TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wajib Waspada! Ini 5 Indikasi Adanya Masalah pada Liver

Tanda-tanda ini sering dianggap sepele dan diabaikan

bestlifeonline.com

Hati adalah salah satu organ yang bekerja paling keras di tubuh. Hati membantu tubuh mencerna makanan, mengubahnya menjadi energi, dan menyimpan energi tersebut untuk digunakan nantinya. Selain itu, hati atau liver juga memainkan peran penting dalam menyaring zat beracun dari darah.

Ketika hati tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena adanya penyakit dalam hati, hal ini dapat memiliki dampak kesehatan yang serius. Sehingga, penting untuk lebih peka terhadap sejumlah perubahan pada tubuh karena ini bisa jadi indikasi adanya disfungsi hati. Melansir dari Best Life dan Lifehack, berikut beberapa tandanya.

1. Kulit menjadi gatal-gatal

bustle.com

Kolangitis bilier primer, yaitu penyakit kronis yang menghancurkan saluran empedu di hati, biasanya tidak memiliki gejala yang sangat mencolok, akan tetapi diawali dengan kulit yang terasa gatal.

Selain itu, kulit mungkin menjadi kering, dan jika hal ini berlangsung secara terus menerus, maka kamu perlu memeriksakan kondisi ini, terutama karena kulit yang gatal juga merupakan indikator sirosis hati.

Baca Juga: Kebanyakan Mengonsumsi Garam Bisa Membahayakan 7 Organ Tubuh Ini

2. Mata dan kulit menjadi kuning

healthline.com

Melihat mata dan kuning menjadi kuning pastinya akan sangat mengkhawatirkan, sebab kondisi yang disebut penyakit kuning ini memang merupakan indikasi adanya masalah dalam tubuh, khususnya liver.

Penyakit kuning ini disebabkan oleh tingginya tingkat bilirubin dalam tubuh, yang merupakan pigmen kekuningan yang disekresikan oleh hati. Perubahan warna mata dan kulit ini bisa terjadi karena berbagai masalah pada hati, dari sirosis hingga hepatitis B.

3. Perut menjadi buncit

nova100.com.au

Perut yang membuncit atau kembung biasanya disebabkan karena terlalu banyak makan atau minum yang kemudian menyebabkan penumpukan cairan di perut, yang dikenal sebagai asites.

Akan tetapi, jika perut menjadi buncit tanpa alasan yang jelas, ini bisa jadi salah satu tanda peringatan adanya kerusakan hati, oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter.

4. Kerap merasa bingung

fool.co.uk

Salah satu fungsi hati yang paling penting adalah mengeluarkan racun dari darah. Misalnya, ketika kita minum obat, hati akan menyaringnya agar tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh. Selain itu, ketika kita makan protein, hal ini akan menyebabkan terbentuknya senyawa amonia, yang dianggap tidak berbahaya oleh hati.

Akan tetapi, ketika hati tidak berfungsi dengan baik, hal ini akan menyebabkan penumpukan racun yang salah satu dampaknya adalah memicu masalah di otak. Kondisi ini juga dikenal sebagai ensefalopati hepatik. Dampaknya, penderita akan merasa bingung dan disorientasi.

Baca Juga: 6 Hal yang Terjadi pada Tubuh Dalam 24 Jam Setelah Melahirkan

Verified Writer

Eka Ami

https://mycollection.shop/allaboutshopee0101

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya