TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Seberapa Sering Seharusnya Kita Keramas? Ini Kata Para Ahli 

Keramas setiap hari?

slikhaarshop.com

Rambut sebagai bagian dari tubuh harus dijaga kebersihannya. Salah satu cara yang umum dilakukan dengan mencucinya menggunakan sampo. Namun, tak sedikit yang bingung harus berapa kali keramas dalam seminggu.

Dilansir laman Prevention dan WebMD, para ahli kulit menjelaskan tentang seberapa sering harusnya mencuci rambut.

1. Apalah berbahaya mencuci rambut setiap hari? 

naturallycurly.com

Ternyata, tidak masalah untuk mencuci rambut setiap hari, apalagi jika kulit kepala berminyak. Dermatologist asal Amerika, Dr. Zeichner, mengatakan, “Jika kamu memiliki rambut berminyak, sangat aman dan tepat untuk mencuci rambut setiap hari.” Berbeda jika punya rambut kering atau kulit sensitif, sebaiknya kamu tidak mencucinya setiap hari.

Baca Juga: 5 Sampo dengan Bahan Alami, Cocok untuk Semua Jenis Rambut

2. Tergantung tipe rambut dan produksi minyak 

getthegloss.com

Mencuci rambut menggunakan sampo merupakan hal yang penting karena folikel rambut dikelilingi sel kulit dan kelenjar minyak. Ini bisa memproduksi sebum yang secara alami membuat rambut sehat dan lembut. Namun, ini juga dapat membuat rambut menjadi berminyak. Itu sebabnya kamu bisa mencuci rambut yaitu untuk menghilangkan minyak.

Tipe rambut dan produksi minyak pada kulit kepala setiap orang bisa berbeda-beda sehingga kebutuhan untuk mencuci rambut juga tidak sama. Ada yang perlu keramas tiap hari dan ada juga yang tidak.

3. Saran untuk beberapa tipe rambut 

flourishbeautylab.com

Secara umum, berikut panduan dari para ahli untuk mencuci rambut berdasarkan tipe rambut.
a. Rambut berminyak: keramas setiap hari.
b. Rambut kering dan kasar: keramas sekali dalam seminggu. Rambut yang kering dan kasar tidak memerlukan sampo sesering rambut yang berminyak.
c. Rambut tipis: setiap hari. Rambut yang tipis biasanya mudah tampak berminyak daripada rambut lebat. 

4. Menggunakan sampo yang cocok 

clevelandclinic.org

Sampo saat ini sudah dirancang untuk berbagai tipe rambut atau kulit kepala. Ada baiknya menggunakan jenis sampo yang memang didesain khusus untuk jenis rambut yang dimiliki. Kenali tipe rambut diri sendiri sebelum menggunakan sampo. 

Baca Juga: Bukan Sampo, 7 Bahan Natural Ini Bisa Buat Rambutmu Sehat dan Kuat

Verified Writer

Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya