Comscore Tracker

Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatannya

Dialami oleh 4,4 persen populasi dunia

Ambeien atau wasir (hemorrhoids) adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bawah. Biasanya, ambeien dialami oleh orang dewasa berusia 45-65 tahun. Diperkirakan, prevalensi ambeien pada populasi umum di seluruh dunia adalah 4,4 persen.

Mau tahu lebih lanjut seputar ambeien, mulai dari penyebab, gejala, pengobatan, hingga upaya pencegahannya? Geser layarmu ke bawah, yuk!

1. Ada dua jenis ambeien, yakni internal dan eksternal

Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatannyafacebook.com/CheemaMedicalHospital

Melansir laman Harvard Health Publishing, ambeien dibagi menjadi dua, yakni internal (terjadi di rektum bawah) dan eksternal/luar (berkembang di bawah kulit di sekitar anus). Apa perbedaan di antara keduanya?

Ambeien internal biasanya tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi terkadang mengeluarkan darah saat buang air besar. Akan tetapi, ambeien internal bisa berkembang menjadi ambeien prolaps dan menonjol keluar dari anus. Ini bisa menimbulkan rasa sakit, iritasi, dan ketidaknyamanan.

Sementara, ambeien eksternal bisa diketahui dari benjolan di sekitar anus yang bisa diraba dan dilihat. Rasanya tidak nyaman karena kulit di atasnya iritasi dan terkikis. Rasa sakit akan semakin parah jika gumpalan darah terbentuk di dalam ambeien eksternal.

2. Seperti apa gejala ambeien?

Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatannyanourishdoc.com

Gejala bergantung pada jenis ambeien yang dialami. Misalnya, gejala ambeien eksternal adalah gatal, pembengkakan, atau iritasi di sekitar anus, serta timbul nyeri atau ketidaknyamanan, melansir Mayo Clinic.

Sementara, ambeien internal dapat menyebabkan pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar. Mungkin, kamu akan melihat sedikit darah berwarna merah cerah di kloset atau tisu toilet.

Kemudian, bila mengalami ambeien trombosis (darah membentuk gumpalan di ambeien eksternal), akan menyebabkan rasa sakit parah, pembengkakan, peradangan, dan benjolan keras di sekitar anus.

3. Apa penyebab ambeien?

Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatannyahealthwatchlist.com

Ambeien terjadi karena pembuluh darah di sekitar anus berada di bawah tekanan dan mungkin membengkak. Peningkatan tekanan di rektum bawah diakibatkan oleh kebiasaan tertentu atau perubahan pada tubuh.

Misalnya ketika mengejan saat buang air besar, duduk terlalu lama di toilet, mengalami sembelit kronis atau diare, melakukan seks anal, pola makan rendah serat, sering mengangkat benda berat, sedang hamil, atau mengalami peningkatan berat badan.

Seiring bertambahnya usia, risiko ambeien meningkat. Ini karena jaringan yang menopang pembuluh darah di rektum dan anus melemah dan meregang. Ini juga bisa terjadi saat hamil, karena berat bayi memberi tekanan pada daerah anus, seperti diterangkan di laman Mayo Clinic.

4. Bagaimana cara diagnosis wasir?

Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatannyafreepik.com/pressfoto

Ambeien bisa didiagnosis dari riwayat medis dan pemeriksaan fisik. Dokter mungkin melakukan pemeriksaan rektal digital untuk memeriksa darah di tinja. Selain itu, saluran anus diperiksa dengan anoscope, yakni tabung plastik pendek yang dimasukkan ke dalam rektum.

Mengutip dari Harvard Health Publishing, jika ada pendarahan rektal atau darah mikroskopis dalam tinja, maka akan dilakukan sigmoidoskopi fleksibel atau kolonoskopi. Tujuannya untuk mengetahui penyebab perdarahan lain, seperti kanker atau polip kolorektal yang umum pada orang-orang di atas usia 45 tahun.

Baca Juga: 7 Penyakit Serius yang Disebarkan Serangga, Jangan Lengah

5. Komplikasi apa yang mungkin terjadi?

Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatannyapristyncare.com

Walau jarang, tidak menutup kemungkinan ambeien menyebabkan komplikasi. Contohnya, kehilangan darah kronis karena ambeien mengakibatkan anemia, yakni kondisi tubuh yang tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen ke sel.

Ada pula wasir tercekik (strangulated hemorrhoid) yang terjadi akibat suplai darah ke ambeien internal terputus. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit luar biasa.

Di sisi lain, melansir Healthline, ambeien bisa memicu infeksi. Bakteri bisa masuk ke ambeien yang mengeluarkan darah dan menginfeksi jaringan tersebut. Jika tidak diobati, bisa mengarah ke abses, kematian jaringan, hingga demam.

6. Ambeien bisa diobati dengan cara apa?

Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatannyatopdoctors.co.uk

Apabila ambeien hanya menimbulkan ketidaknyamanan ringan, dokter mungkin akan meresepkan krim atau salep yang dijual bebas. Nyeri dan gatal akan reda untuk sementara waktu berkat kandungan witch hazel, hidrokortison, dan lidokain yang ada di dalamnya.

Akan tetapi, tidak disarankan untuk memakai krim steroid lebih dari seminggu (kecuali telah mendapatkan persetujuan dokter) karena bisa menipiskan kulit.

Hanya sedikit pengidap ambeien yang memerlukan pembedahan. Bisa dengan hemoroidektomi, yakni mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan pendarahan. Ini adalah cara yang efektif untuk mengobati ambeien parah atau berulang.

Bisa juga dengan teknik koagulasi yang menggunakan sinar laser atau inframerah. Dengan teknik ini, ambeien internal akan mengeras, lalu mengerut. Koagulasi hanya memiliki sedikit efek samping dan umumnya menyebabkan sedikit ketidaknyamanan.

7. Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah ambeien?

Ambeien: Penyebab, Gejala, Diagnosis, dan Pengobatannyapexels.com/Sam Lion

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Prinsip itu harus kita genggam erat. Agar tidak terkena ambeien, pastikan untuk menjaga tinja agar tetap lembut, sehingga mudah dikeluarkan.

Caranya adalah makan makanan berserat tinggi, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Tak lupa, minum air minimal 2 liter per hari untuk melembutkan tinja dan supaya kita tak perlu mengejan keras saat buang air besar, seperti dijelaskan di laman Mayo Clinic.

Bisa juga menggunakan suplemen serat semisal metamucil, citrucel, atau fibercon. Suplemen ini berguna untuk mengurangi perdarahan, peradangan, dan mencegah pembesaran ambeien. Namun, efek samping yang mungkin dirasakan adalah timbul perut kembung atau gas.

Tak lupa, rajinlah berolahraga untuk mencegah sembelit dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Terakhir, hindari duduk terlalu lama di toilet karena bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus.

Itulah fakta-fakta tentang ambeien atau wasir, mulai dari penyebab, gejala, diagnosis, pengobatan, dan cara mencegahnya. Semoga informasi ini membantu, ya!

Baca Juga: 7 Cara Melancarkan Buang Air Besar, Solusi Mudah Anti Sembelit

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya