Comscore Tracker

11 Cara Merangsang Klitoris yang Disukai Pasangan

Ikuti panduan ini untuk membuatnya "terbang"

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Sex & Marital Therapy tahun 2017 menunjukkan bahwa hanya sebanyak 18 persen perempuan yang bisa orgasme dari seks vaginal, sementara sisanya membutuhkan atau lebih menyukai rangsangan klitoris.

Nah, alasan mengapa banyak perempuan lebih menikmati stimulasi klitoris adalah karena organ seks ini memiliki sekitar 8000 ujung saraf. Jumlah itu kira-kira dua kali lipat dari saraf yang ada di penis. Karena kepekaannya terhadap rangsangan, klitoris dianggap sebagai zona seksual paling erotis pada perempuan. 

Meski demikian, cara merangsang klitoris bisa menantang, lo! Baca terus untuk mendapatkan informasi seputar klitoris dan cara merangsangnya lebih jauh.

Fakta seputar klitoris

11 Cara Merangsang Klitoris yang Disukai Pasanganilustrasi klitoris (newsroom.unsw.edu.au)

Klitoris dianggap seperti gunung es, jauh lebih besar dan kompleks dari yang tampak di luar. Bila selama ini klitoris dikenal berbentuk benjolan kecil di bagian atas vulva (kelenjar), tetapi sebagian besar klitoris sebenarnya berada di bawah kulit. 

Secara keseluruhan, klitoris berbentuk seperti tulang wishbone yang membentang sepanjang sisi vulva dan memanjang hingga 12 cm. Saat terangsang, klitoris akan mengembang karena terdiri dari jaringan ereksi seperti halnya penis.

Meskipun klitoris adalah zona yang sangat sensitif, tetapi itu bukan "tombol ajaib". Kamu tidak bisa asal menyentuhnya dan mengharapkan pasangan terangsang. 

Agar bisa menguasai cara merangsang klitoris dengan baik, simak tips yang telah dirangkum dari laman Men's Health berikut ini, yuk!

1. Meminta petunjuk langsung

Sebelum mencoba sesuatu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menanyakannya kepada pasangan, khususnya untuk memberi tahu atau menunjukkan apa yang ia sukai. Ini akan membuat progres besar 

langkah paling bijak adalah menanyakan ke pasangan untuk memberi tahu atau menunjukkan apa yang dia sukai. Petunjuk itu akan membuat progres besar karena pasangan saling memastikan menikmati aktivitas intim yang sedang dilakukan.

Bagian paling sensitif dari klitoris terletak di tempat pertemuan labia, tetapi mungkin sulit untuk menemukannya secara tepat, terutama jika aktivitas seksual dilakukan di tempat dengan pencahayaan redup.

Cara termudah untuk menemukan klitoris melalui sentuhan adalah dengan meminta pasangan untuk meletakkan jari kamu di atasnya. Karena, menurut pendidik seks Allison Moon, lebih baik bertanya daripada memainkan area tubuh yang tidak pasti.

2. Biarkan pasangan mengambil kendali

11 Cara Merangsang Klitoris yang Disukai Pasanganilustrasi cara merangsang klitoris (unsplash.com/ Taras Chernus)

Kalau kamu masih tidak yakin harus mulai dari mana, sentuh vulva pasangan dan biarkan dia mengontrol gerakan dan tekanan.

Minta pasangan untuk menggerakkan pinggulnya dengan telapak tangan kamu di atasnya agar bisa menunjukkan jenis gerakan yang nyaman baginya.

3. Berikan stimulasi tidak langsung

Sebagian orang mungkin menyukai stimulasi klitoris langsung pada kelenjar, tetapi sebagian yang lain bisa merasa itu terlalu intens.

Kalau pasangan kamu memiliki klitoris yang sangat sensitif, sebaiknya beri rangsangan di sekitar area kelenjar. Bisa dengan membelai tudung klitoris, yaitu lembaran kulit yang menutupi klitoris. 

4. Mainkan game "clit clock"

11 Cara Merangsang Klitoris yang Disukai Pasanganilustrasi menggunakan sex toys (pexels.com/cottonbro)

Untuk memulai permainan ini, bayangkan klitoris memiliki angka dalam jam. Titik teratas yang paling dekat dengan pusar adalah jam 12, sedangkan tempat yang paling dekat dengan lubang vagina adalah jam 6. 

Gerakkan jari atau sex toy mulai dari jam 12 dan berputarlah perlahan. Lakukan terus sambil mengamati respons pasangan dan tanyakan mana bagian yang paling membuatnya terangsang.

5. Variasikan rangsangan

Setelah menemukan lokasi yang tepat, coba berbagai cara untuk menyentuhnya. Kamu bisa memvariasikan tekanan, gesekan, kecepatan, dan sudut. Sementara itu, pasangan dapat memberi tahu untuk membuat suara, meremas tangan kamu, atau mengatakan sesuatu ketika rangsangan tidak terasa enak baginya.

6. Tetap konsisten

11 Cara Merangsang Klitoris yang Disukai PasanganIlustrasi posisi intim (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Hal paling membuat frustrasi yang paling umum dilakukan pria adalah mengubah banyak hal, menurut pakar seks Kenneth Play. Jadi, saran terbaiknya adalah setelah menemukan trik yang berhasil, teruslah melakukannya. 

Kamu tidak perlu melakukan banyak trik yang berbeda, hanya perlu menemukan hal yang perempuan sukai dan mengulanginya secara konsisten. Karena konsistensi akan menumpuk rangsangan yang diterima sampai itu siap untuk menuju klimaks. Selama tidak ada keluhan, jangan mengubahnya, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Klitoris yang Tak Terduga, Punya Kemiripan dengan Penis

7. Buat "tanda perdamaian"

Buat tanda peace dengan jari kamu yang telah dilumuri pelumas seks, kemudian gerakkan ke atas dan ke bawah di bagian dalam bibir vagina. Di situ kamu akan merangsang struktur internal klitoris yang jauh lebih luas. 

Jaringan ereksi perempuan menjadi sangat sensitif saat klitoris membengkak, membuat area lebih "panas" dipenuhi gairah dan berdenyut. Pastikan kamu menggunakan banyak pelumas seks untuk menambah kesenangan.

8. Berikan kombinasi tekanan

11 Cara Merangsang Klitoris yang Disukai PasanganIlustrasi pasangan intim (pexels.com/Ron Lach)

Cara merangsang klitoris selanjutnya adalah dengan mencoba memberikan tekanan melalui tumit tangan yang menyentuh tudung klitoris. Kamu mungkin ingin mengulangi ini, menambah variasi mendorong, atau juga menggeser. 

Tanyakan kepada pasangan apakah ia menginginkan tekanan lebih banyak atau lebih sedikit, lalu sesuaikan. Selain dengan tumit tangan, kamu juga bisa memberikan tekanan dengan benda lain, misalnya mainan seks.

9. Teknik tekanan jari

Rentangkan jari-jarimu dan letakkan di atas labia bagian luar. Tekan jari-jari secara bergantian, dan seperti biasa, jelajahi tekanan, ritme, serta tanyakan kepada pasangan mana rangsangan yang paling ia nikmati.

Teknik tersebut bisa merangsang bola klitoris yang terletak di bawah labia luar, yang merupakan cara penting untuk memberi sinyal tubuh agar memproduksi pelumasan alami, sehingga vagina akan terlumasi dengan baik dan mendorong tekanan aliran darah ke area itu untuk meningkatkan sensitivitas secara signifikan. 

10. Gunakan vibrator pengisap klitoris

11 Cara Merangsang Klitoris yang Disukai Pasanganilustrasi sex toy pengisap klitoris (pexels.com/IFONNX toys)

Ada banyak jenis sex toy yang dibuat untuk merangsang klitoris secara langsung. Bahkan, ada mainan seks yang memiliki fitur pengisap klitoris yang memberikan stimulasi unik yang tidak bisa didapat hanya dari tangan. Kalau kamu tertarik untuk memperkaya teknik dan cara merangsang klitoris, tidak perlu ragu untuk mencobanya.

11. Memperdalam penetrasi

Cara merangsang klitoris yang terakhir dapat dilakukan saat pasangan berhubungan seksual. Caranya adalah dengan menggunakan posisi seks seperti misionaris untuk mendapatkan tingkat penetrasi yang dalam.

Posisikan sebagaimana posisi bercinta misionaris seperti biasanya. Saat melakukan penetrasi, laki-laki harus mencondongkan tubuhnya ke depan sehingga penis mengarah ke bawah. Dengan cara ini, batang penis yang digerakkan di dalam vagina akan bergesekan dengan klitoris dan memberikan kenikmatan klitoris yang dalam.

Klitoris adalah area paling sensitif yang memiliki potensi memberikan kepuasan paling tinggi untuk perempuan. Cara merangsang klitoris tidak bisa asal-asalan kalau tidak mau merusak keintiman.

Hal terpenting untuk merangsang klitoris adalah dengan terus melakukannya secara konsisten dan memperhatikan feedback dari pasangan, apakah ia menikmatinya atau tidak. Jadi, selalu libatkan komunikasi supaya semua pihak bersenang-senang.

Baca Juga: Ini 8 Posisi Seks yang bisa Menstimulasi Klitoris dan G-spot Bersamaan

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Nurulia
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya