Comscore Tracker

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkan

Masyarakat internasional pun diharapkan waspada

Sejak awal tahun ini, masyarakat Tiongkok digemparkan dengan wabah pneumonia yang misterius. Hingga saat ini, terdapat 139 kasus baru yang dikonfirmasi di laboratorium. Kematian yang diakibatkannya pun telah mencapai tiga orang. 

Otoritas Tiongkok dan World Health Organization (WHO) mengonfirmasi bahwa penyebab dari wabah ini adalah salah satu jenis coronavirus. Namun seberapa bahaya coronavirus ini? Apakah kita harus ikut waspada karenanya? Simak penjelasan berikut ini!

1. Apa itu virus corona atau coronavirus?

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkancnn.com

Nama coronavirus diambil dari bentuknya yang menyerupai mahkota (corona) ketika dilihat di bawah mikroskop. Pada umumnya, virus ini tidak berbahaya, mereka hanya menyebabkan sakit pernapasan sedang seperti flu biasa.

Namun beberapa jenis coronavirus memang bisa membawa bibit penyakit yang berbahaya dan mematikan. Salah satunya adalah yang sedang menyebar di Tiongkok saat ini. 

2. Coronavirus pernah menyebabkan SARS dan MERS sebelumnya

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkanirinfo.org

Severe Acute Respiratory Syndrome atau SARS adalah penyakit pernapasan yang sangat menular. Ia pun menjadi wabah yang menjangkit 8.000 orang dengan kasus kematian sebanyak 800 di Tiongkok pada 2002. 

Sedangkan Middle East Respiratory Syndrome atau MERS merupakan wabah serupa di wilayah Timur Tengah yang terjadi pada tahun 2012. Kedua penyakit tersebut juga disebabkan oleh coronavirus, tetapi dari jenis yang berbeda jika dibandingkan dengan wabah pneumonia saat ini. 

3. Coronavirus menimbulkan gejala ringan hingga berat

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkanaljazeera.com

Dilansir dari MedicineNet, coronavirus dapat menyebabkan gejala dari ringan hingga berat. Mulai dari demam biasa hingga sakit pernapasan yang akut. Terbukti bahwa selama ini pasien yang terjangkit mengeluhkan bahwa mereka merasakan demam yang berkelanjutan, batuk, sakit kepala, dan kesulitan untuk bernapas. 

4. Infeksi coronavirus tahun ini berhubungan dengan pasar ikan lokal

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkanline-scdn.net

Menurut laporan dari Xiunhuanet, warga yang jatuh sakit pada rentang 12 hingga 29 Desember 2019 adalah penjual di pasar ikan lokal Wuhan, Tiongkok. Melihat hal ini, pemerintah setempat pun menutup dan membersihkan pasar tersebut karena diperkirakan dari situlah coronavirus berasal.

“Apa yang terjadi berasal dari pasar ikan lokal di Tiongkok, dan pada tahap ini, muncul perkiraan bahwa transmisi (virus) datang dari hewan ke manusia,” ujar Nikhil Bhayani, dokter penyakit menular kepada Healthline.

Baca Juga: Fakta Unik Virus Pneumonia Misterius yang Menyerang Wuhan, Bahaya kah?

5. Infeksi diperkirakan tidak menyebar dari manusia ke manusia

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkanstraitstimes.com

Seperti SARS yang disebarkan dari musang, pneumonia yang melanda Tiongkok kali ini juga disebarkan dari hewan. Menurut perkiraan dari pemerintah setempat adalah ikan. Itulah kenapa mereka mengimbau warga dan para turis untuk tidak mengonsumsi ikan dan kuliner laut lainnya, terutama yang berasal dari Wuhan, Tiongkok.

Lalu apakah ada kemungkinan penularan dari manusia ke manusia? Mengutip CNN Health, hingga saat ini belum ada bukti bahwa pneumonia coronavirus bisa menular melalui kontak manusia. Buktinya, tidak ada petugas medis yang terjangkit.

“Jika penyakit ini hanya menyebar dari hewan ke manusia, sekarang pasar telah ditutup dan disterilkan, kemungkinan infeksi lebih lanjut akan menurun,” ujar profesor Leo Poon, ahli virus dari Hong Kong University kepada CNN Health.

6. Apakah virus kali ini lebih berbahaya daripada SARS?

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkanpeoplespharmacy.com

Dilansir dari Insider, hingga saat ini para ahli menduga bahwa coronavirus yang mewabah tahun ini tidak lebih berbahaya daripada SARS. Terlebih lagi, kecil kemungkinan bagi mereka untuk menular dari manusia ke manusia. 

Namun otoritas dan pemerintah masih terus berusaha untuk meneliti virus ini lebih lanjut. Untuk sementara ini, warga harus tetap waspada dan meminimalisasi kontak dengan penderita. 

7. Coronavirus telah menyebar ke Thailand dan Jepang

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkannews1.news

Hingga hari ini, tercatat bahwa ada dua kasus yang teridentifikasi di luar Tiongkok, yaitu di Thailand dan Jepang. Keduanya menderita pneumonia yang sama setelah pulang dari Wuhan, Tiongkok. 

Maka dari itu, negara-negara tetangga seperti Singapura, Thailand, dan Korea Selatan pun waspada dengan kemungkinan penyebaran virus. Semua bandara melakukan screening gejala dan temperatur tubuh setiap orang yang masuk, terutama mereka yang habis bepergian dari Tiongkok. 

8. Apakah Indonesia harus ikut waspada?

Kenali Virus Corona, Penyebab Wabah Pneumonia Tiongkok yang Meresahkanshine.cn

Sementara virus masih diteliti lebih lanjut, semua kemungkinan masih bisa terjadi. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan mengimbau warga Indonesia agar berhati-hati saat mengonsumsi ikan dan bahan makanan lain yang diimpor dari Tiongkok. Terlebih lagi, belum ada obat spesifik yang bisa menyembuhkan pasien pneumonia karena coronavirus ini. 

Itulah tadi beberapa fakta soal coronavirus. Semoga virus ini tidak sampai terbawa mewabah di Indonesia juga ya.

Baca Juga: 10 Cara Alami Meredakan Gejala Pneumonia dengan Mudah dan Ampuh

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya