Comscore Tracker

Pecah Banget, Ini 5 Kolaborasi Epik Penyanyi dari Agensi KPop 'BIG 3'

Adalah idolamu? #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Di Korea Selatan terdapat banyak agensi besar yang menaungi penyanyi idol, solois, rapper, aktor, dan aktris. Namun, yang paling populer adalah agensi Big 3 yang terdiri dari SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment. Ketiga agensi tersebut merupakan agensi paling populer karena sudah berdiri sejak lama dan semua artis dalam agensi tersebut meraih kesuksesan baik di Korea Selatan maupun mancanegara.

Meskipun bersaing, ketiga agensi tersebut pun tak jarang terlibat kerja sama dan salah satunya adalah kolaborasi dalam hal bernyanyi. Seperti berikut ini!

1. Rose BLACKPINK, Jihyo TWICE dan Chanyeol EXO

https://www.youtube.com/embed/-aMvq42DWO4

Bersama dengan Duo 10cm, Rose BLACKPINK, Jihyo TWICE dan Chanyeol EXO menyuguhkan penampilan akustik dalam acara SBS Gayo Daejun pada tahun 2016. Mereka menyanyikan lagu masing-masing dengan alunan musik akustik. Diawali dengan lagu yang berjudul "What the Spring?" milik 10cm kemudian dilanjutkan dengan lagu "Whistle" milik BLACKPINK, "TT" TWICE dan "Monster" EXO.

Penampilan mereka pun sukses membuat penonton terpukau dengan kualitas vokal dari artis asal agensi BIG 3 tersebut dan juga penyanyi duo 10cm.

2. Baekhyun EXO feat Suzy (SM dan JYP Entertainment)

https://www.youtube.com/embed/WfYgbFBFe1E

Proyek kolaborasi antara Baekhyun EXO dan Suzy Miss A ini bisa dibilang kolaborasi paling sukses di tahun 2016. Hal ini dikarenakan lagu "Dream" banyak meraih kesuksesan yaitu menduduki peringkat pertama di semua tangga lagu Korea Selatan, mendapat piala kemenangan dalam acara musik dan memenangkan berbagai penghargaan.

Penampilan mereka di atas panggung pun sukses membuat penggemar baper berkat chemistry antara keduanya.

Baca Juga: 12 Kolaborasi KPop X KPop yang Paling Dinantikan, Bakal Heboh KPopers!

3. SNSD feat 2PM (SM dan JYP Entertainment)

https://www.youtube.com/embed/N1j5pKfTCeQ

Termasuk boyband dan girlband yang populer saat itu, SNSD dan 2PM sempat berkolaborasi pada tahun 2010. Mereka ditunjuk untuk menyanyikan lagu "Cabi Song" yang merupakan lagu promosi taman air Carribbean Bay di Everland.

Tak semua member, lagu tersebut hanya dinyanyikan oleh 9 anggota saja yaitu Junsu, Junho, Wooyoung dan Taecyeon dari 2PM serta Taeyeon, Jessica, Tiffany, Seohyun dan Yuri sebagai perwakilan dari SNSD.

Untuk video promosinya sendiri hanya diwakilkan oleh 3 member dari setiap grup yang dipasangkan. Mereka adalah Taecyeon dengan Yoona, Nickhun dengan Yuri dan yang terakhir adalah Chansung dengan Seohyun.

4. Zion T feat Jonghyun SHINEE (YG dan SM Entertainment)

https://www.youtube.com/embed/TcvDR5xz97g

Dalam album solo pertamanya, Jonghyun menggandeng penyanyi hip hop, Zion T untuk menyanyikan lagu "Deja boo'. Tak hanya menyanyikan saja, Zion T juga ikut menggarap lagu tersebut bersama dengan Jonghyun SHINEE. Lagu ini pun sukses menduduki posisi pertama di tangga lagu Korea Selatan dan albumnya menduduki peringkat teratas di mancanegara.

5. Zion T feat Seulgi RED VELVET (YG dan SM Entertainment)

https://www.youtube.com/embed/nqMYG2Riq54

Pada tahun 2018, Zion T melakukan comeback dengan album yang bertajuk "ZZZ". Tak sendiri, Zion T juga akan menggandeng penyanyi lainnya untuk menyanyikan lagu dalam album tersebut. Salah satunya adalah Seulgi RED VELVET.

Keduanya berkolaborasi dalam lagu yang berjudul "Hello Tutorial". Zion T sendiri ternyata merupakan seorang reveluv (penggemar Red Velvet). Tak ayal, ia pun terlihat bahagia karena dapat mengajak idolanya untuk berkolaborasi.

Nah, itu tadi beberapa kolaborasi antara artis asal agensi Big 3. Kira-kira siapa lagi ya yang bakal collab? 

Baca Juga: 5 Idol KPop Ini akan Rilis Single Kolaborasi Februari 2021

al chohos hanz Photo Verified Writer al chohos hanz

only human being to achieve their dreams

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya