TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Highly Sensitive Person Memaknai dan Menikmati Seks 

Gak cuma yang penting nikmat!

ilustrasi pasangan intim (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Highly sensitive person (HSP) adalah istilah untuk orang-orang dengan tingkat sensitivitas yang tinggi. Sensitivitas itu memengaruhi banyak hal, termasuk perihal kepekaan menerima stimulasi fisik maupun emosional.  

Diperkirakan ada 15-20 persen HSP dari seluruh total populasi dunia. Dengan tingkat sensitivitas tinggi yang dimiliki, itu bisa membuat aktivitas seksual menjadi pengalaman yang cukup berbeda dibanding kebanyakan orang.

Meski pengalaman seksual HSP akan sangat bervariasi dan tergantung beberapa faktor, berikut cara orang HSP memaknai dan menikmati kegiatan seks.

1. Membutuhkan koneksi yang dalam untuk bisa menikmati seks

ilustrasi pasangan mesra (pexels.com/Anna Pou)

Dilansir Healthline, HSP membutuhkan keterarikan secara fisik dan mental dalam keintiman. Tanpa keduanya, seks bisa terasa sangat sia-sia. Untuk bisa merasakan koneksi mendalam, HSP mendasarinya dengan membangun kepercayaan kuat dalam sebuah hubungan.

Rasa aman dan nyaman juga harus diperoleh untuk membuat HSP benar-benar menikmati kegiatan intim.

2. Menyukai rangsangan yang lembut dan perlahan

Orang dengan sensitivitas tinggi merasakan kesenangan fisik secara mendetail. Kombinasi rangsangan yang dimulai dengan lambat dan lembut adalah sesuatu yang didambakan.

Seks terbaik bagi HSP memerlukan waktu untuk bisa mendapatkannya, diperoleh dengan berbagai petualangan yang melibatkan elemen misteri. Bahkan, di luar kamar tidur, seksualitas HSP bisa menjadi kekuatan yang luar biasa. 

Ketika HSP menikmati aktivitas intim yang sedang dilakukan, dunia batinnya dapat pergi ke tempat yang diimajinasikan seolah mewujudkan fantasi yang ada di kepala. 

Baca Juga: Kamu Tipe Highly Sensitive Person Kalau Punya 5 Ciri Ini, Peka Banget!

3. Membutuhkan bantuan untuk tetap fokus

ilustrasi mendengarkan musik (pixabay.com/Victoria_Borodinova)

Untuk bisa merasakan kenikmatakan yang mendalam, HSP membutuhkan banyak konsentrasi. Terkadang, hal-hal kecil dapat mengganggu alur sensual yang dapat menurunkan gairah seks secara tiba-tiba. 

Saran terbaiknya adalah siapkan playlist lagu khusus untuk dimainkan saat bercinta. Jangan meremehkan kekuatan lagu pengiring yang sensual, karena itu bisa meminimalkan distraksi dan membantu highly sensitive person tetap fokus pada pasangannya. 

4. Sangat memahami pengalaman pasangan

Kecenderungan HSP adalah berpikir terlalu banyak, bahkan dalam situasi yang paling menarik sekalipun. Seks tidak terkecuali. 

Seorang HSP tidak hanya menganalisis setiap sensasi yang diterima dari stimulasi seksual, tetapi secara bersamaan juga mencoba membayangkan bagaimana penerimaan yang dirasakan pasangannya. 

Karena kecenderungan untuk melakukan analisis itu, HSP tidak jarang mengabaikan kebutuhannya sendiri karena lebih memikirkan pengalaman pasangannya. Namun, lewat karakter itulah HSP bisa membawa kesenangan, gairah, dan pengalaman seksual dengan cara yang tidak dapat dilakukan orang lain. 

5. Sangat menghargai kenikmatan orgasme

ilustrasi perempuan orgasme (freepik.com/lookstudio)

Ketika mencapai orgasme yang, HSP dapat merasakan kesenangan yang sangat sulit digambarkan. Pelepasan hormon kebahagiaan saat mencapai klimaks, benar-benar menempatkan HSP di puncak kepuasan seksual. 

Bahkan, menurut psikolog Elaine Aron seperti dilansir Healthline, HSP mungkin akan kesulitan untuk kembali ke kesadaran normal setelah berhubungan seksual. Itu karena seks memberikan pengalaman rangsangan yang sangat besar, dan mungkin itu yang akan tetap dipikirkan setidaknya selama satu jam ke depan. 

HSP benar-benar menikmati orgasme dan menghargai pengalaman seksual yang memuaskan.

Baca Juga: 5 Tips untuk Hadapi Pasangan Karakter Highly Sensitive Person

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya