TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Air Mani Seperti Jeli Saat Ejakulasi, Haruskah Khawatir?

Teksturnya menjadi lebih padat

ilustrasi jeli (pexels.com/cottonbro studio)

Saat ejakulasi, laki-laki mengeluarkan cairan semen yang juga berisi sperma. Karakteristik cairan ini dapat berbeda dari waktu ke waktu. Ada kalanya cair, terkadang menjadi lebih kental layaknya jeli

Air mani seperti jeli saat ejakulasi ini lebih jarang terjadi. Jika mendapatinya, haruskah khawatir? Simak kemungkinan penyebabnya juga.

Baca Juga: Jumlah Sperma yang Dibutuhkan untuk Hamil, Cukup Satu?

Air mani seperti jeli saat ejakulasi

Semen alias air mani memiliki tekstur yang bisa berubah tergantung kondisi seseorang. Penyebabnya pun beragam, mulai dari konsumsi vitamin (seperti B-12), aturan diet, hingga aktivitas fisik seseorang.

Beberapa kebiasaan pun memengaruhi tekstur air mani, misalnya merokok ganja dan minum alkohol. Keduanya juga dapat menurunkan konsentrasi sperma dan memicu kadar testosteron lebih rendah.

Meski demikian, semen yang sehat umumnya menebal begitu ejakulasi, melansir Medical News Today. Seringnya semen akan sedikit tebal dan hangat, lalu berubah menjadi lebih cair dan dingin setelah terekspos udara. Perubahan ini dapat diamati selama beberapa menit.

Dilansir Healthline, semen sehat umumnya memiliki beberapa karakteristik berikut: 

  • berwarna keputihan, abu-abu, atau sedikit kekuningan dengan sedikit bau alkalin (seperti klorin)
  • kental, tekstur mirip jeli yang berubah menjadi lebih cair setelah 30 menit
  • sedikit memiliki rasa manis.

Meski demikian, pertimbangan sperma sehat dapat berbeda pada tiap individu. Jika kamu menemukan air mani seperti jeli saat ejakulasi dengan karakteristik lain seperti di atas, maka kamu tidak perlu khawatir.

Baca Juga: Apakah Air Mani Kedua Bisa Menyebabkan Hamil? Ini Faktanya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya