Comscore Tracker

8 Music Video KPop Mencapai 1 Miliar Penonton, Butuh Berapa Lama?

Paling baru Dynamite-nya BTS! #IDNTimesHype #WaktunyaKorea

Mungkin tak terlalu sulit bagi para artis KPop untuk mendapatkan 1 juta penonton di sebuah musik video. Lain halnya dengan memperoleh 1 miliar views di YouTube, itu bukanlah hal yang mudah.

Memiliki banyak penggemar ditambah lagu yang ear-catching sehingga bisa membuat non-fans juga bersedia untuk menonton musik videonya, hanya ada beberapa artis KPop yang bisa mendapatkan pencapaian tersebut.

Siapa saja dan musik video dari lagu apa saja ya? Kira-kira mereka membutuhkan waktu berapa lama untuk mendapatkan 1 miliar penonton? Cari jawabannya di bawah ini, yuk!

1. BLACKPINK – BOOMBAYAH

https://www.youtube.com/embed/bwmSjveL3Lc

BOOMBAYAH milik BLACKPINK menjadi satu-satunya lagu debut dari sebuah grup KPop yang musik videonya mendapat lebih dari 1 miliar penonton. Dirilis pada Agustus 2016, BOOMBAYAH membutuhkan sekitar 4 tahun 2 bulan untuk mendapatkan pencapaian ini.

2. PSY – Gentleman

https://www.youtube.com/embed/ASO_zypdnsQ

PSY menjadi satu-satunya penyanyi solo asal Korea yang musik videonya berhasil ditonton sebanyak 1 miliar kali di YouTube. Dirilis tahun 2013, MV "Gentleman" membutuhkan waktu 3 tahun untuk mendapatkan pencapaian tersebut.

3. BTS – DNA

https://www.youtube.com/embed/MBdVXkSdhwU

"DNA" menjadi musik video pertama BTS yang berhasil mendapatkan 1 miliiar penonton di YouTube. Lagu dengan musik video yang sangat colorful ini memerlukan waktu 2 tahun 8 bulan untuk meraih pencapaian tersebut. Hingga kini, musik video "DNA" telah ditonton sebanyak 1,2 miliar kali.

4. BTS – Boy With Luv

https://www.youtube.com/embed/XsX3ATc3FbA

Pada 24 Oktober 2020, musik video BTS yang berjudul "Boy With Luv" resmi mencapai 1 miliar penonton di YouTube setelah 1,5 tahun dirilis. Lagu ini merupakan kolaborasi BTS dengan penyanyi solo wanita asal Amerika yaitu Hasley.

5. BLACKPINK - Kill This Love

https://www.youtube.com/embed/2S24-y0Ij3Y

Sama seperti BTS, BLACKPINK juga memiliki tiga musik video yang berhasil mendapat 1 miliar penonton, salah satunya adalah "Kill This Love". Lagu ini dirilis pada 5 April 2019 dan resmi mencapai 1 miliar views pada 2 September 2020 lalu.

Baca Juga: [QUIZ] Tebak Nama Lokasi Syuting Music Video BTS di Korea!

6. BLACKPINK – DDU DU DDU DU

https://www.youtube.com/embed/IHNzOHi8sJs

"DDU-DU DDU-DU" milik BLACKPINK menjadi musik video dari grup KPop pertama yang berhasil mendapatkan 1 miliar penonton. BLACKPINK membutuhkan waktu 1 tahun 5 bulan sejak lagunya dirilis untuk mendapatkan pencapaian ini. Hingga artikel ini dibuat, musik video "DDU-DU DDU-DU" telah ditonton sebanyak 1,5 miliar kali.

7. BTS – Dynamite

https://www.youtube.com/embed/gdZLi9oWNZg

Tanggal 12 April lalu, trending Twitter dipenuhi oleh para ARMY yang tengah berbahagia karena musik video "Dynamite" akhirnya mendapat 1 miliar penonton. Dirilis pada bulan Agustus 2020, "Dynamite" hanya membutuhkan waktu kurang dari 8 bulan untuk  mencapai hal tersebut. Hal ini pun membuat BTS mendapat gelar sebagai grup KPop tercepat yang mendapat 1 miliar views untuk sebuah musik video.

8. PSY – Gangnam Style

https://www.youtube.com/embed/9bZkp7q19f0

"Gangnam Style" milik PSY sempat menjadi lagu yang sangat viral setelah dirilis pada Juli 2012 lalu. Telah berhasil mendapat 1 miliar views pada Desember 2012, kepopuleran lagu ini pun tak lekang oleh waktu.

Sampai saat ini, video musiknya telah diputar lebih dari 4 miliar kali oleh penonton dari berbagai belahan dunia. "Gangnam Style" pun masih memegang rekor sebagai musik video dari artis KPop dengan views terbanyak di YouTube hingga kini.

Nah, itulah 8 lagu KPop yang musik videonya sudah ditonton lebih dari 1 miliar kali di YouTube. Sebagai KPoper, kamu pasti sudah dengar semua, kan?

Baca Juga: 5 Music Video Ini Disutradarai Langsung oleh Idol KPop, Keren Banget!

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya