TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Fakta Tramadol dan Riklona, Narkoba yang Diduga Dipakai Lucinta Luna 

Ini adalah obat penenang

IDN Times/Jihaan Risviani Tabriiz

Lucinta Luna resmi dinyatakan positif menggunakan narkoba pada Selasa (11/2) di Apartemen Thamrin City. Polisi menyatakan bahwa urine artis tersebut mengandung benzodiazepine, jenis zat psikotropika. 

Saat melakukan penggeledahan, polisi menemukan tiga butir pil yang diduga ekstasi di dalam tong sampah apartemen tersebut. Diduga, jenis narkoba yang dipakai oleh Lucinta adalah tramadol dan riklona.

Lantas obat apakah itu? Apa pengaruhnya pada tubuh? Simak berikut ini!

Baca Juga: Ini 7 Obat Herbal yang Khasiatnya Terbukti secara Ilmiah, Pernah Coba?

1. Tramadol sebenarnya obar pereda rasa sakit

azpulse.org

Dilansir dari Drugs.com, tramadol adalah sejenis narkotika yang sebenarnya berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Pada umumnya, obat ini digunakan untuk meredakan nyeri sedang hingga parah pada orang dewasa. 

Namun, tramadol sering disalahgunakan sebagai obat penenang. Ini terjadi karena obat tersebut mampu merilekskan tubuh sehingga rasa sakit pun berkurang.

2. Sedangkan riklona adalah obat penenang

doktersehat.com

Riklona atau yang dikenal sebagai riklona clonazepam adalah obat penenang. Riklona merupakan turunan dari benzodiazepine, yaitu obat untuk mengobati kecemasan pada orang dewasa. 

Walaupun biasa diberikan kepada pasien pengidap depresi, obat ini bisa menyebabkan kecanduan. Terutama jika konsumsinya tidak sesuai dengan dosis dan tanpa sepengetahuan dokter. 

Baca Juga: 16 Fakta Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya