TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bolehkah Suntik KB saat Haid?

Suntik KB diberikan setiap tiga bulan

Bolehkah Suntik KB saat Haid? (pexels.com/FRANK MERIÑO)

Ada berbagai macam metode kontrasepsi yang bisa dipilih. Salah satu yang cukup populer adalah dengan injeksi atau yang lebih dikenal sebagai KB suntik.

KB suntik adalah suntikan yang diberikan kepada perempuan setiap tiga bulan untuk membantu mencegah kehamilan. Suntikan KB mengandung bentuk hormon progestin yang bekerja lebih lama untuk mencegah kehamilan.

Salah satu pertanyaan yang kerap dilontarkan tentang KB suntik adalah kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan suntikan ini? Juga, apakah boleh suntik KB dilakukan saat haid?

Baca Juga: Kontrasepsi Suntik Depo-Provera: Efektivitas, Pemakaian, Efek Samping

1. Bagaimana cara kerja KB suntik?

ilustrasi perempuan mendapatkan suntik KB (pixabay.com/Katja Fuhlert)

Suntikan KB mengandung hormon progestin yang bekerja dengan mencegah ovulasi atau pelepasan sel telur selama siklus menstruasi bulanan, dikutip dari laman Kid’s Health. Apabila sel telur ini tidak dilepaskan, maka kehamilan tidak dapat terjadi karena tidak ada sel telur untuk dibuahi oleh sperma.

Progestin dalam KB suntik juga mengentalkan lendir di sekitar serviks. Ini menyulitkan sperma memasuki rahim dan mencapai sel telur. Progestin juga menyebabkan lapisan rahim mengalami penipisan yang membuat sel telur menjadi sulit menempel di dinding rahim.

2. Bolehkah suntik KB saat haid?

ilustrasi suntik KB (unsplash.com/National Cancer Institute)

Jawabannya, ya. Suntik KB boleh diberikan saat haid, bahkan memiliki efektivitas yang tinggi. Diterangkan dalam laman NHS Inform, jika suntikan diberikan pada lima hari pertama haid, kamu akan langsung mendapatkan perlindungan dari kehamilan.

Jika kamu mendapatkan suntikan pada hari lain dalam siklus haid, kamu masih belum mendapatkan perlindungan dari kehamilan hingga tujuh hari. Jadi, pada periode tersebut, kamu masih harus menggunakan metode kontrasepsi lain, misalnya dengan kondom.

Alasan lain kenapa suntik KB sebaiknya dilakukan saat haid adalah karena pada waktu tersebut bisa dipastikan bahwa perempuan tersebut tidak sedang hamil.

Baca Juga: Mengenal 5 Jenis Spermisida, Alat Kontrasepsi yang Underrated

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya