TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jenis Masker yang Aman Dipakai untuk Polusi Udara, Apa Saja?

Lindungi kesehatan pernapasan!

ilustrasi menggunakan masker (pexels.com/EVG Kowalievska)

Setelah wajib mengenakan masker saat pandemi covid-19, kini kita dianjurkan pakai masker lagi. Namun, bukan untuk mencegah pandemi terulang, melainkan demi menghindari risiko gangguan pernapasan akibat kualitas udara yang memburuk.

Memilih maskernya pun tidak boleh sembarangan, lho. Ada jenis masker yang aman dipakai untuk polusi udara. Ini penting diketahui karena beberapa masker mungkin tidak cukup efektif mencegah partikel kecil masuk ke pernapasan. Begini penjelasannya.

Baca Juga: Apakah ISPA Menular? Ini Hal yang Perlu Diwaspadai

Bagaimana masker melindungi kita dari polusi udara?

ilustrasi seorang pria memakai masker (Unsplash/Anastasiia Chepinska)

Masker untuk mencegah efek buruk polusi pada pernapasan biasanya dikenakan di wajah. Alat ini bekerja dengan menyaring polutan saat kita bernapas. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis masker yang tepat guna menyaring polutan.

Masing-masing masker memiliki ketebalan dan pori-pori yang berbeda. Semakin kecil ukuran filternya, makin baik pula dalam menyaring partikel yang ada di udara. 

Di luar itu, saat memilihnya, pertimbangkan juga ventilasi dan tingkat kerapatan masker ketika dikenakan. Masker yang baik bukan hanya melindungi kita dari partikel polusi, tetapi juga memungkinkan kita bernapas dengan leluasa, tetapi tetap bisa menyaring udaranya,  melansir AirCare.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya