TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Virus Corona Bisa Hidup di 5 Barang Ini, Jaga Kebersihannya Yuk!

Jaga kebersihan untuk jaga kesehatan

Shutterstock/MakiStock

Rumah adalah tempat yang paling aman, setuju? Tapi tanpa disadari, virus dan bakteri ternyata masih bisa menempel di permukaan benda yang sering kita sentuh, dan bisa membahayakan kesehatan keluarga. Nah, karena IDN Times nggak mau kamu kenapa-kenapa, yuk waspadai lima barang paling ‘kotor’ di rumah berikut ini!

1. Gagang pintu

Shutterstock/Indypendez

Gagang pintu menjadi barang paling kotor karena senantiasa terkena sentuhan orang-orang. Mungkin kita yang baru saja bepergian dan belum sempat cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, lalu menyentuh gagang pintu tanpa menyadari bahwa virus corona sudah menempel di tangan kita. Bukannya mau menakut-nakuti, tapi memang para ahli sudah menyatakan bahwa virus ini cukup bandel.

2. Remote TV

Shutterstock/guteksk7

Remote TV menjadi salah satu benda yang paling sering dipegang dan berpindah tangan. Sehingga, wajar jika ada virus atau bakteri yang berpindah dari satu tangan ke tangan lainnya. Apalagi, remote tv seringkali terbuat dari plastik, di mana virus corona mampu hidup selama beberapa jam. Jadi, solusinya adalah rajin mencuci tangan dan membersihkan remote TV kamu secara rutin ya!

3. Sofa

Shutterstock/fizkes

Masa-masa physical distancing ini tiba-tiba sofa jadi teman akrab. Kalau lagi nggak ada kerjaan, sofa dan TV jadi duet maut untuk mengurangi rasa bosan. Tapi, karena sering kita gunakan, paparan virus dan bakteri pun jadi ancaman utama. Apalagi jika kita bersin dan batuk tanpa menutup mulut, droplets-nya bisa ke mana-mana lho!

4. Pagar rumah

Shutterstock/Koldunova Anna

Pintu pagar luar yang seringkali terbuat dari besi, baja, kayu, atau aluminium menjadi tempat yang cukup ‘nyaman’ bagi virus corona. Pada bahan besi atau baja, virus corona mampu bertahan hidup selama dua sampai tiga hari, sedangkan pada kayu hingga empat hari! Nah, kalau untuk bahan aluminium mampu hidup selama dua sampai delapan jam. Makanya wajar kalau ada penyemprotan disinfektan untuk pagar rumah. Kamu sudah 'kan?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya