Comscore Tracker

Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan itu

Walaupun sudah masuk pancaroba, penderitanya masih banyak

Demam adalah salah satu penyakit paling umum yang kita rasakan. Sering kali karena begitu umumnya, kita tak mau ke dokter untuk mengecek penyakit tersebut. Padahal demam di tubuh bisa jadi pertanda penyakit yang cukup parah. Salah satunya adalah infeksi saluran pernapasan (ISPA). Penyakit seperti apakah itu? Beginilah penjelasannya.

1. ISPA adalah penyakit yang menyerang saluran pernapasan

Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan itumedium.com

Sesuai dengan namanya, ISPA menyerang pernapasan sang penderita. Hal itu bisa meliputi pernapasan atas yang merupakan bagian dari hidung, sinus, faring serta laring; serta pernapasan bawah yang meliputi paru-paru. ISPA sering kali terjadi karena serangan virus atau bakteri, namun bukan tidak mungkin karena ada faktor lain.

2. ISPA cukup umum diderita oleh orang-orang

Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan itundnr.com

Kebanyakan dokter atau rumah sakit mendapatkan keluhan mendapatkan ISPA. Banyak-banyaknya pasien penderita ISPA adalah anak kecil. Alasannya gampang. Itu karena sistem imun anak-anak belum begitu terbentuk ketimbang orang dewasa. Jika menderita penyakit ini, sang pasien akan susah untuk beraktivitas hingga mereka tidak dapat bersekolah ataupun bekerja.

3. Frekuensi penyakit ini meningkat ketika memasuki musim hujan

Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan ituethicare.in

Pasien ISPA banyak melaporkan penyakitnya ketika berada di bulan September hingga Maret. Itu adalah waktu datangnya musim penghujan di Indonesia yang mana banyak-banyaknya orang menderita flu. Adapun jenis virus yang dapat menimbulkan ISPA adalah Parainfluenza, Thinoviruses, Epstein-Barr Virus (EBV), Respiratory Syncytial Virus (RSV), Streptococcus grup A, Pertussis, serta Diphteria.

Baca Juga: 7 Penyebab Kamu Rentan Kena Flu, Hindari supaya Gak Sering Terserang

4. Penyakit ini tergolong menular

Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan itulifeasahuman.com

Mereka yang sehat dapat menderita ISPA hanya karena menghirup percikan air liur sang penderita yang mengandung virus atau bakteri. Itu bisa terjadi saat batuk atau bersin. Penularan juga bisa terjadi lewat kontak tidak langsung, seperti menyentuh benda-benda yang terpapar virus tersebut.

5. Gejala ISPA tidaklah berbeda jauh dengan penyakit ringan yang biasa kita alami

Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan itukidspot.com.au

Batuk, hidung tersumbat, pilek, bersin-bersin, nyeri otot, sakit tenggorokan, sakit kepala, serta demam, semuanya itu adalah gejala umum yang biasa kamu alami ketika menderita penyakit seperti flu. Perbedaannya, gejala tersebut dapat berlangsung dalam jangka waktu lama hingga dua minggu. Untuk balita, gejala yang paling mudah diketahui adalah rewel, sulit makan dan juga tidur.

6. Namun secara fisik ada tanda-tanda yang dapat diketahui di tubuh

Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan ituhealthline.com

Dokter pada umumnya mendiagnosis penyakit ini lewat gejala-gejala yang ditunjukkan oleh sang pasien. Namun terdapat pula tanda lebih yang ditunjukkan di tubuh. Beberapa di antaranya adalah tenggorokan yang merah, hidung merah dan bengkak, amandel membengkak, nyeri di daerah pipi, bahkan mungkin juga adanya benjolan aneh di leher.

Dalam kasus yang lebih parah, penderita bisa mendapatkan gangguan penglihatan, keluar ingus dalam jumlah banyak dan semua itu dialami selama empat minggu. Kondisi macam ini memerlukan penanganan lebih lanjut lewat pemeriksaan CT Scan.

7. Untuk mengatasi penyakit ini, sang penderita harus selalu dalam kondisi hangat dan konsisten minum obat

Infeksi Saluran Pernapasan: Ini 7 Penjelasan Penyakit Musim Hujan ituelitereaders.com

Karena infeksi ini lebih banyak dipengaruhi oleh virus, maka cara untuk sembuh dari penyakit ini adalah dengan membunuh virus tersebut. Paling tidak untuk meredakannya, sang penderita bisa mencoba mandi, mengompres dan minum air hangat, menghindari udara dingin dan beristirahat. Akan ada penanganan khusus jika sang penderita memiliki sejarah penyakit yang lain seperti, pernah menderita penyakit paru yang lain, penyakit jantung, hingga memiliki kekebalan tubuh yang lemah.

Kalau kamu terkena penyakit ringan, tetapi tidak sembuh-sembuh dalam waktu lama, segeralah periksakan ke dokter. Bisa jadi itu penyakit yang dapat berujung ke situasi kronis. 

Baca Juga: Gak Cuma Demam, 4 Hal Ini Bisa Bikin Tubuh Menggigil, Lho!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You