Comscore Tracker

Mengenal ADHD Tipe Inatensi pada Perempuan

Ciri khasnya adalah mudah teralihkan perhatiannya

Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) tipe inatensi merupakan jenis ADHD yang memiliki karakteristik khas berupa kesulitan mempertahankan fokus dan konsentrasi. Kondisi ini dianggap sebagai gangguan perkembangan pada masa kanak-kanak yang dapat bertahan hingga dewasa.

Menurut studi dalam Primary Care Companion for CNS Disorders, ADHD tipe inatensi didiagnosis pada perempuan. Akan tetapi, ciri yang melekat sering kali tumpang tindih dengan tanda-tanda stres atau kecemasan.

Dalam beberapa kasus, karakteristik ADHD tipe inatensi mungkin membingungkan awam. Ini karena perwujudannya cenderung sulit terukur. Misalnya, individu yang bersangkutan mungkin terlihat seperti sedang memperhatikan, tetapi tidak ada yang tahu jika sebenarnya pikirannya berkelana.

1. Sekilas tentang ADHD

Mengenal ADHD Tipe Inatensi pada Perempuanilustrasi perempuan memegang setangkai bunga (pexels.com/Kristina Paukshtite)

ADHD ialah jenis neurodiversity atau kondisi keragaman saraf yang bisa memengaruhi segala usia. Ini menghadirkan banyak tantangan, termasuk peningkatan energi, hiperaktif, kehilangan fokus, serta bertindak impulsif.

Secara umum terdapat tiga kategori ADHD, yang meliputi:

  • Tipe inatensi: Kesulitan mempertahankan perhatian dan konsentrasi.
  • Tipe hiperaktif-impulsif: Kecenderungan berperilaku impulsif dan/atau hiperaktif.
  • Tipe gabungan: Merupakan kombinasi dari ketiga area, yakni mempertahankan perhatian, impulsif, dan hiperaktif.

2. ADHD tipe inatensi pada perempuan

Mengenal ADHD Tipe Inatensi pada Perempuanilustrasi perempuan sedang berkomunikasi (pexels.com/mentatdgt)

Individu dengan ADHD tipe inatensi mungkin memerlukan strategi khusus untuk membantunya mempertahankan fokus. Penting juga dipahami bahwa meskipun ADHD tipe inatensi sering berdampak selama masa kanak-kanak, konsekuensi dari kondisi ini bisa berlanjut hingga dewasa. Ditambah lagi jika orang tersebut tidak mendapatkan perawatan yang tepat.

ADHD tipe inatensi bisa termanifestasi secara berbeda pada perempuan. Tanpa mekanisme koping adaptif yang tepat, perempuan dengan ADHD tipe inatensi mungkin mengalami kesulitan dalam kehidupannya. Ini melibatkan kehidupan pribadi, pendidikan, sampai ke ranah pekerjaan.

Baca Juga: 5 Cara ADHD Memengaruhi Kehidupan Seksual Orang Dewasa

3. Tanda ADHD tipe inatensi pada perempuan

Mengenal ADHD Tipe Inatensi pada Perempuanilustrasi bekerja di kantor (pexels.com/fauxels)

Tanda ADHD tipe inatensi dapat bervariasi pada masing-masing perempuan, misalnya:

  • Mudah terganggu dengan kondisi lingkungan sekitarnya.
  • Tertarik pada banyak hal secara bersamaan.
  • Cenderung lebih kreatif.
  • Sulit mempertahankan perhatiannya pada satu objek.
  • Berpikir cepat namun disorganisasi.
  • Terkadang sangat energi namun mudah lupa.
  • Terdistraksi dengan tugas baru tanpa menyelesaikan tugas sebelumnya.
  • Sering menunda tugas atau pekerjaan.
  • Melihat dunia dengan cara pandang yang unik.
  • Mengalami masalah terkait dengan instruksi.

Pada kasus ADHD tipe inatensi mungkin lebih sulit teridentifikasi pada perempuan. Beberapa tandanya cenderung terinternalisasi dalam masyarakat sehingga dianggap hal yang normal.

4. Apakah ADHD tipe inatensi pada perempuan bisa mendatangkan manfaat?

Mengenal ADHD Tipe Inatensi pada Perempuanilustrasi perempuan berbincang-bincang (pexels.com/fauxels)

Menyelisik ADHD tipe inatensi pada perempuan, tampaknya kondisi ini dapat mendatangkan beberapa manfaat potensial, seperti:

  • Mengasah jiwa petualang: Ketika ADHD dikelola secara efektif, individu yang bersangkutan dapat memanfaatkan sifat hiperaktif secara adaptif untuk mengeksplorasi minat. Ini didukung studi dalam ADHD Attention Deficit and Hyperactivity Disorders tahun 2019.
  • Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif: Individu dengan ADHD secara alami mungkin lebih kreatif. Penelitian dalam Journal of Attention Disorders mengungkap bahwa cara berpikir yang unik bisa menghasilkan solusi inventif dalam mengatasi masalah.
  • Membantu meningkatkan energi: Peningkatan energi pada individu dengan ADHD dapat dimanfaatkan untuk melakukan tugas tertentu dalam hal pekerjaan atau pendidikannya.
  • Alternatif untuk menumbuhkan kesadaran diri: Orang dengan ADHD dengan tipe inatensi mungkin menemukan fakta bahwa dirinya menyesuaikan diri dengan apa yang dirasakannya pada saat tertentu. Ini dapat membantu memenuhi kebutuhan sesuai keinginan masing-masing.

5. Dampak ADHD tipe inatensi pada perempuan

Mengenal ADHD Tipe Inatensi pada Perempuanilustrasi perempuan bercakap-cakap (pexels.com/Mikhail Nilov)

Di samping manfaat potensial yang dapat menjadi nilai positif ADHD tipe inatensi, ada pula tantangan yang menyertainya. Hal ini cenderung melibatkan masalah pendidikan, pekerjaan, dan norma sosial. Di samping itu, perempuan dengan ADHD tipe inatensi juga rentan mengalami masalah kesehatan mental lain, seperti depresi atau kecemasan.

Sejauh ini belum ada pengobatan yang ditetapkan secara pasti untuk mengobati ADHD tipe inatensi. Namun, dengan sejumlah perawatan medis tertentu kondisi ini dapat dikontrol dengan lebih maksimal. Beberapa opsi perawatan mencakup pemberian obat, terapi, dan pelatihan.

ADHD tipe inatensi tampaknya lebih sering dialami perempuan. Ada kalanya tanda yang terlihat sering disalahartikan sebagai kondisi lain. Di satu sisi, pola perilaku ADHD tipe inatensi dianggap biasa di kalangan perempuan. 

Jika saat ini kamu atau orang terdekatmu menunjukkan tanda-tanda akan ADHD tipe inatensi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Masalah perkembangan ini tetap harus mendapatkan penanganan tepat sebelum berdampak signifikan dalam kehidupan sampai dewasa.

Baca Juga: 5 Gejala Penyakit ADHD pada Orang Dewasa yang Harus Kamu Waspadai

Indriyani Photo Verified Writer Indriyani

Full-time learner, part-time writer and reader. (Insta @ani412_)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya