Comscore Tracker

Joko Anwar Akan Hadiri Diskusi Panel di Sundance Film Festival: Asia 

Banyak tokoh lain yang juga akan hadir. Gratis, lho!

Jakarta, IDN Times - Sundance Film Festival: Asia 2021 akan segera diselenggarakan pada 23–26 September 2021 mendatang. Selain sesi screening film-film pilihan Sundance Film Festival yang banyak dinanti, akan ada juga sesi diskusi panel yang akan menambah wawasan mengenai industri perfilman. Tentu saja, pembicara yang didatangkan juga tidak main-main. Beberapa di antaranya adalah Joko Anwar, Angga Sasongko, dan Mira Lesmana.

Sesi diskusi panel ini bisa diikuti oleh siapa saja dengan gratis, lho! Penonton bisa menyaksikannya melalui platform TikTok @SundanceFFAsia atau di website Sundance Collab (https://collab.sundance.org/). Nah, topik apa saja, sih, yang akan dibahas dalam sesi diskusi panel ini? Kita simak bersama, yuk!

1. IDN Media mempersembahkan: Film Outlook - Industri film Indonesia dari tahun 2016, era pandemik, hingga potensi yang mungkin terjadi pasca pandemik

Joko Anwar Akan Hadiri Diskusi Panel di  Sundance Film Festival: Asia IDN Times/Kevin Handoko

Setelah Presiden Joko Widodo membuka Daftar Negatif Investasi, investor asing mulai berinvestasi pada beberapa sektor di industri perfilman Indonesia, termasuk cabang bioskop baru dan produksi. Hal ini diharapkan dapat mengembalikan laju pertumbuhan industri film di Tanah Air.

Pada tahun 2016 hingga awal tahun 2020, penonton film Indonesia meningkat secara signifikan. Namun, semuanya sempat terhenti akibat COVID-19. Mira Lesmana (Pendiri Miles Films), Angga Sasongko (Pendiri Visinema Pictures), dan Chand Parwez Servia (Presiden Direktur Starvision) akan membagikan cerita mengenai bagaimana mereka dapat bertahan, mulai dari masa keemasan industri perfilman di Indonesia, era pandemik, hingga ledakan fantastis yang kemungkinan bakal terjadi pasca pandemik.

Jangan lewatkan sesi ini, ya, guys! Diskusi ini akan disiarkan secara langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) pada hari Kamis 23 September, pukul 11:00 WIB. Stay tuned!

 

2. IDN Media mempersembahkan: Women in Film Industry

Joko Anwar Akan Hadiri Diskusi Panel di  Sundance Film Festival: Asia Susanti Dewi (Dok. IDN Media/Herka Pangaribowo)

Baca Juga: Sundance Film Festival: Asia 2021 Digelar Virtual pada 23-26 September

Sesi ini akan menyajikan perjalanan industri perfilman di Indonesia melalui kacamata perempuan. Para feminis boleh, nih, ikutan. Tak hanya memberikan fakta tentang bagaimana mereka dapat bertahan di suatu bidang yang didominasi oleh laki-laki, diskusi ini juga akan berbagi informasi mengenai pengalaman mereka saat pertama kali bergabung sebagai pendatang baru, hingga akhirnya dapat menjadi seorang profesional yang dikenal oleh banyak orang.

Diskusi yang akan disiarkan secara langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) pada Kamis 23 September, pukul 15:00 WIB ini akan dihadiri oleh filmmaker Nia Dinata (Berbagi Suami), penulis naskah Gina S. Noer (Habibie & Ainun), dan produser Susanti Dewi (Moammar Emka's Jakarta Undercover). Selain itu, pakar industri dari luar Indonesia, Sue Turley (SVP of XRM Media) dan Amanda Salazar (Head of Programming and Acquisitions of Argo) pun hadir untuk menjelaskan lebih lanjut mengenai isu tersebut di industri perfilman. Jangan sampai kelewatan, ya!

3. IDN Media mempersembahkan: The Directors - Festivals and the Pathway to Success

Joko Anwar Akan Hadiri Diskusi Panel di  Sundance Film Festival: Asia Cuplikan film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas (Dok. Palari Films)

Pada awal karier mereka di industri perfilman, rupanya ada banyak filmmaker yang berhasil memperoleh pengakuan setelah mengikuti serangkaian festival film. Beberapa bahkan juga bertemu dengan mitra kerja yang dinilai potensial. Namun, bagaimana dengan prosesnya, ya? Apakah sulit? Kemudian, bagaimana mereka mengawalinya? Pertanyaan-pertanyaan itu akan dijawab oleh beberapa tokoh perfilman yang sudah begitu dikenal karena deretan karyanya. Ya! Pada sesi ini, filmmaker Joko Anwar (Perempuan Tanah Jahanam), Edwin (pemenang penghargaan Golden Leopard: Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas), dan Yosep Anggi Noen (Hiruk Pikuk Si Alkisah) akan membagikan pengalaman mereka tentang bagaimana festival dapat menampilkan hasil karya mereka ke dunia.

Dimoderatori oleh Fajar Nugros (Head of IDN Pictures), para pembicara akan berbagi pandangan tentang bagaimana festival film, program fellowship, dan international workshop dapat membantu karier mereka di masa depan. Pada diskusi yang akan disiarkan secara langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) pada hari Jumat 24 September, pukul 15:00 WIB ini, mereka berbincang secara lebih dalam mengenai bagaimana festival dapat menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film, serta memperkenalkan mereka ke kancah global. Buat kalian yang mungkin sedang mulai menekuni industri film, ini bisa jadi sumber informasi yang apik, nih!

4. Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers, diikuti dengan sesi tanya jawab bersama Programmer Sundance Festival, Kim Yutani & Heidi Zwicker

Joko Anwar Akan Hadiri Diskusi Panel di  Sundance Film Festival: Asia Cuplikan film Writing with Fire (Dok. Sundance Film Festival: Asia 2021)

Kalian tahu, ‘kan, kalau Sundance Film Festival: Asia 2021 akan menampilkan 8 film pilihan yang terdiri dari 4 film dokumenter dan 4 film narasi? Di sesi ini, kita akan berbincang dengan para filmmaker dokumenter, seperti Rintu Thomas dan Sushmit Ghosh (Writing With Fire), Natalia Almada (Users), dan Debbie Lum (Try Harder!), Programmer Senior Sundance, Heidi Zwicker. Mereka akan membagikan pengalaman mereka saat membuat film dokumenter, benefit yang dapat filmmaker tuai dengan meluncurkan karya mereka di festival online, serta saran bagi para calon filmmaker yang berfokus pada film bergenre non-fiksi.

Kemudian, Heidi bersama dengan Sundance Film Festival Director of Programming, Kim Yutani, akan berpartisipasi dalam sesi tanya jawab untuk menjawab pertanyaan audiens tentang semua hal yang berkaitan dengan Sundance dan serangkaian film yang akan ditayangkan pada tahun ini. Bagi kalian yang tertarik, kalian boleh mengajukan pertanyaan juga, lho. Jangan lupa, diskusi ini akan disiarkan secara langsung di Sundance Collab pada hari Sabtu, 25 September, pukul 11:00 WIB.

5. Indonesian Short Filmmaking

Baca Juga: Sundance Film Festival: Asia 2021 Dukung Karya Film Lokal!

Joko Anwar Akan Hadiri Diskusi Panel di  Sundance Film Festival: Asia Dok. Freepik

Disiarkan secara langsung di Sundance Collab pada hari Jumat 17 September, pukul 10:00 WIB, beberapa sutradara dan produser film pendek kontemporer Indonesia akan mendiskusikan tentang film pendek, bagaimana mereka dapat membawa karya mereka ke panggung internasional, serta bagaimana kesuksesan film pendek dapat melahirkan karya sinematik yang futuristik. Bersama dengan alumni Sundance Film Festival: Wregas Bhanuteja (Tak Ada yang Gila di Kota Ini) dan Aditya Ahmad (Kado), serta produser Meiske Taurisia (Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas), percakapan ini akan dimoderatori oleh mantan Programmer Sundance Film Festival Shorts dan Head of Features Perfect Storm Entertainment (franchise Fast and Furious, Star Trek Beyond) Ernesto Foronda. Keren banget, ya?

Informasi lebih lanjut, klik https://www.instagram.com/sundanceffasia/ dan SundanceFilmFestivalAsia.org. Ikut ramaikan Sundance Film Festival: Asia 2021 di media sosial dengan menggunakan tagar #SundanceAsia.

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya