TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Virus Corona Merebak Cepat, Ini Tindakan WHO untuk Segera Mengatasinya

Komite penanganan sudah dibentuk

news.sky.com

Wabah virus corona (coronavirus) sedang ramai dibicarakan. Penyakit ini tiba-tiba menyerang Tiongkok dan mengerikannya, baru saja ini dilaporkan telah masuk ke Indonesia.

Pemerintah pun bergerak cepat untuk menangani hal ini. Namun lebih dari itu, World Health Organization (WHO) telah melakukan penanggulangan lebih lanjut.

Baca Juga: Waspada! Corona Virus Penyebab Pneumonia Berat Ditularkan Lewat Ikan

1. Virus corona sudah membunuh 17 orang

nytimes.com

Dilansir dari New York Times, virus corona ini baru muncul pada akhir Desember 2019 di area Tiongkok. Laporan dari artikel New York Times menyebutkan setidaknya ada 17 korban yang meninggal akibat penyakit ini dan lebih dari 570 orang terpapar. Semuanya tersebar dari Taiwan, Jepang, Thailand, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

2. WHO bergerak cepat untuk menanggulangi wabah yang merebak ini

wired.com

Diperkirakan virus ini masih dapat menyebar terus menerus dan oleh karena itu WHO pun bergerak. Mereka pun memberikan pernyataan yang berisi sebagai berikut:

"Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang bekerja dengan para aparat di Thailand dan Tiongkok untuk menyusul laporan konfirmasi virus corona yang menular pada seseorang di Thailand.

Orang itu adalah seorang musafir dari Wuhan, Tiongkok, dan telah diidentifikasi oleh para aparat Thailand pada 8 Januari. Dia dirawat di rumah sakit pada hari itu juga. Menurut laporan aparat Thailand, orang tersebut pulih dari penyakit.

Kemungkinan terjadinya kasus yang sama di negara lain tidak terduga. Oleh karena itu WHO pun menyerukan pemantauan aktif dan kesiapsiagaan di negara-negara lain. WHO telah mengeluarkan panduan tentang cara mendeteksi dan mengobati orang yang sakit terhadap virus baru tersebut.

Pengurutan genetik yang telah dibagikan oleh Tiongkok memungkinkan lebih banyak negara untuk mendiagnosis pasien dengan cepat.

WHO menegaskan kembali bahwa sangat penting investigasi terus dilakukan di Tiongkok untuk mengidentifikasi sumber wabah ini dan juga di penangkaran hewan atau inang perantara.

Melihat perkembangannya, Direktur Jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus akan berkonsultasi dengan anggota Komite Darurat dan akan meminta pertemuan komite dalam waktu singkat."

Baca Juga: Kenali Coronavirus, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya