebelumnya menghambat saluran udara. Madu membasahi dan melumasi jalur yang tersumbat serta menenangkan perasaan menyakitkan yang disebabkan oleh pembengkakan.

Mengambil satu sendok makan madu dalam air hangat sebelum tidur sangat bermanfaat untuk semua masalah dengkuran dan masalah terkait. Bahan ini juga dapat ditambahkan dalam teh herbal untuk membuatnya manis. Diiringi dengan manfaat teh herbal, khasiat madu menjadi dua kali lipat lebih baik.

8. Jelatang

8 Bahan Alami untuk Atasi Mendengkur, Tidur Jadi Nyenyakamazon.com

Jelatang memiliki sifat antiinflamasi dan antihistamin yang tinggi. Mendengkur yang hanya mengganggu kita pada waktu tertentu dalam setahun mungkin disebabkan oleh alergi musiman. Alergi semacam itu dapat diobati dengan baik melalui jelatang.

Tambahkan beberapa (kira-kira satu sendok makan) daun jelatang kering dalam air mendidih. Diamkan setidaknya selama 5 menit, lalu konsumsilah teh jelatang sebelum tidur. Musim alergi memerlukan konsumsi teh jelatang setidaknya 3 sampai 4 kali sehari karena dapat memberikan bantuan yang besar dari alergi selama musim alergi.

Jadi, cobalah berbagai bahan alami tersebut agar tidurmu makin nyenyak dan tak terganggu.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Berfungsi Sebagai Pestisida Lho

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You