Comscore Tracker

Inglourious Basterds: Film Dogeng Kehancuran Nazi yang Wajib Ditonton

Sebuah film alternatif sejarah dari Quentin Tarantino

Quentin Tarantino merupakan sutradara berkelas yang pernah dimiliki oleh Hollywood. Rata-rata film yang dihasilkannya memiliki ciri khas sendiri. Dan yang paling menonjol dan bisa dikatakan film terbaik yang pernah dibuat Tarantino ialah, Inglourious Basterds yang tayang pada 2009 silam.

Inglourious Basterds bisa dikatakan film alternatif sejarah tentang Perang Dunia II. Bagaimana Tarantino memiliki imajinasi yang tinggi tentang kehancuran Nazi yang tragis di sebuah bioskop. Ingin tahu reviewnya seperti apa? Yuk simak artikel yang satu ini.

1. Prolog memukau yang menghadirkan ketegangan

Inglourious Basterds: Film Dogeng Kehancuran Nazi yang Wajib Ditontonmedium.com

Tak ada film yang menghadirkan prolog yang memukau dan menciptakan ketegangan seperti film Inglourious Basterds ini. Bagaimana hanya mengandalkan dialog panjang yang diplomatis oleh karakter Hans Landa (Christoph Waltz) yang luar biasa, sudah cukup memberitahukan kekejaman dan kepicikan kaum Nazi.

Kisah dimulai sewaktu tentara Nazi mengunjungi rumah penduduk Prancis. Di sana keduanya saling bercengkrama saling mengenal satu sama lainnya. Akan tetapi makin ke sini, tentara Nazi tersebut mulai mengendus adanya orang-orang Yahudi yang disembunyikan oleh orang Prancis tersebut. Hingga pada akhirnya dibunuh dan seorang wanita berhasil meloloskan diri.

2. Tentara Amerika yang mencoba menyusup

Inglourious Basterds: Film Dogeng Kehancuran Nazi yang Wajib Ditontonew.com

Tentara Amerika yang menamakan dirinya sebagai Basterds, menjadi ancaman yang kuat bagi kelompok Nazi. Yang dipimpin oleh Letnan Aldo Raine (Brad Pitt), yang hanya beranggotakan beberapa orang saja, akan tetapi memiliki ciri khas kekejaman masing-masing.

Tim Basterds terkenal membuat ukiran logo Nazi di kening tentara Nazi yang mereka sandra, dan berhasil mendapatkan perhatian Hitler yang marah akibat banyak pasukannya yang mati akibat kelompok tersebut. Namun perjalanan Basterds tidaklah mudah dalam menghancurkan Nazi, begitu banyak rintangan yang membuat penonton deg-degan.

Baca Juga: 7 Film Perang Dunia II Berdasarkan Perspektif Nazi Jerman

3. Seorang wanita Yahudi yang ingin membalas dendam

Inglourious Basterds: Film Dogeng Kehancuran Nazi yang Wajib Ditontonpinterest.com

Shosanna Dreyfus merupakan wanita Yahudi yang berhasil kabur dari sergapan Hans Landa di adegan awal. Setelah empat tahun dari kejadian, kini dia mengganti identitasnya dan memiliki bioskop bersama dengan kekasihnya.

Sekali waktu, tentara Nazi yang baru naik daun akibat kekejiannya, ingin mencoba mendekati Shosanna. Tentara tersebut ingin menayangkan film tentang dirinya dan menawarkan penayangan awal di bioskop Shosanna.

Shosanna pun mendapatkan kembali ketakutannya akan Nazi, setelah di restoran bertemu dengan Hans Landa (walaupun Hans Landa tidak mengenali bahwa wanita itu yang kabur dari sergapannya). Namun rencana itu direstui oleh Menteri Propaganda Nazi, sekaligus pemimpin film Jerman. Dan Shosanna pun memiliki pikiran jahat untuk membalas kematian orangtuanya.

4. Adegan terakhir yang membuat penonton bergembira

Inglourious Basterds: Film Dogeng Kehancuran Nazi yang Wajib Ditontonfrenchtoastsunday.com

Shosanna dan tim Basterds berafiliasi untuk membunuh semua orang Nazi yang ada di bioskop, walaupun tidak bekerja sama. Shosanna berencana membakar roll film yang cepat merambat, dan tim Basterds berencana mengebom bioskop dan mengunci bioskop dan menembak semua orang Nazi yang terkurung di dalam, termasuk Adolf Hitler yang juga ikut hadir.

Semuanya berjalan dengan lancar. Walaupun Hans Landa mengetahui rencana tersebut dan menangkap Letnan Aldo Raine dan beberapa anggotanya dan melakukan diplomatis. Karena mengetahui bahwa Nazi sudah hancur, Hans Landa pun berencana kabur dan minta difasilitasi oleh Amerika kalau mau tentaranya selamat.

Amerika menyetujui usulan tersebut. Akan tetapi tragis bagi Hans Landa, dia ditipu oleh Amerika dan kini dia yang ditahan oleh Letnan Aldo Raine. Yang selama film Hans Landa merupakan tokoh antagonis yang kejam, di adegan terakhir tampak memelas kasihan dan tak berdaya. Keningnya pun diukir oleh Letnan Aldo Raine dan koleganya.

5. Sutradara yang jenius dan akting yang memukau oleh semua aktor

Inglourious Basterds: Film Dogeng Kehancuran Nazi yang Wajib Ditontontwitter.com

Kritikus menyebutkan film Inglourious Basterds merupakan film terbaik yang dibuat Quentin Tarantino selain Pulp Fiction. Bagaimana dia membuat sebuah film sejarah, akan tetapi dirubah menuruh alternatif yang ada di kepala jenius Tarantino. Seperti halnya di film Tarantino yang lainnya, kita mendapatkan kesan jenaka sekaligus kekejaman yang seimbang, dan juga pengisi musik yang membuat adrenalin meningkat.

Dan juga dari segi akting oleh semua cast, tak perlu diragukan lagi, semua bermain dengan apik dan mampu menyeimbangi dengan karakter yang diperankan yang memiliki ciri khas masing-masing. Akting Christoph Waltz dalam memerankan Hans Landa menjadi yang terbaik di sini.

https://www.youtube.com/embed/KnrRy6kSFF0

Baca Juga: 9 Fakta Diktator Jerman Nazi Adolf Hitler yang Jarang Diketahui

Adliputra Photo Verified Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya