Comscore Tracker

Rating Tinggi, 5 Film Sci-Fi Lawas Ini Seru Buat Ditonton Berkali-kali

Old but gold!

Menonton film sci-fi tentunya sangat menyenangkan. Nggak sekedar nambah wawasan aja. Tapi cerita yang disuguhkan dalam film bergenre science fiction juga kerap menantang imajinasi. Hal-hal yang mungkin gak ada di dunia kita, dalam film sci-fi ditampilkan dengan efek visual yang seolah-olah terlihat nyata. Misanya aja tentang time paradox, kecanggihan robot, alien dan sebagainya.

Nah, berikut ini sederet film sci-fi dengan rating tertinggi di IMDb. Walau terbilang cukup lawas, tapi dijamin seru lho.

1. The Thing (1982)

Rating Tinggi, 5 Film Sci-Fi Lawas Ini Seru Buat Ditonton Berkali-kalimachinemean.org

Sukses menyabet rating 8.1, film besutan John Carpenter ini bercerita tentang sekelompok ilmuwan yang pergi ke Antartika buat melakukan penelitian. Disana mereka nemuin 'sesuatu' berukuran besar yang tertutup bongkahan es.

Awalnya mereka ngira itu adalah bangkai pesawat. Namun siapa sangka, ternyata 'sesuatu' itu adalah parasit alien yang teramat mengerikan. Alien ini gak hanya buas, tapi juga mampu mereplika diri menyerupai korbannya.

Tak ada jalan keluar untuk kabur! Kini di tengah dinginnya cuaca, para tim harus berjuang menyelamatkan hidup masing-masing. Mampukah mereka? Btw, film ini telah dibuat remakenya dengan judul sama di tahun 2011. Sudah nonton, belum?

2. Aliens (1986)

Rating Tinggi, 5 Film Sci-Fi Lawas Ini Seru Buat Ditonton Berkali-kalimrqe.com

Pada tahun 1979, Ridley Scot menggarap film berjudul Alien dan berhasil mendulang kesuksesan yang luar biasa! Kemudian pada tahun 1986, James Cameron memutuskan untuk ngebikin sekuelnya dan diberi judul hampir serupa. Yakni 'Aliens'.

Film Aliens ini berkisah tentang sekelompok peneliti yang dikirim ke luar angkasa buat meneliti sebuah planet kosong. Awalnya semua tampak baik-baik aja. Mereka menjelajahi planet tersebut dengan tenang. Namun tiba-tiba situasi mendadak berubah! Sesosok alien datang dan memangsa salah satu kru. Alien itu juga memasukkan benih telur ke dalam tubuh si korban.

Gak lama kemudian, si korban hidup kembali dan masuk ke dalam pesawat. Awalnya para kru nggak ada yang tahu kalau temannya telah terinfeksi. Namun lama-kelamaan telur dalam tubuh korban mulai berkembang dan ia pun semakin menggila. Dengan mengusung ketegangan yang teramat mencekam, Aliens berhasil mencetak rating 8.4.

Baca Juga: Fitur Baru Netflix, Bisa Share Film Favorit Kamu Lewat Instastory

3. Twelve Monkeys (1995)

Rating Tinggi, 5 Film Sci-Fi Lawas Ini Seru Buat Ditonton Berkali-kaliimdb.com

Film yang diarahkan oleh Tery William ini mengambil tema dystopia, dimana bumi di masa depan, tepatnya di tahun 2035 tengah dihadapkan pada kehancuran akibat serangan virus tak dikenal. Populasi manusia saat itu hanya tinggal 1%. Dan untuk melindungi diri, mereka yang masih selamat bersembunyi di dalam tanah.

Di saat yang sama, sebuah mesin waktu ditemukan. Salah salu relawan bernama James Cole bersedia melakukan time travel agar dapat mencegah penyebaran virus yang kabarnya telah dibuat oleh organisasi bernama Twelve Monkey di tahun 1996.

Tapi apa yang terjadi? Semua gak berjalan sesuai rencana! James justru nyasar ke tahun 1990, Ia dijebloskan ke rumah sakit jiwa dan segalanya jadi semakin rumit. Kira-kira mampukah James menyelesaikan misi penyelamatan dunia? Film dengan rating 8.0 ini layak banget buat kamu tonton!

4. Cube (1997)

Rating Tinggi, 5 Film Sci-Fi Lawas Ini Seru Buat Ditonton Berkali-kalithatwasabitmental.com/

Sekelompok orang terbangun dalam ruangan berbentuk kubus dan tak mengenal satu sama lain. Mereka datang dari profesi yang berbeda-beda, ada yang seorang mahasiswa, dokter, polisi, ahli sensor, bahkan penderita autis. Tentu kondisi tersebut membuat mereka bingung sekaligus takut. Mereka pun mencoba bekerja sama untuk mencari jalan keluarnya.

Dan fakta pun terungkap! Ternyata, ruangan itu tersusun dari berlapis-lapis kubus. Untuk pindah dari kubus satu ke lainnya, mereka harus memecahkan teka-teki yang cukup rumit. Yang mengerikan, bila mereka salah jawab maka nyawa taruhannya. 

Meski film Cube ini hanya ber-setting dalam ruangan sempit, tapi nuanasa creepy yang dihadirkan cukup bikin jantung deg-degan. Nggak heran bila film garapan Vincenzo Natail ini berhasil memegang rating 7.3.

5. The Butterfly Effect (2004)

Rating Tinggi, 5 Film Sci-Fi Lawas Ini Seru Buat Ditonton Berkali-kalisinematris.blogspot.com

Film yang diproduksi di tahun 2004 ini berfokus pada kehidupan Evan, sosok pemuda yang mengidap kelainan memori jangka pendek. Jadi si Evan ini hanya mampu mengingat sesuatu sebentar aja. Setelah itu ia bakal melupakannya.

Melihat hal itu, si ibu lalu membawa Evan ke psikiater. Evan disarankan untuk menulis tiap peristiwa yang ia lalui dalam buku. Waktu pun berlalu, Evan telah dewasa dan penyakitnya perlahan pulih.

Suatu saat, Evan mencoba membuka diary-nya kembali. Ia membuka lembar demi lembar. Namun beberapa halaman ada yang kosong. Evan pun mencoba untuk mengingat apa tlah terjadi. Namun semakin kuat ia mengingat, semakin ia berusaha mengubah masa lalunya, pada akhirnya semua akan berubah semakin buruk. Sebagaimana dalam theory Chaos 'The Butterfly Effect' yang mengatakan bahwa 'mengubah satu hal kecil akan berdambak pada banyak hal lainnya'.

Anyway, film ini terbilang cukup kompleks. Alurnya juga maju-mundur. Jadi butuh konsentrasi tinggi untuk memahami isi dari ceritanya. Namun begitu, rating 7.7 yang didapatkan rasanya sesuai dengan konsep ceritanya yang briliant!

Nah, demikianlah sederet film sci-fi lawas berating tinggi versi IMDb. Dari kelima judul di atas, kira-kira ada yang pernah kamu tonton?

Baca Juga: 9 Film Horor Terbaik Setiap Dekade yang Wajib Kamu Tonton, Merinding!

Amaniya Photo Community Writer Amaniya

Pengembara di bumi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You