Comscore Tracker

Debut Lagi, MV 11 Mantan Member X1 Ini Harus Kamu Tonton!

One-it udah pada nonton, belum? #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Dibentuk melalui program survival Produce X 101, X1 resmi debut pada 27 Agustus 2019 lalu. Namun sayangnya, sejak 6 Januari 2020 kesebelas member telah diputuskan untuk tak lagi berkarier bersama dalam grup X1 dan kembali ke agensinya masing-masing.

Lebih dari setahun setelah berpisah, para mantan member X1 telah sukses menjalani kariernya, baik di dunia musik, akting, MC, dan lainnya. Mereka semua sudah kembali ke industri hiburan dengan melepas label “X1” dan berdiri di atas namanya sendiri maupun nama grup barunya. Apa saja karya yang telah mereka rilis? Tonton, yuk!

1. Kang Minhee dan Song Hyeongjun (Cravity)-Break All The Rules

https://www.youtube.com/embed/NFlceOv8LMU

Minhee dan Hyeongjun menjadi mantan member X1 yang pertama debut lagi. Tak bersolo karier atau membuat duo, mereka memutuskan untuk bergabung dalam grup bentukan Starship Entertainment bersama 7 member lainnya.

Boy group bernama CRAVITY ini resmi memulai debutnya pada 14 April 2020. Mereka merilis mini album berjudul HIDE OUT: REMEMBER WHO WE ARE dengan title track bertajuk “Break All The Rules”.  

2. Lee Hangyul dan Nam Dohyon (H&D)-Unfamiliar

https://www.youtube.com/embed/N6CB21y9tcE

Hanya terpaut seminggu setelah debut Minhee dan Hyeongjun, Hangyul dan Dohyon juga resmi debut sebagai duo dengan nama H&D. Mereka merilis single bertajuk “Unfamiliar” sebagai tanda debut pada 21 April 2020. Melodi sekaligus lirik di lagu yang bergenre R&B ini juga ditulis oleh Dohyon, lho!

Tak cuma berkarier sebagai duo, Hangyul dan Dohyon pun akhirnya debut dalam sebuah grup bernama BAE173 pada 19 November 2020. BAE173 akan melakukan comeback pada 8 April nanti. Gak sabar, deh!

3. Kim Wooseok-Red Moon

https://www.youtube.com/embed/0o45hUReYpA

Dikenal sebagai MC, aktor, sekaligus member boy group UP10TION, Kim Wooseok juga aktif berpromosi sebagai seorang penyanyi solo. Ia merilis album debut solonya yang bertajuk 1ST DESIRE [GREED] pada 25 Mei 2020. Wooseok ikut berpartisipasi dalam pembuatan beberapa lagu dalam album tersebut, termasuk title track-nya yang berjudul “Red Moon”.

Pada Februari 2021 lalu, Wooseok merilis album solo kedua 2ND DESIRE [TASTY] yang sekaligus menjadi jalannya untuk mendapat piala pertama sebagai penyanyi solo di acara M-Countdown.

Baca Juga: Kembali dengan Konsep Imut, 5 Fakta 'TASTY' Album Baru Kim Woo Seok

4. Cho Seungyoun-Love Me Harder

https://www.youtube.com/embed/HaqhQs5lBWE

Sebelum debut bersama X1, Cho Seungyoun terlebih dulu debut di dalam boy group UNIQ pada tahun 2014. Ia juga dikenal sebagai penyanyi solo dan komposer dengan nama panggung WOODZ.

Seungyoun akhirnya resmi merilis mini album pertamanya EQUAL dengan title track yang bertajuk “Love Me Harder” pada 29 Juni 2020.  Dikenal jago bikin lagu, WOODZ pun ikut berpartisipasi dalam pembuatan ketujuh lagu di album tersebut, lho!

5. Han Seungwoo-Sacrifice

https://www.youtube.com/embed/QXeZUeD0Xo4

Sebelum kembali menjabat sebagai leader VICTON setelah kontrak X1 selesai, Seungwoo terlebih dahulu debut sebagai seorang solois. Ia merilis album solo yang bertajuk Fame pada 10 Agustus 2020 dengan title track berjudul “Sacrifice”.

Lagu ini bergenre campuran antara pop dan R&B. Lagu "Sacrifice" juga menceritakan tentang pengorbanan seseorang untuk cinta sejatinya.

Seungwoo kini telah kembali aktif sebagai member VICTON dan juga akan memulai debut sebagai aktor dalam web movie berjudul Love Hashtag.

6. Kim Yohan-No More

https://www.youtube.com/embed/qnkq78DVtB8

Sebelum debut bersama WEi pada Oktober 2020 lalu, sang mantan center X1, Kim Yohan terlebih dahulu merilis single solo bertajuk “No More” yang diproduksi oleh Zion.T. Lagu ini mengandung pesan untuk mereka yang menyukai seseorang, namun tidak berani untuk mengungkapkannya kepada sang pujaan hati.

Baca Juga: 10 Potret Kim Yohan yang Bakal Comeback Drama Korea School 2021

7. Lee Eunsang-Beautiful Scar

https://www.youtube.com/embed/DkKl1ainYqY

Berada di bawah naungan agensi hip-hop, yaitu Brand New Music, single yang menandakan kembalinya Eunsang di dunia musik pun bergenre R&B dan hip-hop. Ia merilis lagu berjudul “Beautiful Scar” pada 31 Agustus 2020 lalu.

Tak sendiri, Eunsang pun menggandeng seniornya di agensi, yaitu Woojin AB6IX, untuk berkolaborasi dalam lagu ini. Lagu "Beautiful Scar" menceritakan mengenai seseorang yang merasa kehilangan setelah putus dengan pasangannya.

8. Cha Junho (DRIPPIN)-Nostalgia

https://www.youtube.com/embed/BdUCdh7ff9I

Boy group DRIPPIN menandakan debut mereka melalui title track “Nostalgia” yang terdapat dalam mini album yang bertajuk Boyager. Lagu tersebut bergenre dance pop dan bercerita tentang keinginan untuk kembali ke masa lalu.

DRIPPIN merupakan grup bentukan Woollim Entertainment yang berisi 7 member, enam di antaranya merupakan mantan peserta Produce X 101. Salah satu anggota dari DRIPPIN yang berhasil menjadi member X1, yaitu Cha Junho.

9. Son Dongpyo (MIRAE)-KILLA

https://www.youtube.com/embed/ath_KZcfEZ0

Lama dinanti, center pertama di program Produce X 101, Dongpyo, akhirnya resmi kembali ke dunia hiburan. Ia debut dalam sebuah grup bernama MIRAE pada 17 Maret 2021 lalu dengan album sekaligus title track yang berjudul “KILLA”.  

Lagu ini memiliki genre electro-house yang memiliki pesan positif mengenai keinginan untuk membagikan energi para member kepada pendenger lagu tersebut. Musik videonya menceritakan mengenai proses ketika ketujuh member saling bertemu dan akhirnya menjadi satu dalam sebuah grup.

Nah, itulah MV terbaru dari para mantan member X1 yang kini telah sukses dengan kariernya masing-masing. Kamu sudah nonton semua belum, nih?

Baca Juga: 9 Potret Son Dongpyo X1 yang Jago Aegyo, Bikin Gemes Nih!

Amalia Larasanty Photo Verified Writer Amalia Larasanty

Social Media ID : @ayashamalia / Amalia Larasanty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya