Comscore Tracker

Perubahan Payudara Saat Hamil Minggu Pertama, Begini Penampakannya

Terasa nyeri dan muncul stretch mark

Perubahan payudara saat hamil minggu pertama biasanya sudah tampak atau terjadi. Hal ini lumrah terjadi pada bumil (ibu hamil) yang disebabkan oleh fluktuasi hormonal. Nah, perubahan ini akan terjadi setiap trimester.

Perlu untuk diperhatikan, perubahan payudara pada setiap orang bervariasi. Biasanya, terdapat gejala yang terjadi saat proses perubahan terjadi. Akan tetapi, tidak semua orang akan mengalaminya.

Dilansir Medical News Today, berikut lebih lengkapnya mengenai perubahan payudara berdasarkan trimesternya, gejala, dan cara mengatasinya.

Perubahan payudara saat hamil minggu pertama

Perubahan Payudara Saat Hamil Minggu Pertama, Begini PenampakannyaIlustrasi ibu hamil (unsplash.com/freestocks)

Perubahan payudara trimester pertama ini terjadi pada usia 0–13 minggu kehamilan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah perubahan dan gejala yang dirasakan:

  • Nyeri pada payudara

Nyeri pada payudara adalah salah satu gejala awal kehamilan. Menurut Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia, payudara bisa menjadi sakit, berat, atau geli sejak 1–2 minggu kehamilan. Puting juga akan terasa sensitif atau bahkan menyakitkan bila disentuh.

Perubahan ini terjadi karena meningkatnya kadar hormon dalam tubuh serta tingginya aliran darah ke jaringan payudara. Rasa tidak nyaman yang ada di payudara bisa mereda setelah beberapa minggu, meskipun akan kembali pada tahap akhir kehamilan.

  • Pembesaran payudara

Payudara akan mengalami pembesaran sebesar satu atau dua cup, terutama selama kehamilan pertama. Pertumbuhan ini dapat dimulai sejak awal kehamilan dan terus berlanjut.

Payudara akan terasa gatal pada fase ini. Hal ini disebabkan kulit payudara akan meregang secara cepat. Organ ini juga dapat terus bertambah besar setelah kelahiran atau selama masa menyusui.

  • Munculnya vena atau urat biru

Selama kehamilan, volume darah bisa meningkat drastis, lho. Biasanya, volume darah meningkat sebanyak 50 persen. Nah, hal ini akan berakibat pada pembuluh darah vena.

Vena adalah pembuluh darah bewara biru. Ketika membesar, urat biru yang menonjol biasanya muncul di beberapa area kulit, termasuk payudara, dan perut. Vena-vena ini diperlukan untuk membawa peningkatan volume darah dan nutrisi ke seluruh tubuh dan janin yang sedang berkembang.

Baca Juga: Bayi yang Sejak Lahir Diberi ASI Berpotensi Tumbuh Cerdas

Perubahan payudara saat hamil minggu ke-14

Perubahan Payudara Saat Hamil Minggu Pertama, Begini Penampakannyailustrasi ibu hamil (unsplash.com/Alicia Petresc)

Perubahan payudara trimester kedua terjadi memasuki usia kehamilan 14–27 minggu. Untuk lebih jelasnya, berikut perubahan dan gejala yang dirasakan:

  • Areola lebih gelap

Areola adalah lingkaran berwarna di sekitar puting. Selama trimester kedua dan ketiga, areola sering menjadi lebih besar dan lebih gelap. Hal ini bisa terjadi karena perubahan hormonal. Seringkali, areola kembali ke warna aslinya saat sebelum hamil setelah menyusui. Akan tetapi, terkadang tetap berwarna lebih gelap dari aslinya.

  • Keluarnya cairan dari puting 

Beberapa orang mungkin telah mengeluarkan cairan dari puting pada trimester kedua. Namun, ada juga yang mengalami gejala ini pada trimester ketiga atau setelah persalinan. 

Air susu ibu (ASI) ini biasanya berwarna kuning. Cairan kental ini adalah kolostrum yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan bayi baru lahir pada tahap awal menyusui.

  • Benjolan pada areola

Payudara bumil, terutama pada bagian areola, akan muncul benjolan saat hamil. Benjolan ini berukuran kecil dan tidak akan terasa sakit.

Pun, benjolan ini normal adanya karena hal tersebut adalah penghasil minyak yang akan melapisi payudara agar bayi dapat menyusui lebih mudah. Nah, kelenjar penghasil minyak di payudara ini bernama kelenjar Montgomery.

  • Benjolan pada payudara

Bumil tidak perlu khawatir dengan benjolan ini. Biasanya benjolan ini adalah galaktokel, yaitu saluran susu yang tersumbat. Akan tetapi, bisa jadi itu adalah fibroadenoma atau tumor payudara jinak.

Meskipun risiko kanker payudara selama kehamilan rendah, terutama pada orang di bawah usia 35 tahun, akan tetap penting untuk memberi tahu dokter tentang benjolan payudara yang berkembang. Untuk itu, selalu cek payudara juga, ya!

Perubahan payudara saat hamil minggu ke-28

Perubahan Payudara Saat Hamil Minggu Pertama, Begini PenampakannyaIlustrasi ibu hamil (unsplash.com/Juan Encalada)

Perubahan payudara trimester terakhir ini terjadi saat memasuki usia kehamilan 28–49 minggu. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

  • Munculnya stretch mark

Pertumbuhan jaringan yang cepat menyebabkan kulit meregang yang dapat menyebabkan Striae gravidarum atau stretch mark. Penelitian menunjukkan bahwa 50–90 persen orang hamil terus mengalami stretch mark pada tubuh mereka, paling sering di payudara, perut, dan paha.

Stretch mark biasanya berupa garis-garis merah yang muncul pada kulit. Garis merah ini biasanya terjadi pada bulan keenam dan ketujuh kehamilan, tetapi bisa muncul sebelum atau setelah waktu tersebut.

  • Produksi ASI

Perubahan payudara terjadi memudahkan bayi yang lahir untuk menyusui. Namun, beberapa bumil mungkin tidak mengalami perubahan payudara yang drastis. Kamu juga tidak perlu khawatir karena perubahan ini tidak menunjukkan kemampuan seorang ibu untuk menghasilkan ASI atau menyusui.

Setelah melahirkan, atau terkadang sebelumnya, payudara menghasilkan sejumlah kecil kolostrum. Cairan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan bayi. Bayi yang baru lahir memiliki perut yang sangat kecil dan hanya membutuhkan kolostrum dalam jumlah sedikit untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

  • Melanjutkan pertumbuhan dan perubahan lainnya

Banyak perubahan payudara yang terjadi pada trimester pertama dan kedua. Biasanya, hal ini akan terus berlanjut sepanjang bulan-bulan terakhir kehamilan. Payudara bisa menjadi lebih besar dan lebih berat, puting terus menggelap, hingga ASI bisa keluar lebih sering dengan sendirinya.

Nah setelah itu, selama beberapa hari berikutnya, payudara mulai memproduksi ASI. Payudara tidak lagi memproduksi kolostrum. Lalu, kapan sebenarnya produksi ASI ini dimulai? Proses ini biasanya dimulai antara 5 hari sampai 2 minggu setelah melahirkan.

Cara mengatasi atau meredakan perubahan payudara

Perubahan Payudara Saat Hamil Minggu Pertama, Begini Penampakannyailustrasi kehamilan (pixabay.com/pexels)

Banyak dari bumil yang merasa tidak nyaman dengan perubahan payudara saat hamil pertama. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal itu, antara lain:

  • Mengenakan bantalan payudara
  • Mengoleskan losion atau minyak (khususnya di bagian stretch mark)
  • Kompres hangat pada area payudara yang nyeri dan tersumbat
  • Pijat lembut bagian payudara
  • Memeriksa benjolan pada payudara.

Itulah tadi perubahan payudara saat hamil minggu pertama hingga setelah melahirkan. Normal bagi seorang bumil merasakan perubahan dan nyeri di sekitar payudara, jadi kamu tidak perlu cemas. Semoga dilancarkan proses persalinannya, ya!

Baca Juga: 7 Bentuk Payudara Mencerminkan Kepribadian, Kamu Tipe yang Mana?

Topic:

  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya