Comscore Tracker

7 Efek Negatif Rokok pada Sistem Pencernaan, Ngeri!

Bisa menyebabkan kanker usus besar

Tidak diragukan lagi, rokok dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang mengancam jiwa, seperti kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit jantung di antara penyakit lainnya.

Menghirup asap rokok memiliki efek pada semua bagian tubuh, termasuk sistem pencernaan. Ini kemudian dapat memberikan dampak serius pada kesehatan karena sistem pencernaan bertanggung jawab dalam memproses makanan menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk hidup.

Lantas, apa saja efek negatif rokok pada sistem pencernaan? Kita akan membahas semuanya di sini.

1. Heartburn

7 Efek Negatif Rokok pada Sistem Pencernaan, Ngeri!ilustrasi heartburn (pixabay.com/naturalherbsclinic)

Heartburn terjadi saat asam dari lambung naik ke kerongkongan. Biasanya, katup otot di ujung bawah kerongkongan, yaitu sfingter esofagus bagian bawah atau lower esophageal sphincter (LES), menjaga larutan asam di lambung. Namun, dilansir Gastrointestinal Society, merokok menurunkan kekuatan LES sehingga memungkinkan asam lambung mengalami refluks atau mengalir ke kerongkongan.

Merokok juga meningkatkan pergerakan garam empedu dari usus ke lambung, yang membuat asam lambung menjadi lebih berbahaya. Akibatnya, merokok dapat langsung melukai kerongkongan, membuatnya kurang mampu menahan kerusakan lebih lanjut dari cairan refluks.

2. Penyakit Crohn

7 Efek Negatif Rokok pada Sistem Pencernaan, Ngeri!ilustrasi penyakit Crohn (creakyjoints.org)

Orang yang merokok atau pernah merokok di masa lalu memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit Crohn daripada orang yang tidak merokok. Sementara itu, orang dengan penyakit Crohn yang merokok memiliki peningkatan frekuensi kekambuhan, operasi berulang, dan kebutuhan yang lebih besar untuk mendapatkan perawatan yang intens.

Masih belum jelas mengapa rokok memperburuk penyakit Crohn. Namun, diperkirakan bahwa merokok menurunkan aliran darah ke usus atau memicu respons dalam sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian dalam jurnal Alimentary Pharmacology & Therapeutics tahun 2005, bahkan setelah berhenti merokok, mantan perokok masih memiliki risiko terkena penyakit Crohn. Namun, orang dengan penyakit ini masih mendapatkan keuntungan jika berhenti merokok. Berhenti merokok dapat mengurangi keparahan penyakit.

3. Penyakit hati

7 Efek Negatif Rokok pada Sistem Pencernaan, Ngeri!ilustrasi gangguan hati atau lever (pixabay.com/mohamed_hassan)

Hati atau lever merupakan organ pencernaan yang memiliki tugas penting dalam menyaring racun dari tubuh. Racun ini termasuk obat-obatan dan minuman beralkohol.

Asap rokok dapat menghambat fungsi hati. Rokok juga memperburuk penyakit hati yang telah ada yang disebabkan oleh alkoholisme.

Studi dalam World Journal of Gastroenterology tahun 2005 menemukan bahwa orang dengan penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease (IBD) juga memiliki peningkatan risiko terkena penyakit hati tertentu, seperti kolangitis sklerosis primer, hepatitis autoimun, dan sirosis bilier primer. Ini juga menjadi alasan mengapa orang dengan IBD sangat tidak dianjurkan untuk merokok.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Rokok di Kehidupan Seksual, Bisa Turunkan Gairah!

4. Ulkus peptikum

7 Efek Negatif Rokok pada Sistem Pencernaan, Ngeri!ilustrasi ulkus peptikum (freepik.com/jcomp)

Perokok memiliki peluang lebih tinggi terkena tukak atau lubang di lambung. Perokok yang memiliki mag juga membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dan memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami kondisi yang lebih fatal daripada orang yang bukan perokok.

Dijelaskan laman Verywell Health, ini karena merokok menurunkan jumlah natrium bikarbonat yang diproduksi oleh pankreas. Tanpa itu, asam lambung tidak dinetralkan di duodenum. Ini kemudian berkontribusi pada pembentukan tukak di duodenum. Juga, rokok memicu peningkatan jumlah asam lambung yang mengalir ke usus kecil.

5. Kanker usus besar

7 Efek Negatif Rokok pada Sistem Pencernaan, Ngeri!ilustrasi kanker usus besar (pexels.com/cottonbro)

Menurut laman Johns Hopkins Medicine, rokok adalah faktor risiko utama dari kanker usus besar. Kanker usus besar merupakan penyebab utama kedua kematian akibat kanker. 

Kanker usus besar ialah jenis kanker yang dimulai di usus besar, yang merupakan bagian terakhir dari saluran pencernaan. Kanker usus besar biasanya dimulai sebagai polip kecil, yang seiring waktu dapat berkembang menjadi kanker usus besar.

6. Batu empedu

7 Efek Negatif Rokok pada Sistem Pencernaan, Ngeri!ilustrasi batu empedu (clevelandclinic.org)

Kantung empedu ialah organ kecil yang berlokasi di sisi kanan perut di bawah hati. Kantung empedu menampung cairan pencernaan yang disebut empedu yang dilepaskan ke usus kecil. Jika cairan pencernaan ini mengendap dan mengeras di kantung empedu, ini disebut batu empedu.

Menurut laman Gastrointestinal Society, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko pengembangan batu empedu. Risiko ini mungkin lebih tinggi pada perempuan.

7. Pankreatitis

7 Efek Negatif Rokok pada Sistem Pencernaan, Ngeri!ilustrasi pankreatitis (freepik.com/katemangostar)

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas, suatu kelenjar di belakang perut bagian atas yang bertugas menghasilkan enzim yang membantu pencernaan dan mengatur cara tubuh memproses gula. Pankreatitis dapat muncul secara tiba-tiba dan berlangsung selama berhari-hari, dapat pula berkembang selama bertahun-tahun.

Mengutip Mayo Clinic, perokok rata-rata tiga kali lebih mungkin mengembangkan pankreatitis kronis dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Kabar baiknya, berhenti merokok dapat mengurangi risiko mengembangkan pankreatitis sekitar setengahnya.

Berhenti merokok dapat menurunkan risiko terjadinya gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lainnya. Jadi, jika kamu merokok, berhentilah. Apabila kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa mendatangi rumah sakit untuk mendapatkan bantuan medis atau bergabung dengan komunitas untuk mendapatkan saran yang akan membantu kamu.

Baca Juga: 5 Efek Negatif Merokok Terhadap Penampilan

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya