TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini lho 7 Penyebab Payudara Tidak Tumbuh meski Sudah Puber, Ladies

Terlalu kecil memang bisa bikin gak percaya diri, tapi...

milkgenomics.org

Saat memasuki masa pubertas, tubuh perempuan akan mengalami beberapa perubahan. Salah satunya adalah payudara yang membesar. Namun, ukuran payudara pada setiap perempuan pada dasarnya tidaklah sama.

Bahkan, ada juga perempuan yang memiliki payudara kecil atau tidak tumbuh. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Hipoplasia payudara

medicalnewstoday.com

Hipoplasia merupakan kondisi di mana jaringan payudara tidak berkembang dengan sempurna. Sehingga membuat payudara tidak dapat tumbuh atau memiliki ukuran yang relatif kecil. Belum diketahui pasti penyebab kondisi ini. Akan tetapi, beberapa penelitian menduga jika hal tersebut terjadi karena kelainan bawaan sejak lahir, faktor keturunan, atau efek samping terapi radiasi.

2. Faktor genetik

sci-news.com

Faktor genetik ternyata dapat menentukan seberapa besar ukuran payudara akan tumbuh. Oleh karena itu, jika ibu atau tante kamu memiliki payudara dengan ukuran yang serupa jangan terlalu khawatir. Sebab, berpikiran negatif hanya akan membuat frustrasi dan justru membuat pertumbuhan payudara tidak stabil.

Baca Juga: Gak Nyangka, 10 Kebiasaan Sepele Ini Dapat Memicu Kanker Payudara

3. Faktor nutrisi

curitibainenglish.com.br

Pola makan yang buruk ternyata juga dapat menyebabkan pertumbuhan payudara menjadi tertunda. Pasalnya, defisiensi vitamin akan mengakibatkan hormon yang bertanggung jawab terhadap pembesaran payudara tidak dapat dilepaskan. Akibatnya payudara akan berhenti tumbuh. Oleh karena itu, segera terapkan pola makan sehat untuk mendapatkan hidup yang baik.

4. Masalah berat badan

manderlon.com

Memiliki badan yang kurus dan langsing ternyata memengaruhi perkembangan anggota tubuh yang lainnya. Salah satunya adalah payudara.

Perempuan dengan kondisi badan yang kurus cenderung memiliki payudara yang kecil. Hal ini dikarenakan perempuan yang gemuk memiliki lebih banyak lemak di dalam tubuh sehingga cenderung memiliki payudara yang lebih besar.

5. Fluktuasi hormonal

bustle.com

Pertumbuhan payudara dapat berhenti karena adanya fluktuasi hormonal yang terjadi. Meski demikian, pertumbuhan yang berhenti pada usia 18 tahun ini dapat kembali berjalan saat kamu sedang hamil. Hal ini karena tubuh akan menyesuaikan diri selama masa kehamilan dan menyusui.

6. Paparan radiasi

itnonline.com

Seseorang yang melakukan terapi radiasi akan meningkatkan risiko pemberhentian pertumbuhan payudara. Hal ini terjadi karena sel-sel jaringan yang terdapat di sekitar payudara akan rusak dan menyebabkan payudara sulit untuk tumbuh. Kondisi ini merupakan salah satu efek samping yang biasanya ditimbulkan pasca terapi radiasi.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Payudara Mengendur, Segera Hindari!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya