TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Beginilah Orang dengan Charles Bonnet Syndrome Melihat Dunia

Suatu halusinasi tapi bukan gangguan jiwa

ilustrasi orang mengalami halusinasi (pexels.com/cottonbro)

Halusinasi tidak hanya terjadi pada orang dengan kondisi gangguan jiwa tertentu. Ada penyakit yang bernama sindrom Charles Bonnet atau Charles Bonnet syndrome (CBS) yang menyebabkan seseorang mengalami halusinasi visual. Pernah dengar penyakit ini?

Menurut keterangan dari National Health Service (NHS), CBS adalah kondisi ketika seseorang yang kehilangan sebagian atau seluruh penglihatannya mengalami halusinasi visual. Yang dialami pasien CBS hanya halusinasi visual, tidak melibatkan halusinasi sistem pancaindra lain seperti pendengaran atau perabaan. Halusinasi yang dialami tidak berhubungan dengan gangguan jiwa.

Untuk memahaminya lebih lanjut, simak ulasan seputar Charles Bonnet syndrome di bawah ini.

1. Apa penyebab Charles Bonnet syndrome?

ilustrasi anatomi retina (allaboutvision.com)

Berdasarkan keterangan dari American Academy of Ophthalmology (AAO), sinar yang masuk ke mata orang dengan penglihatan normal akan diterima oleh retina. Retina adalah jaringan sensitif cahaya yang terletak di bagian belakang bola mata. Retina kemudian mengubah sinar yang diterima menjadi suatu pesan visual. Pesan visual tersebut akan dikirimkan ke otak, sehingga kita bisa melihat.

Pada orang dengan penyakit mata yang menyebabkan penurunan penglihatan, tidak ada sinyal visual yang diterima otak. Ini menyebabkan otak mengisi kekosongan data visual tersebut dengan membuat gambaran tertentu, sehingga muncul suatu halusinasi visual.

Beberapa penyakit yang menyebabkan penurunan penglihatan dan menyebabkan CBS antara lain glaukoma, retinopati diabetik, dan degenerasi makula akibat penuaan.

Sebuah laporan dalam jurnal Canadian Medical Association Journal tahun 2009 menemukan bahwa antara 10-38 persen orang dengan gangguan penglihatan mendadak memiliki CBS di beberapa titik. Namun, persentase tersebut mungkin lebih tinggi karena banyak orang yang ragu untuk melaporkan halusinasi mereka karena khawatir akan salah didiagnosis dengan penyakit mental.

Baca Juga: Sering Berhalusinasi? Hati-hati, 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya lho!

2. Halusinasi visual yang dilihat orang dengan Charles Bonnet syndrome bisa bermacam-macam

ilustrasi halusinasi visual pada orang dengan CBS (macularsociety.org)

Gejala utama orang dengan CBS adalah halusinasi visual. Kebanyakan orang mengalami halusinasi ketika bangun tidur. Yang dilihat oleh orang dengan CBS bisa bermacam-macam, antara lain sebagai berikut:

  • Pola tertentu yang berulang, seperti garis-garis, titik-titik, atau, bentuk-bentuk geometris
  • Pemandangan, seperti gunung dan air terjun
  • Orang, hewan, dan serangga
  • Orang-orang yang menggunakan kostum kuno
  • Makhluk khayalan, seperti naga

Halusinasi dapat berupa objek yang bergerak atau diam. Halusinasi terjadi selama beberapa detik, menit, atau jam.

Orang dengan CBS bisa mengalami kesulitan dalam menghadapi lingkungan sekitar. Ini karena orang tersebut bisa saja melihat jalan dan tembok di depannya terdistorsi, sehingga membuatnya tidak tahu di mana ia berada dan apakah ia dapat berjalan lurus ke depan.

3. Charles Bonnet syndrome dapat didiagnosis tanpa pemeriksaan khusus

ilustrasi pemeriksaan mata (pexels.com/Ksenia Chernaya)

Menurut AAO, untuk mengetahui bahwa seseorang menderita CBS, dokter hanya perlu menanyakan pertanyaan terkait riwayat penyakit dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada penyebab halusinasi visual yang lain. Beberapa riwayat penyakit dahulu yang perlu digali adalah sebagai berikut:

Jika seseorang mengalami penurunan penglihatan yang disertai halusinasi visual dan tidak mengalami kondisi medis seperti di atas, maka kemungkinan ia mengidap CBS.

4. Orang dengan Charles Bonnet syndrome sadar bahwa dirinya mengalami halusinasi

ilustrasi orang bersedih (pexels.com/Andrew Neel)

Ketika orang dengan gangguan jiwa mengalami halusinasi, dirinya akan menanggapi halusinasi tersebut. Ini karena mereka tidak menyadari bahwa mereka mengalami halusinasi visual, sehingga mereka yakin bahwa apa yang mereka lihat itu memang benar-benar ada.

Berbeda dengan orang yang mengalami halusinasi oleh karena gangguan psikiatri, orang dengan CBS tahu benar bahwa dirinya mengalami halusinasi. Dirinya sadar bahwa apa yang dilihatnya itu tidak nyata.

Baca Juga: 7 Halusinasi Ini Menandakan Ada Hal yang Tidak Beres dengan Tubuhmu

Verified Writer

Gilberta Rebecca

Health enthusiast ❤️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya