Comscore Tracker

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthus

Sedang diet? Minum ini juga, ya!

Gak hanya teh melati dan kamomil saja yang perlu kamu konsumsi. Ada lagi nih teh yang cukup terkenal di kawasan Asia Timur yaitu teh osmanthus. Menggunakan bunga osmanthus sebagai bahan utamanya, teh ini memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh lho! 

Dan berikuti ini, 8 manfaat mengkonsumsi teh osmanthus. Yuk, simak!

1. Detoks

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthusinstagram.com/yhtlife

Teh bunga osmanthus membantu tubuh dalam membuang racun yang ada di ginjal dan hati. Sehingga, ketika kita menyeduh dan menyeruputnya secara perlahan, tubuh akan mengalami perubahan menjadi lebih segar dan berenergi.

2. Membantu mengurangi stres

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthusinstagram.com/vintagedanmtl

Teh Osmanthus memiliki efek sedatif ringan sehingga membantu menenangkan pikiran, serta meningkatkan fungsi otak. Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Element-Based Complementary and Alternative Medicine.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisi

3. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthusinstagram.com/rachel2850

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods, osmanthus memiliki jumlah asam fenolik yang baik. Asam fenolik bertindak sebagai sumber antioksidan alami.

Kandungan tersebut mampu memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan katarak atau kerusakan sel. Yang perlu kamu ingat! Radikal bebas juga menyebabkan peradangan kronis dan penyakit kardiovaskular, lho! Jadi tidak ada salahnya mengonsumsi teh osmanthus untuk meminimalisirnya.

4. Menstabilkan nafsu makan yang berlebihan

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthusinstagram.com/thecoffeemoment

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada jurnal Scientific Reports menyebutkan jika, aroma osmanthus menurunkan aktivitas bahan kimia otak yang merangsang nafsu makan, seperti neuropeptide Y.

Dasar penelitian tersebut meyakinkan jika osmanthus dapat membantu menstabilkan nafsu makan yang berlebihan. Cocok banget nih dinikmati oleh kalian yang sedang diet.

5. Membantu melindungi sel-sel yang memproduksi insulin

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthusinstagram.com/real__lululu

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam Journal of Natural Medicines, bunga osmanthus memiliki vitamin B3 dalam bentuk niacinamide. Vitamin ini dapat membantu tubuh kita dalam mengubah karbohidrat menjadi energi.

Disambung oleh pernyataan dari para peneliti yang dilakukan di Pusat Medis Universitas Maryland menyebutkan jika, niacinamide dapat membantu melindungi sel-sel yang memproduksi insulin.

Karena itulah, teh osmanthus baik dikonsumsi pula oleh kalian yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

6. Baik untuk kesehatan kulit

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthusinstagram.com/lilyveta

Teh osmanthus baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi teh ini secara teratur dapat membantu melembapkan kulit yang bikin kulit tubuhmu makin sehat.

Jadi, jangan heran jika osmanthus tidak hanya diolah dalam bentuk teh saja. Di berbagai negara kawasan Asia Timur, khususnya Cina. Osmanthus diolah sebagai produk kecantikan seperti skin care hingga parfum.

7. Kaya akan nutrisi penting yang baik bagi tubuh

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthusinstagram.com/wynn.palace

Akhir-akhir ini kamu merasakan lelah yang begitu menyiksa sehingga mudah mengantuk, menyeruput teh osmanthus adalah pilihan terbaik terlebih teh ini tidak mengandung kafein.

Kobalt, selenium, mangan, dan molibdenum, ialah beberapa kandungan nutrisi pada osmanthus yang membantumu mengusir rasa lelah dan mengantuk.

8. Mengobati rematik

Terkenal di Asia Timur, Ini 8 Manfaat Mengonsumsi Teh Osmanthusinstagram.com/lovekindeat

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods, osmanthus membantu mengobati rematik. Tidak hanya rematik, osmanthus juga mencegah tubuh kita mengalami agregasi platelet.

Bagaimana? Apakah delapan manfaat teh osmanthus tadi sudah membuatmu berubah haluan untuk segera menikmatinya? Jika iya, kamu dapat membeli teh osmanthus melalui toko online yang ada di Indonesia. Selamat mencoba dan buktikan manfaatnya!

Baca Juga: 6 Teh Herbal yang Berkhasiat untuk Redakan Muntah

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You