Comscore Tracker

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!

Biar gak makin parah nih...

Radang tenggorokan merupakan jenis penyakit yang umum diderita oleh banyak orang seperti demam, batuk dan pilek misalnya. Penyakit yang menyerang batang tenggorokan ini biasanya membuat penderita merasakan nyeri pada tenggorokan saat menelan makanan.

Banyak orang yang menganggap ini penyakit sepele dan akan sembuh dengan sendirinya. Apakah benar demikian? Apakah benar jika radang tenggorokan berpotensi menimbulkan penyakit lain ketika tidak ditangani segera? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Radang tenggorokan atau faringitis bisa mencapai tahap akut

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!bustle.com

Radang tenggorokan dalam bahasa kedokteran biasa disebut dengan faringitis. Faringitis ialah infeksi atau peradangan pada rongga mulut dan saluran pernapasan atas. Penyebab penyakit ini antara lain virus dan bakteri yang menyerang pada saluran pernapasan atas seperti tenggorokan dan hidung.

Penderita radang tenggorokan umumnya terserang virus saat kekebalan tubuh mereka sedang menurun, sehingga virus akan mudah menjangkiti organ tubuh manusia. Hal ini ditandai dengan pembengkakan dinding tenggorokan, berwarna kemerahan dan timbul benjolan merah yang menimbulkan rasa sakit saat menelan makanan.    

Faringitis atau radang tenggorokan bisa mencapai tahap akut dan menyerang dalam waktu yang tidak lama atau kurang dari 2 minggu. Gejalanya yaitu tenggorokan terasa nyeri dan mengganjal terutama saat menelan disertai dengan demam dan batuk.

2. Faringitis disebut mencapai tahap kronis jika sudah lebih dari 2 minggu

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!health.com/

Radang tenggorokan disebut pada tahap kronis jika sudah diderita selama lebih dari 2 minggu. Selain itu, bisa dilihat terdapat bercak-bercak berwarna merah muda dalam tenggorokan dan adanya cairan yang berwarna keruh serta tenggorokan terlihat membengkak. Dalam kondisi ini, penderita juga akan merasakan tenggorokan menjadi begitu gatal dan kering. Faringitis kronis ini bisa ditemukan sebagai kelainan pada faring atau dampak dari infeksi saluran napas atas lainnya.   

Baca Juga: 5 Minuman ini Bisa untuk Atasi Radang Tenggorokanmu

3. Tidak hanya virus dan kuman, faringitis bisa disebabkan faktor-faktor lain

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!conehealth.com

Selain virus dan kuman juga ada beberapa penyebab lain yang dapat memicu timbulnya radang tenggorokan, antara lain:

  • Rhinitis dan sinusitis
  • Radang di daerah mulut, infeksi pada amandel dan caries gigi
  • Terjadinya asam lambung naik ke tenggorokan
  • Mengonsumsi makanan pedas, asam, dingin, berminyak dan beralkohol yang dapat merangsang iritasi tenggorokan
  • Polusi udara
  • Merokok
  • Penggunaan alat bantu napas untuk pengobatan penyakit asma

4. Faringitis juga seringkali terjadi pada anak-anak

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!everymum.ie

Radang tenggorokan seringkali terjadi pada anak-anak. Bila anak menjadi gelisah, rewel, sulit tidur, atau lemah lesu karena gejala radang tenggorokan ini - maka orang tua harus dapat membantu meredakan gejalanya. Tidak harus dengan obat, bisa dengan tindakan yang mudah dan sederhana untuk membantu menenangkan anak.

Ketika kamu sudah mendapati gejala-gejala seperti di atas, jangan sekali-kali menyepelekannya. Pasalnya, radang tenggorokan pada anak bisa jadi akan parah dan berdampak pada munculnya penyakit lain yang lebih parah misalnya demam rematik. Demam ini dapat menyebabkan radang di jantung, sendi, kulit dan paru-paru. Sangat berbahaya bukan jika kamu tidak segera mengatasinya?

5. Cara-cara pencegahan dan pengobatan radang tenggorokan

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Tahu!thenextweb.com

Untuk mencegah ataupun mengobati radang tenggorokan kamu bisa mengikuti cara berikut:

  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin terutama A, C, E, B6, B1, dan asam folat yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Konsumsi menu yang mengandung mineral kalsium, Fe (besi), zinc, kalium, dan magnesium yang berperan dalam pembentukan sel-sel pertahanan tubuh melawan infeksi.
  • Hindari makanan yang merangsang sakit tenggorokan seperti makanan yang berminyak, terlalu pedas, asam, manis, dan berbumbu.
  • Banyak minum air putih.

Dengan cara di atas semoga bisa mencegah dan mengatasi radang tenggorokan yang kamu derita, ya. Namun, jika kamu sudah menderita radang tenggorokan akut disarankan untuk berobat secara intensif ke dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan).

Baca Juga: 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Paling Umum Terjadi, Waspadalah!

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You