Comscore Tracker

Ingin Panjang Umur? Yuk, Perbanyak Konsumsi Makanan Anti Inflamasi 

Ada kopi, teh, cokelat dan lain-lain

Sebagian besar orang menginginkan hidup sehat dan panjang umur. Itu sebabnya, tiap orang perlu diet. Diet gak sekadar buat menguruskan badan loh ya. Sejauh ini, makan makanan nabati adalah cara terbaik untuk membuat tubuh dan otakmu tetap sehat.

Namun, sebuah studi baru menemukan bahwa ada makanan-makanan tertentu yang ternyata bisa membuat kamu hidup lebih lama. Makanan-makanan tersebut disebut sebagai makanan anti inflamasi. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Diet antiinflamasi menurunkan risiko kematian lebih awal

Ingin Panjang Umur? Yuk, Perbanyak Konsumsi Makanan Anti Inflamasi unsplash.com/Nick Karvounis

Dilansir dari Journal of Internal Medicine, diet antiinflamasi menurunkan risiko kematian lebih awal. Para peneliti mengumpulkan data dari 68.000 pria dan wanita Swedia berusia 45 hingga 83 tahun. Mereka menemukan bahwa konsumsi makanan anti inflamasi mengurangi risiko meninggal lebih awal sebanyak 18 persen. 

2. Makanan anti inflamasi tersebut, antara lain teh, kopi, buah, sayuran, roti gandum, sereal, keju rendah lemak, minyak zaitun, minyak canola, kacang-kacangan dan cokelat

Ingin Panjang Umur? Yuk, Perbanyak Konsumsi Makanan Anti Inflamasi pexels.com/Chevanon Photography

Ternyata, makanan-makanan nabati tersebut yang bisa mencegahmu untuk meninggal lebih awal. Makanan- makanan tersebut pun mudah untuk ditemukan di sekitar. Tentu saja, makanan tersebut juga perlu diiringi dengan diet ketat dan dengan menjauhi konsumsi makanan-makanan cepat saji yang kurang sehat. 

Baca Juga: Gak Ribet, Ini 7 Tips Dasar untuk Tetap Sehat di Kala Musim Hujan

3. Diet anti inflamasi memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular dan kanker

Ingin Panjang Umur? Yuk, Perbanyak Konsumsi Makanan Anti Inflamasi uhhospitals.org

Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko terjangkit penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular berkurang sebanyak 20 persen. Sementara, meninggal akibat kanker lebih rendah sebanyak 13 persen. 

4. Perokok yang mengikuti diet anti inflamasi juga bisa mendapatkan manfaat lebih besar ketimbang perokok yang gak melakukannya

Ingin Panjang Umur? Yuk, Perbanyak Konsumsi Makanan Anti Inflamasi pexels.com/nappy

Untuk seseorang yang masih aktif merokok, gak ada salahnya mengikuti diet ini karena akan mendapatkan manfaat yang besar. Tentunya ini jauh lebih bermanfaat ketimbang perokok yang gak melakukannya sama sekali. 

5. Diet ini pun juga memberikan manfaat kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik

Ingin Panjang Umur? Yuk, Perbanyak Konsumsi Makanan Anti Inflamasi unsplash.com/@wildlittlethingsphoto

Menurut Joanna Kaluza, diet anti inflamasi yang dijalani dengan teratur akan memberikan manfaat kesehatan. Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa makan tiga batang cokelat hitam dalam sebulan bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Begitu pula dengan konsumsi kopi yang dihubungkan dengan kesehatan yang lebih baik dan umur panjang.

Kamu sendiri apakah tertarik dengan diet ini? Namun, kamu pun perlu mengiringinya dengan olahraga yang teratur dan istirahat yang cukup ya. Selain itu, hindari juga kebiasaan buruk, seperti makan makanan yang tinggi gula dan kolesterol.

Baca Juga: 10 Manfaat Kesehatan Luar Biasa Air Kelapa Muda yang Perlu Kamu Tahu

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya