Comscore Tracker

5 Film yang Wajib Ditonton Setelah Menonton Joker, Apa Saja?

Joker mengingatkan kita dengan lima film ini

Film Joker yang disutradarai Todd Phillips dan diperankan sangat berkelas oleh Joaquin Phoenix, berhasil memukau penikmat film. Bagaimana realitas, imajiner, dan delusi menjadi satu kesatuan yang dibalut ke sebuah cerita yang sangat indah, menjadikan film ini jadi yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

Todd Phillips sebagai seorang sutradara sekaligus penulis, memiliki banyak referensi film dan karakter untuk menciptakan film seindah Joker. Tentunya wajib kamu tonton setelah menonton film Joker.

Mau tahu apa saja? Yuk, simak artikel kali ini.

1. Taxi Driver - 1976

https://www.youtube.com/embed/cujiHDeqnHY

Bagi yang sudah menonton film Taxi Driver yang disutradarai Martin Scorsese dan diperankan oleh Robert De Niro (yang juga berperan di film Joker sebagai Murray Franklin), pasti setuju bahwa karakter Travis Bickle di Taxi Driver dan Arthur Fleck di film Joker, memiliki kesamaan, yaitu sama-sama teralienasi di lingkungan sosialnya.

Penuturan kisahnya pun hampir sama, bagaimana seorang pria yang merasa terasingi memiliki imajinasi sendiri untuk menghadapi orang-orang yang ada di sekelilingnya, yang pastinya bertolak belakang dari realitas yang ada.

Maka dari itu, sebelum dan sesudah menonton film Joker, diwajibkan bagi kamu menonton film Taxi Driver-nya Martin Scorsese.

2. The King of Comedy - 1982

https://www.youtube.com/embed/0wVhCCo02P4

Lagi-lagi kisah dari film Joker mengingatkan kita dengan film Martin Scorsese, yaitu The King of Comedy. Sama-sama mengangkat kisah seorang pria naif yang memiliki ambisi untuk menjadi terkenal sebagai seorang stand up comedian, dan kedua film ini pun juga mengisahkan bagaimana menghancurkan sebuah harapan menjadi sebuah kebencian. Wajib buat kamu tonton, deh.

Baca Juga: Berikut 6 Aktor Pemeran Joker, Siapa Favorit Kalian?

3. V for Vendetta - 2005

https://www.youtube.com/embed/qxyUl9M_7vc

Di adegan terakhir di film Joker, kita pun diingatkan kembali dengan film V for Vendetta yang tayang pada tahun 2005 silam. Kedua film ini sama-sama membahas krisis dan kesenjangan sosial yang terjadi di sebuah kota, dan terjadi pemberontakan besar-besaran oleh masyarakat yang disimbolkan oleh seorang teroris yang acap kali mengenakan topeng Guy Fawkes.

4. The Dark Knight - 2008

https://www.youtube.com/embed/EXeTwQWrcwY

Bagi kamu yang benar-benar menyukai karakter Joker, pasti sebelum dan sesudah menonton film Joker-nya Todd Phillips, memulai atau menonton kembali film The Dark Knight karya Nolan.

Bukan untuk membandingan mana yang terbaik di antara Heath Ledger dan Joaquin Phoenix, melainkan hanya sekadar mengetahui bagaimana perkembangan karakter Joker sebelum dan sesudah menjadi jahat. Dan juga sedikit bernostalgia.

5. The Master - 2012

https://www.youtube.com/embed/-EGSWpBDbho

Bagi yang sudah lama mengenal Joaquin Phoenix dan telah banyak menonton film-film yang pernah ia perankan, pasti sepakat bahwa peran Arthur Fleck yang diperankannya mengingatkan kita dengan karakter Freddie Quell di film The Master yang disutradarai oleh Paul Thomas Anderson.

Di film The Master, Joaquin Phoenix memerankan karakter yang memiliki gangguan mental yang tak jauh beda dengan karakter Arthur Fleck. Jadi bisa dikatakan bahwa, Joaquin Phoenix sudah ahlinya dalam memerankan karakter-karakter yang sulit, seperti gangguan mental.

Itulah lima film yang wajib buat kamu tonton sebelum dan susudah menonton film Joker. Beruntunglah kita bahwa bisa menyaksikan langsung film Joker di bioskop. Karena dua puluh tahun yang akan datang, film ini pastinya sangat wajib ditonton bagi penggila film.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari Kelamnya Film Joker

Adliputra Photo Community Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You